Protecal Ladies, bersepeda merupakan suatu kegiatan yang baik untuk kesehatan kardio. Karena olahraga ini dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung sehingga mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Bukan hanya itu saja namun bersepeda juga dapat mengatasi sakit punggung, karena dengan bersepeda dapat  mengembalikan kemampuan piringan-piringan pada tulang punggung dan mengoptimalkan kembali suplai makanan. Otot besar pada punggung menjadi lebih kuat sehingga membantu kerja tulang belakang. Jadi, bersepeda membantu menstabilkan kinerja tulang punggung.

Namun, sudah taukah kamu dengan posisi bersepeda yang benar dan nyaman?

Untuk posisi kepalamu, usahakan memposisikan kepalamu mengikuti alur tulang belakang yang terbentuk dari lengkungan pinggung. Jangan lupa untuk arahkan pandangan ke lintasan di depanmu. Usahakan juga tulang leher berada dalam keadaan rileks.

 

Nah Protecal Ladies, saat kamu mengendarai sepeda, usahakan posisi punggung menyesuaikan dengan kecepatan dan rute yang dilalui. Maksudnya adalah posisikan punggung membungkung untuk memacu sepeda dalam kecepatan tinggi ataupun saat tanjakan. Sedangkan saat rute menurun, punggung lebih baik dalam posisi tegak.

Bukan hanya itu saja, posisikan bahu mengikuti alur yang dibentuk oleh tangan dan punggung. Untuk mengurangi tekanan pada punggung, sebaiknya usahakan bahu kalian dalam kondisi rileks.

Yang terakhir, perhatikan posisi kaki saat bersepeda. Apabila satu pedal berada di bawah maka kaki sedikit ditekuk. Ketika kamu merasakan sedikit tegang pada bagian otot pinggul saat mengayuh sepeda. Sebaiknya lebih diperhatikan lagi pengaturan posisi sadel sepeda terlalu tinggi atau tidak.

tips
07/06/2017

Protecal Ladies, tulang adalah penopang tubuh  yang berperan penting agar manusia dapat berjalan tegak, melindungi organ dalam, dan menopang tubuh. Tulang tersusun dari matriks yang berbahan padat. Tulang bersifat keras karena di dalam tulang terdapat kalsium yang memberikan tekstur keras pada tulang. Beberapa faktor lainnya salah satunya adalah karena orang yang berusia muda, misalnya anak- anak, tulangnya masih memiliki banyak zat perekat dan masih dapat mengalami pertumbuhan.

Berdasarkan bahan penyusunnya, tulang dibagi menjadi dua, yaitu tulang keras dan tulang rawan.

 

TULANG RAWAN

Nah Protecal Ladies, kamu harus tau bahwa tulang rawan tersusun dari sel yang disebut kondroblas. Kondroblas ini akan terkurung bersama matriks di dalam lakuna dan membentuk tulang rawan. Matriks penyusun tulang rawan bersifat elastis dan padat, beberapa matriks pembentuk tulang rawan antara lain serabut hialin dan fibrosa.

Pada anak-anak, tulang dalam tubuhnya lebih banyak tersusun oleh tulang rawan. Sementara pada orang dewasa tulang rawan terdapat pada beberapa bagian tubuh saja seperti hidung dan daun telinga.

 

TULANG KERAS

Bedanya dengan tulang rawan, tulang keras tersusun dari zat kapur dan fosfat yang menyebabkan tulang menjadi sangat keras. Tulang keras tersusun dari sel osteoblas yang tidak aktif yang disebut osteosit. Tulang keras memiliki matriks tulang yang rapat dan padat.

Contoh bentuk tulang keras adalah tulang pendek, tulang pipih, tulang pipa, dan tulang tak beraturan.

Pada orang dewasa, sebagian besar rangkanya tersusun dari tulang keras. Zat-zat yang menyusun tulang keras berbeda dengan penyusun tulang rawan. Tulang keras tersusun dari bahan yang padat dan tidak renggang besar, sehingga teksturnya lebih kuat dan keras ketimbang tulang rawan.

fact
07/06/2017

Protecal Ladies, pengapuran sendi timbul akibat gerakan pada sendi yang berlebihan serta tekanan dari berat badan tubuh seseorang. Penyakit ini tidak dapat dihindari karena bagian dari proses penuaan tubuh. Namun, terlalu lama jongkok, berdiri, dan duduk juga dapat membuat tubuhmu terkena osteoarthritis. Osteoarthritis juga dikatakan sebagai penyakit sendi yang sebagian besar mempengaruhi tulang rawan. Tulang rawan adalah jaringan licin yang menutupi ujung tulang pada sendi.

Tulang rawan yang sehat memungkinkan tulang untuk bergerak di atas satu sama lain. Gejala utama dari pengapuran sendi atau Osteoarthritis adalah nyeri dan kekakuan yang terjadi pada sendimu. Nah Protecal Ladies, pengapuran sendi banyak terjadi pada perempuan di bagian lutut, kaki, dan tangan.

 

Berikut beberapa faktor penyebab pengapuran sendi,

 

  • Terjadinya kerusakan pada bagian tulang maka akan mengakibatkan tulang rawanmu menjadi sangat menipis dan permukaannya akan menjadi tidak rata maka hal ini yang dapat mengakibatkan antara tulang dengan tulang menimbulkan rasa nyeri pada penderitanya.

 

  • Pada orang tua, usia sangat mempengaruhi kerusakan pada tulang rawan sendi.

 

  • Infeksi pada tulang yang menyebabkan terjadinya pengapuran

 

  • Trauma ataupun terjadinya kecelakaan yang merusak tulang sendi

 

  • Aktivitas yang berlebihan

 

  • Berat badan yang berlebih

 

Nah Protecal Ladies, hindari pengapuran sendi dengan olahraga yang ringan yang rutin contohnya seperti berlari, dan berjalan. Dan jangan lupa untuk menghindari makanan berlemak, biasakan untuk terkena sinar matahari di pagi hari karena sinar matahari di pagi hari mengandung vitamin D!

tips
07/06/2017

Protecal Ladies, siapa disini yang memiliki rutinitas padat dengan beban dalam tas yang cukup berat? Yuk mulai untuk perhatikan kesehatan bahumu karena sendi bahu adalah bagian yang rentan cedera! Kamu harus tau bahwa beban berlebih di dalam tas dapat beresiko pada cedera bahu, baik bahu tertekan maupun tulang selangka yang terdorong kebawah.

Penyebab cedera sendi bahu terbagi dalam dua tipe, yaitu trauma makro dan trauma mikro. Trauma makro terjadi saat bahu terbentur kuat dalam waktu singkat. Trauma mikro terjadi ketika sendi bahu terjepit dan pelan-pelan tergerus dalam waktu panjang.

Masalah lain yang sering terjadi pada bahu, antara lain instabilitas. Itu menyebabkan sendi bahu jadi longgar dan terjadi dislokasi. Semakin muda pasien mengalami dislokasi, kebutuhan tindakan semakin tinggi untuk mencegah redislokasi di kemudian hari.

Protecal Ladies, usahakan untuk tidak membawa barang yang berat di dalam tas agar mencegah terjadinya cedera sendi pada bahu. Usahakan beban yang paling maksimal untuk kamu bawa adalah seberat 30KG menurut Ketua Perhimpunan Fisioterapi Ortopedi Muskuloskeletal Indonesia Sugijanto pada seminar "Mencegah Pelemahan Fungsi Kinetik Bahu".

Nah Protecal Ladies, mulai untuk jaga kesehatan sendimu mulai dari sekarang untuk investasi masa depanmu!

fact
07/06/2017
The Latest Article

Protecal Ladies, bersepeda merupakan suatu kegiatan yang baik untuk kesehatan kardio. Karena olahraga ini dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung sehingga mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Bukan hanya itu saja namun bersepeda juga dapat mengatasi sakit punggung, karena dengan bersepeda dapat  mengembalikan kemampuan piringan-piringan pada tulang punggung dan mengoptimalkan kembali suplai makanan. Otot besar pada punggung menjadi lebih kuat sehingga membantu kerja tulang belakang. Jadi, bersepeda membantu menstabilkan kinerja tulang punggung.

Namun, sudah taukah kamu dengan posisi bersepeda yang benar dan nyaman?

Untuk posisi kepalamu, usahakan memposisikan kepalamu mengikuti alur tulang belakang yang terbentuk dari lengkungan pinggung. Jangan lupa untuk arahkan pandangan ke lintasan di depanmu. Usahakan juga tulang leher berada dalam keadaan rileks.

 

Nah Protecal Ladies, saat kamu mengendarai sepeda, usahakan posisi punggung menyesuaikan dengan kecepatan dan rute yang dilalui. Maksudnya adalah posisikan punggung membungkung untuk memacu sepeda dalam kecepatan tinggi ataupun saat tanjakan. Sedangkan saat rute menurun, punggung lebih baik dalam posisi tegak.

Bukan hanya itu saja, posisikan bahu mengikuti alur yang dibentuk oleh tangan dan punggung. Untuk mengurangi tekanan pada punggung, sebaiknya usahakan bahu kalian dalam kondisi rileks.

Yang terakhir, perhatikan posisi kaki saat bersepeda. Apabila satu pedal berada di bawah maka kaki sedikit ditekuk. Ketika kamu merasakan sedikit tegang pada bagian otot pinggul saat mengayuh sepeda. Sebaiknya lebih diperhatikan lagi pengaturan posisi sadel sepeda terlalu tinggi atau tidak.

tips
2017-06-07

Protecal Ladies, tulang adalah penopang tubuh  yang berperan penting agar manusia dapat berjalan tegak, melindungi organ dalam, dan menopang tubuh. Tulang tersusun dari matriks yang berbahan padat. Tulang bersifat keras karena di dalam tulang terdapat kalsium yang memberikan tekstur keras pada tulang. Beberapa faktor lainnya salah satunya adalah karena orang yang berusia muda, misalnya anak- anak, tulangnya masih memiliki banyak zat perekat dan masih dapat mengalami pertumbuhan.

Berdasarkan bahan penyusunnya, tulang dibagi menjadi dua, yaitu tulang keras dan tulang rawan.

 

TULANG RAWAN

Nah Protecal Ladies, kamu harus tau bahwa tulang rawan tersusun dari sel yang disebut kondroblas. Kondroblas ini akan terkurung bersama matriks di dalam lakuna dan membentuk tulang rawan. Matriks penyusun tulang rawan bersifat elastis dan padat, beberapa matriks pembentuk tulang rawan antara lain serabut hialin dan fibrosa.

Pada anak-anak, tulang dalam tubuhnya lebih banyak tersusun oleh tulang rawan. Sementara pada orang dewasa tulang rawan terdapat pada beberapa bagian tubuh saja seperti hidung dan daun telinga.

 

TULANG KERAS

Bedanya dengan tulang rawan, tulang keras tersusun dari zat kapur dan fosfat yang menyebabkan tulang menjadi sangat keras. Tulang keras tersusun dari sel osteoblas yang tidak aktif yang disebut osteosit. Tulang keras memiliki matriks tulang yang rapat dan padat.

Contoh bentuk tulang keras adalah tulang pendek, tulang pipih, tulang pipa, dan tulang tak beraturan.

Pada orang dewasa, sebagian besar rangkanya tersusun dari tulang keras. Zat-zat yang menyusun tulang keras berbeda dengan penyusun tulang rawan. Tulang keras tersusun dari bahan yang padat dan tidak renggang besar, sehingga teksturnya lebih kuat dan keras ketimbang tulang rawan.

fact
2017-06-07

Protecal Ladies, pengapuran sendi timbul akibat gerakan pada sendi yang berlebihan serta tekanan dari berat badan tubuh seseorang. Penyakit ini tidak dapat dihindari karena bagian dari proses penuaan tubuh. Namun, terlalu lama jongkok, berdiri, dan duduk juga dapat membuat tubuhmu terkena osteoarthritis. Osteoarthritis juga dikatakan sebagai penyakit sendi yang sebagian besar mempengaruhi tulang rawan. Tulang rawan adalah jaringan licin yang menutupi ujung tulang pada sendi.

Tulang rawan yang sehat memungkinkan tulang untuk bergerak di atas satu sama lain. Gejala utama dari pengapuran sendi atau Osteoarthritis adalah nyeri dan kekakuan yang terjadi pada sendimu. Nah Protecal Ladies, pengapuran sendi banyak terjadi pada perempuan di bagian lutut, kaki, dan tangan.

 

Berikut beberapa faktor penyebab pengapuran sendi,

 

  • Terjadinya kerusakan pada bagian tulang maka akan mengakibatkan tulang rawanmu menjadi sangat menipis dan permukaannya akan menjadi tidak rata maka hal ini yang dapat mengakibatkan antara tulang dengan tulang menimbulkan rasa nyeri pada penderitanya.

 

  • Pada orang tua, usia sangat mempengaruhi kerusakan pada tulang rawan sendi.

 

  • Infeksi pada tulang yang menyebabkan terjadinya pengapuran

 

  • Trauma ataupun terjadinya kecelakaan yang merusak tulang sendi

 

  • Aktivitas yang berlebihan

 

  • Berat badan yang berlebih

 

Nah Protecal Ladies, hindari pengapuran sendi dengan olahraga yang ringan yang rutin contohnya seperti berlari, dan berjalan. Dan jangan lupa untuk menghindari makanan berlemak, biasakan untuk terkena sinar matahari di pagi hari karena sinar matahari di pagi hari mengandung vitamin D!

tips
2017-06-07