Kenali Gejala Pengapuran Sendi

Protecal Ladies, pengapuran sendi timbul akibat gerakan pada sendi yang berlebihan serta tekanan dari berat badan tubuh seseorang. Penyakit ini tidak dapat dihindari karena bagian dari proses penuaan tubuh. Namun, terlalu lama jongkok, berdiri, dan duduk juga dapat membuat tubuhmu terkena osteoarthritis. Osteoarthritis juga dikatakan sebagai penyakit sendi yang sebagian besar mempengaruhi tulang rawan. Tulang rawan adalah jaringan licin yang menutupi ujung tulang pada sendi.

Tulang rawan yang sehat memungkinkan tulang untuk bergerak di atas satu sama lain. Gejala utama dari pengapuran sendi atau Osteoarthritis adalah nyeri dan kekakuan yang terjadi pada sendimu. Nah Protecal Ladies, pengapuran sendi banyak terjadi pada perempuan di bagian lutut, kaki, dan tangan.

 

Berikut beberapa faktor penyebab pengapuran sendi,

 

  • Terjadinya kerusakan pada bagian tulang maka akan mengakibatkan tulang rawanmu menjadi sangat menipis dan permukaannya akan menjadi tidak rata maka hal ini yang dapat mengakibatkan antara tulang dengan tulang menimbulkan rasa nyeri pada penderitanya.

 

  • Pada orang tua, usia sangat mempengaruhi kerusakan pada tulang rawan sendi.

 

  • Infeksi pada tulang yang menyebabkan terjadinya pengapuran

 

  • Trauma ataupun terjadinya kecelakaan yang merusak tulang sendi

 

  • Aktivitas yang berlebihan

 

  • Berat badan yang berlebih

 

Nah Protecal Ladies, hindari pengapuran sendi dengan olahraga yang ringan yang rutin contohnya seperti berlari, dan berjalan. Dan jangan lupa untuk menghindari makanan berlemak, biasakan untuk terkena sinar matahari di pagi hari karena sinar matahari di pagi hari mengandung vitamin D!