Protecal Ladies, menurut penelitian terbaru dari Perancis, wanita yang kurus cenderung akan memiliki kualitas kepadatan tulang yang rendah sehingga potensi untuk terserang osteoporosis akan semakin meningkat. Apakah benar seperti itu? Simak bagaimana kesehatan tulang dipengaruhi oleh massa tubuh melalui ulasan di bawah ini.

 

Anoreksia

Kurus identik dengan pola makan yang salah. Salah karena asupan gizi seseorang tidak dapat diserap secara sempurna, mengakibatkan massa tubuh tidak bertambah. Gangguan pola makan juga dapat menyebabkan seseorang menjadi kurus. Nah, salah satu contoh gangguan pola makan adalah anoreksia.

Saat seseorang didiagnosa mengidap anoreksia, ciri-ciri fisik yang dapat terlihat adalah bentuk tulang yang menonjol. Hal ini dikarenakan penderita anoreksia kekurangan massa lemak tubuh sehingga bagian tulangnya terlihat menonjol. Kondisi ini berbahaya bagi tulang Anda, Protecal Ladies.

Dari penelitian yang dilakukan oleh Centre Hospitalier Universitaire de Saint-Etienne (CHU) ditemukan bahwa hampir separuh wanita yang didiagnosis anoreksia memiliki kecenderungan penurunan kepadatan tulang. Penyebabnya adalah mereka defisit kalsium dan mineral yang merupakan zat utama penyusun tulang.

 

Kekurangan Kalsium

Saat melakukan diet, kebanyakan orang akan memperbanyak konsumsi protein dan serat sekaligus membatasi konsumsi lemak dan karbohidrat. Padahal, jika ditilik lebih jauh, sering kali produk-produk yang mengandung lemak dan karbohidrat juga kaya akan kalsium dan mineral yang dibutuhkan tulang Anda.

Oleh karena itu, saat tubuh menjadi kurus karena diet atau gangguan pola makan, kepadatan tulang juga akan berkurang karena asupan nutrisinya tidak terpenuhi. Kekurangan lemak juga mempengaruhi kepadatan tulang karena lemak merupakan bahan bakar penghasil hormon estrogen yang baik untuk tulang.

 

Kerusakan Tulang

Selain mengancam kepadatan tulang, menurut Archives of Internal Medicine, wanita yang memiliki tubuh kurus juga tinggi risikonya akan kerusakan tulang, terutama pada bagian pinggul. Ini didasarkan oleh penelitian yang telah dilakukan terhadap 3,683 responden. Ini akan berbahaya terutama bagi wanita karena pinggul merupakan penyangga utama organ rahim yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan wanita.

 

Cara Mengatasinya

Ahli diet asal Amerika Serikat, Sian Porter mengatakan bahwa satu-satunya jalan untuk mengatasi ini adalah dengan menambahkan bobot dan massa tubuh seseorang yang memiliki berat badan di bawah rata-rata. Dengan meningkatkan massa tubuh, maka tulang akan lebih terlindungi.

Lalu, bagaimana caranya meningkatkan massa tubuh?

Untuk meningkatkan massa tubuh, Protecal Ladies bisa memulai dengan menambahkan snack di antara waktu makan, meminum susu sebelum tidur (karena susu kaya akan kalsium dan lemak), dan menambahkan sereal atau roti yang kaya mineral di waktu sarapan. Hal-hal ini tidak akan memakan banyak waktu. Jika Protecal Ladies ingin yang lebih praktis untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan mineral dapat dilakukan dengan mengkonsumsi Protecal Solid yang segar atau Protecal Bone yang praktis

fact
19/07/2018

Bekerja seharian di kantor dalam kondisi duduk terlalu lama dan menatap layar komputer berjam- jam ternyata dapat menimbulkan berbagai risiko penyakit. Metabolisme tubuh akan melambat dan memicu berbagai gangguan kesehatan. Mungkin efeknya tidak sekarang, namun risiko ini bisa menghampiri para pegawai kantoran dalam 5-10 tahun mendatang. Bagaimana cara mengantisipasinya? Berikut tips gerakan sederhana agar Protecal Ladies bisa sedikit berolahraga di kantor

 

Peregangan badan dan leher
Gerakan ini mudah dilakukan dalam kondisi duduk tegap di kursi Anda. Angkat kedua tangan ke atas kepala, kemudian luruskan. Lalu, miringkan tubuh ke kiri sampai kemiringan sekitar 450. Tahan posisi selama 10-30 detik lalu ulangi untuk sisi lainnya secara bergantian. Selanjutnya, Protecal Ladies juga bisa melakukan peregangan leher. Posisi awal tetap duduk di kursi, kemudian tarik kepala secara perlahan ke arah bahu kanan dengan tangan kanan hingga Anda merasakan sedikit peregangan pada otot leher. Tahan posisi ini selama 10–15 detik kemudian bergantian sisi kiri.

 

Desk squat
Pertama-tama, tepikan dulu kursi Anda, lalu berdirilah dengan kedua kaki. Tekuk lutut dengan perlahan sampai paha hampir sejajar dengan lantai. Saat menekuk lutut, angkat lengan lurus ke atas atau ke arah layar komputer. Usahakan lutut Anda tetap sejajar, ya. Tahan posisi ini selama 15 detik, lalu lepaskan. Ulangi latihan ini sebanyak 4-6 kali ya, Protecal Ladies.

 

The wall (street) sit
Berdirilah tegap dengan posisi punggung menempel di dinding. Kemudian, tekuk lutut dan geser punggung hingga paha sejajar dengan lantai. Duduk dan tahan posisi ini selama 30-60 detik. Untuk membakar kalori lebih banyak lagi, Protecal Ladies bisa menyilangkan pergelangan kaki kanan di atas lutut kiri, kemudian tahan selama 15 detik. Protecal Ladies juga dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk membaca majalah atau buku.

 

Peregangan punggung dan kaki
Duduklah tegap di kursi dan selonjorkan kedua kaki ke depan. Turunkan badan untuk meraih jari kaki kiri dan tahan posisi selama 10-30 detik, lalu secara perlahan kembalilah ke atas untuk turun lagi meraih jari kaki kanan. Lakukan bergantian di tiap sisi. Sementara untuk peregangan kaki, peluk dan tarik salah satu kaki ke atas hingga menyentuh dada. Tahan posisi tersebut selama 10-30 detik dan ulangi secara bergantian untuk sisi satunya.

 

The office genie
Pertama, duduklah di kursi kemudian angkat kaki ke posisi silang. Lalu, letakkan tangan pada lengan kursi dan dorong ke atas untuk mengangkat tubuh Anda dari kursi. Tahan posisi tersebut selama 10-20 detik, lalu duduklah kembali ke kursi. Istirahatlah selama satu menit dan ulangi gerakan tersebut.

 

Nah, caranya cukup mudah kan, Protecal Ladies? Sekarang tak ada alasan lagi untuk tidak berolahraga dan menerapkan gaya hidup sehat. Gerakan-gerakan tadi cukup efektif untuk mengatasi pegal. Anda bisa mencobanya kapan saja di sela-sela mengerjakan aktivitas kantor. Selamat berolahraga!

tips
18/07/2018

Protecal Ladies, bersepeda merupakan suatu kegiatan yang baik untuk kesehatan kardio. Karena olahraga ini dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung sehingga mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Bukan hanya itu saja namun bersepeda juga dapat mengatasi sakit punggung, karena dengan bersepeda dapat  mengembalikan kemampuan piringan-piringan pada tulang punggung dan mengoptimalkan kembali suplai makanan. Otot besar pada punggung menjadi lebih kuat sehingga membantu kerja tulang belakang. Jadi, bersepeda membantu menstabilkan kinerja tulang punggung.

Namun, sudah taukah kamu dengan posisi bersepeda yang benar dan nyaman?

Untuk posisi kepalamu, usahakan memposisikan kepalamu mengikuti alur tulang belakang yang terbentuk dari lengkungan pinggung. Jangan lupa untuk arahkan pandangan ke lintasan di depanmu. Usahakan juga tulang leher berada dalam keadaan rileks.

 

Nah Protecal Ladies, saat kamu mengendarai sepeda, usahakan posisi punggung menyesuaikan dengan kecepatan dan rute yang dilalui. Maksudnya adalah posisikan punggung membungkung untuk memacu sepeda dalam kecepatan tinggi ataupun saat tanjakan. Sedangkan saat rute menurun, punggung lebih baik dalam posisi tegak.

Bukan hanya itu saja, posisikan bahu mengikuti alur yang dibentuk oleh tangan dan punggung. Untuk mengurangi tekanan pada punggung, sebaiknya usahakan bahu kalian dalam kondisi rileks.

Yang terakhir, perhatikan posisi kaki saat bersepeda. Apabila satu pedal berada di bawah maka kaki sedikit ditekuk. Ketika kamu merasakan sedikit tegang pada bagian otot pinggul saat mengayuh sepeda. Sebaiknya lebih diperhatikan lagi pengaturan posisi sadel sepeda terlalu tinggi atau tidak.

tips
07/06/2017

Protecal Ladies, tulang adalah penopang tubuh  yang berperan penting agar manusia dapat berjalan tegak, melindungi organ dalam, dan menopang tubuh. Tulang tersusun dari matriks yang berbahan padat. Tulang bersifat keras karena di dalam tulang terdapat kalsium yang memberikan tekstur keras pada tulang. Beberapa faktor lainnya salah satunya adalah karena orang yang berusia muda, misalnya anak- anak, tulangnya masih memiliki banyak zat perekat dan masih dapat mengalami pertumbuhan.

Berdasarkan bahan penyusunnya, tulang dibagi menjadi dua, yaitu tulang keras dan tulang rawan.

 

TULANG RAWAN

Nah Protecal Ladies, kamu harus tau bahwa tulang rawan tersusun dari sel yang disebut kondroblas. Kondroblas ini akan terkurung bersama matriks di dalam lakuna dan membentuk tulang rawan. Matriks penyusun tulang rawan bersifat elastis dan padat, beberapa matriks pembentuk tulang rawan antara lain serabut hialin dan fibrosa.

Pada anak-anak, tulang dalam tubuhnya lebih banyak tersusun oleh tulang rawan. Sementara pada orang dewasa tulang rawan terdapat pada beberapa bagian tubuh saja seperti hidung dan daun telinga.

 

TULANG KERAS

Bedanya dengan tulang rawan, tulang keras tersusun dari zat kapur dan fosfat yang menyebabkan tulang menjadi sangat keras. Tulang keras tersusun dari sel osteoblas yang tidak aktif yang disebut osteosit. Tulang keras memiliki matriks tulang yang rapat dan padat.

Contoh bentuk tulang keras adalah tulang pendek, tulang pipih, tulang pipa, dan tulang tak beraturan.

Pada orang dewasa, sebagian besar rangkanya tersusun dari tulang keras. Zat-zat yang menyusun tulang keras berbeda dengan penyusun tulang rawan. Tulang keras tersusun dari bahan yang padat dan tidak renggang besar, sehingga teksturnya lebih kuat dan keras ketimbang tulang rawan.

fact
07/06/2017
The Latest Article

Protecal Ladies, menurut penelitian terbaru dari Perancis, wanita yang kurus cenderung akan memiliki kualitas kepadatan tulang yang rendah sehingga potensi untuk terserang osteoporosis akan semakin meningkat. Apakah benar seperti itu? Simak bagaimana kesehatan tulang dipengaruhi oleh massa tubuh melalui ulasan di bawah ini.

 

Anoreksia

Kurus identik dengan pola makan yang salah. Salah karena asupan gizi seseorang tidak dapat diserap secara sempurna, mengakibatkan massa tubuh tidak bertambah. Gangguan pola makan juga dapat menyebabkan seseorang menjadi kurus. Nah, salah satu contoh gangguan pola makan adalah anoreksia.

Saat seseorang didiagnosa mengidap anoreksia, ciri-ciri fisik yang dapat terlihat adalah bentuk tulang yang menonjol. Hal ini dikarenakan penderita anoreksia kekurangan massa lemak tubuh sehingga bagian tulangnya terlihat menonjol. Kondisi ini berbahaya bagi tulang Anda, Protecal Ladies.

Dari penelitian yang dilakukan oleh Centre Hospitalier Universitaire de Saint-Etienne (CHU) ditemukan bahwa hampir separuh wanita yang didiagnosis anoreksia memiliki kecenderungan penurunan kepadatan tulang. Penyebabnya adalah mereka defisit kalsium dan mineral yang merupakan zat utama penyusun tulang.

 

Kekurangan Kalsium

Saat melakukan diet, kebanyakan orang akan memperbanyak konsumsi protein dan serat sekaligus membatasi konsumsi lemak dan karbohidrat. Padahal, jika ditilik lebih jauh, sering kali produk-produk yang mengandung lemak dan karbohidrat juga kaya akan kalsium dan mineral yang dibutuhkan tulang Anda.

Oleh karena itu, saat tubuh menjadi kurus karena diet atau gangguan pola makan, kepadatan tulang juga akan berkurang karena asupan nutrisinya tidak terpenuhi. Kekurangan lemak juga mempengaruhi kepadatan tulang karena lemak merupakan bahan bakar penghasil hormon estrogen yang baik untuk tulang.

 

Kerusakan Tulang

Selain mengancam kepadatan tulang, menurut Archives of Internal Medicine, wanita yang memiliki tubuh kurus juga tinggi risikonya akan kerusakan tulang, terutama pada bagian pinggul. Ini didasarkan oleh penelitian yang telah dilakukan terhadap 3,683 responden. Ini akan berbahaya terutama bagi wanita karena pinggul merupakan penyangga utama organ rahim yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan wanita.

 

Cara Mengatasinya

Ahli diet asal Amerika Serikat, Sian Porter mengatakan bahwa satu-satunya jalan untuk mengatasi ini adalah dengan menambahkan bobot dan massa tubuh seseorang yang memiliki berat badan di bawah rata-rata. Dengan meningkatkan massa tubuh, maka tulang akan lebih terlindungi.

Lalu, bagaimana caranya meningkatkan massa tubuh?

Untuk meningkatkan massa tubuh, Protecal Ladies bisa memulai dengan menambahkan snack di antara waktu makan, meminum susu sebelum tidur (karena susu kaya akan kalsium dan lemak), dan menambahkan sereal atau roti yang kaya mineral di waktu sarapan. Hal-hal ini tidak akan memakan banyak waktu. Jika Protecal Ladies ingin yang lebih praktis untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan mineral dapat dilakukan dengan mengkonsumsi Protecal Solid yang segar atau Protecal Bone yang praktis

fact
2018-07-19

Bekerja seharian di kantor dalam kondisi duduk terlalu lama dan menatap layar komputer berjam- jam ternyata dapat menimbulkan berbagai risiko penyakit. Metabolisme tubuh akan melambat dan memicu berbagai gangguan kesehatan. Mungkin efeknya tidak sekarang, namun risiko ini bisa menghampiri para pegawai kantoran dalam 5-10 tahun mendatang. Bagaimana cara mengantisipasinya? Berikut tips gerakan sederhana agar Protecal Ladies bisa sedikit berolahraga di kantor

 

Peregangan badan dan leher
Gerakan ini mudah dilakukan dalam kondisi duduk tegap di kursi Anda. Angkat kedua tangan ke atas kepala, kemudian luruskan. Lalu, miringkan tubuh ke kiri sampai kemiringan sekitar 450. Tahan posisi selama 10-30 detik lalu ulangi untuk sisi lainnya secara bergantian. Selanjutnya, Protecal Ladies juga bisa melakukan peregangan leher. Posisi awal tetap duduk di kursi, kemudian tarik kepala secara perlahan ke arah bahu kanan dengan tangan kanan hingga Anda merasakan sedikit peregangan pada otot leher. Tahan posisi ini selama 10–15 detik kemudian bergantian sisi kiri.

 

Desk squat
Pertama-tama, tepikan dulu kursi Anda, lalu berdirilah dengan kedua kaki. Tekuk lutut dengan perlahan sampai paha hampir sejajar dengan lantai. Saat menekuk lutut, angkat lengan lurus ke atas atau ke arah layar komputer. Usahakan lutut Anda tetap sejajar, ya. Tahan posisi ini selama 15 detik, lalu lepaskan. Ulangi latihan ini sebanyak 4-6 kali ya, Protecal Ladies.

 

The wall (street) sit
Berdirilah tegap dengan posisi punggung menempel di dinding. Kemudian, tekuk lutut dan geser punggung hingga paha sejajar dengan lantai. Duduk dan tahan posisi ini selama 30-60 detik. Untuk membakar kalori lebih banyak lagi, Protecal Ladies bisa menyilangkan pergelangan kaki kanan di atas lutut kiri, kemudian tahan selama 15 detik. Protecal Ladies juga dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk membaca majalah atau buku.

 

Peregangan punggung dan kaki
Duduklah tegap di kursi dan selonjorkan kedua kaki ke depan. Turunkan badan untuk meraih jari kaki kiri dan tahan posisi selama 10-30 detik, lalu secara perlahan kembalilah ke atas untuk turun lagi meraih jari kaki kanan. Lakukan bergantian di tiap sisi. Sementara untuk peregangan kaki, peluk dan tarik salah satu kaki ke atas hingga menyentuh dada. Tahan posisi tersebut selama 10-30 detik dan ulangi secara bergantian untuk sisi satunya.

 

The office genie
Pertama, duduklah di kursi kemudian angkat kaki ke posisi silang. Lalu, letakkan tangan pada lengan kursi dan dorong ke atas untuk mengangkat tubuh Anda dari kursi. Tahan posisi tersebut selama 10-20 detik, lalu duduklah kembali ke kursi. Istirahatlah selama satu menit dan ulangi gerakan tersebut.

 

Nah, caranya cukup mudah kan, Protecal Ladies? Sekarang tak ada alasan lagi untuk tidak berolahraga dan menerapkan gaya hidup sehat. Gerakan-gerakan tadi cukup efektif untuk mengatasi pegal. Anda bisa mencobanya kapan saja di sela-sela mengerjakan aktivitas kantor. Selamat berolahraga!

tips
2018-07-18

Protecal Ladies, bersepeda merupakan suatu kegiatan yang baik untuk kesehatan kardio. Karena olahraga ini dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung sehingga mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Bukan hanya itu saja namun bersepeda juga dapat mengatasi sakit punggung, karena dengan bersepeda dapat  mengembalikan kemampuan piringan-piringan pada tulang punggung dan mengoptimalkan kembali suplai makanan. Otot besar pada punggung menjadi lebih kuat sehingga membantu kerja tulang belakang. Jadi, bersepeda membantu menstabilkan kinerja tulang punggung.

Namun, sudah taukah kamu dengan posisi bersepeda yang benar dan nyaman?

Untuk posisi kepalamu, usahakan memposisikan kepalamu mengikuti alur tulang belakang yang terbentuk dari lengkungan pinggung. Jangan lupa untuk arahkan pandangan ke lintasan di depanmu. Usahakan juga tulang leher berada dalam keadaan rileks.

 

Nah Protecal Ladies, saat kamu mengendarai sepeda, usahakan posisi punggung menyesuaikan dengan kecepatan dan rute yang dilalui. Maksudnya adalah posisikan punggung membungkung untuk memacu sepeda dalam kecepatan tinggi ataupun saat tanjakan. Sedangkan saat rute menurun, punggung lebih baik dalam posisi tegak.

Bukan hanya itu saja, posisikan bahu mengikuti alur yang dibentuk oleh tangan dan punggung. Untuk mengurangi tekanan pada punggung, sebaiknya usahakan bahu kalian dalam kondisi rileks.

Yang terakhir, perhatikan posisi kaki saat bersepeda. Apabila satu pedal berada di bawah maka kaki sedikit ditekuk. Ketika kamu merasakan sedikit tegang pada bagian otot pinggul saat mengayuh sepeda. Sebaiknya lebih diperhatikan lagi pengaturan posisi sadel sepeda terlalu tinggi atau tidak.

tips
2017-06-07