Jangan Sepelekan Beban Dalam Tas

Protecal Ladies, siapa disini yang memiliki rutinitas padat dengan beban dalam tas yang cukup berat? Yuk mulai untuk perhatikan kesehatan bahumu karena sendi bahu adalah bagian yang rentan cedera! Kamu harus tau bahwa beban berlebih di dalam tas dapat beresiko pada cedera bahu, baik bahu tertekan maupun tulang selangka yang terdorong kebawah.

Penyebab cedera sendi bahu terbagi dalam dua tipe, yaitu trauma makro dan trauma mikro. Trauma makro terjadi saat bahu terbentur kuat dalam waktu singkat. Trauma mikro terjadi ketika sendi bahu terjepit dan pelan-pelan tergerus dalam waktu panjang.

Masalah lain yang sering terjadi pada bahu, antara lain instabilitas. Itu menyebabkan sendi bahu jadi longgar dan terjadi dislokasi. Semakin muda pasien mengalami dislokasi, kebutuhan tindakan semakin tinggi untuk mencegah redislokasi di kemudian hari.

Protecal Ladies, usahakan untuk tidak membawa barang yang berat di dalam tas agar mencegah terjadinya cedera sendi pada bahu. Usahakan beban yang paling maksimal untuk kamu bawa adalah seberat 30KG menurut Ketua Perhimpunan Fisioterapi Ortopedi Muskuloskeletal Indonesia Sugijanto pada seminar "Mencegah Pelemahan Fungsi Kinetik Bahu".

Nah Protecal Ladies, mulai untuk jaga kesehatan sendimu mulai dari sekarang untuk investasi masa depanmu!