Tulang Paha Adalah Tulang Terpanjang Dalam Tubuh Manusia

Protecal Ladies, yuk kenali fakta unik dari tulang yang kamu miliki di tubuhmu! Menurutmu apa tulang terpanjang yang dimiliki oleh manusia? Pasti jawabannya tulang belakang terdiri atas beberapa tulang alias bukan tulang tunggal! Untuk kali ini kamu kurang tepat Protecal Ladies.

Paha. Tulang paha (femur) merupakan tulang terpanjang dalam tubuh kita, tahukah bahwa itu juga terberat? Femur lebih kuat dari beton. panjang femur pada orang dewasa rata2 adalah 48 cm, dan diameternya 2.34 cm. femur mampu menahan beban hingga 30 kali berat orang dewasa.

 

Nah Protecal Ladies, kamu juga harus tau bahwa jari-jari yang kamu miliki tidak memiliki sama sekali otot di dalamnya, namun tangan kamu memiliki 27 tulang, 29 sendi, dan 123 ligamen untuk membuat mereka bergerak dan berkerja sama!

 

Sementara untuk ulang terpendek pada tubuh manusia adalah tulang sanggurdi, yang berada di bagian dalam telinga. Disebut sanggurdi, karena tulang itu berbentuk seperti sanggurdi yang digunakan di pelana kuda.

 

Unik sekali bukan Protecal Ladies!

Walaupun tulang paha adalah tulang yang terpanjang dan terkuat namun kamu juga harus tetap memperhatikan kesehatan tulangmu untuk investasi masa depanmu!