Apa Yang Membuat Sendi Berbunyi?

Protecal Ladies, pasti kamu sudah pernah mengalami dan mendengar suara “klik” atau gemeretak pada jari tangan, kaki, ataupun persendian tubuh yang lain! Hal ini merupakan hal umum yang biasanya dilakukan setiap orang hamper setiap hari. nah sekarang kira-kira apa yang membuat sendimu berbunyi?

Yuk pelajari lebih lanjut!

 

Tahukah kamu bahwa persendian di tubuhmu terdiri dari beberapa jenis? Salah satu diantaranya adalah sendi engsel. Bagian yang memiliki sendi engsel diantaranya adalah lutut, siku. nah ada pula bagian lainnya yang dapat kamu gerakan secara bebas, hingga berputar. Beberapa diantaranya adalah sendi di bagian leher, yaitu sendi putar. Ada  juga sendi peluru yang berada pada tulang bahumu. Masing-masing mempunyai fungsi dan gerakan tersendiri.

 

Sebagaimana mesin membutuhkan pelumas maka tubuh kita juga butuh “oli” alami. Tulang persendian yang kamu miliki mempunyai selaput sendi atau membran sinovial yang menghasilkan minyak sinovial. Cairan ini berfungsi sebagai pelumas sehingga gesekan berjalan lancar dan halus dan tidak menimbulkan rasa nyeri atau sakit . Minyak sinovial juga mengandung berbagai jenis nutrisi dan campuran gas oksigen, nitrogen, dan karbon dioksida.

 

Nah saat kamu merenggangkan tangan, atau bagian sendi lainnya, ruangan berisi cairan di sekitar sendi akan meregang. Karena regangan itulah, gas di dalam cairan akan dilepaskan. Letusan gas-gas itulah yang menghasilkan bunyi di persendian. Menurut para ilmuwan, cairan sendi harus menyerap gas kembali beberapa saat sebelum kamu dapat membuat bunyi yang sama.

Bukan hanya itu saja namun, tendon dan ligamen juga penyebab timbulnya suara. Jaringan lunak di persendian ini mirip dengan karet yang mengikat otot dengan ujung-ujung tulang agar tidak lepas. Begitu pula dengan ligamen yang menghubungkan tulang dengan tulang lainnya.

Saat persendian digerakkan, kadang-kadang tendon dan ligamen lepas dari tempatnya, namun segera kembali. Misalnya, saat lutut kamu berbunyi karena berdiri dari posisi duduk.