Posisi Bersepeda Yang Benar Dan Nyaman

Protecal Ladies, bersepeda merupakan suatu kegiatan yang baik untuk kesehatan kardio. Karena olahraga ini dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung sehingga mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Bukan hanya itu saja namun bersepeda juga dapat mengatasi sakit punggung, karena dengan bersepeda dapat  mengembalikan kemampuan piringan-piringan pada tulang punggung dan mengoptimalkan kembali suplai makanan. Otot besar pada punggung menjadi lebih kuat sehingga membantu kerja tulang belakang. Jadi, bersepeda membantu menstabilkan kinerja tulang punggung.

Namun, sudah taukah kamu dengan posisi bersepeda yang benar dan nyaman?

Untuk posisi kepalamu, usahakan memposisikan kepalamu mengikuti alur tulang belakang yang terbentuk dari lengkungan pinggung. Jangan lupa untuk arahkan pandangan ke lintasan di depanmu. Usahakan juga tulang leher berada dalam keadaan rileks.

 

Nah Protecal Ladies, saat kamu mengendarai sepeda, usahakan posisi punggung menyesuaikan dengan kecepatan dan rute yang dilalui. Maksudnya adalah posisikan punggung membungkung untuk memacu sepeda dalam kecepatan tinggi ataupun saat tanjakan. Sedangkan saat rute menurun, punggung lebih baik dalam posisi tegak.

Bukan hanya itu saja, posisikan bahu mengikuti alur yang dibentuk oleh tangan dan punggung. Untuk mengurangi tekanan pada punggung, sebaiknya usahakan bahu kalian dalam kondisi rileks.

Yang terakhir, perhatikan posisi kaki saat bersepeda. Apabila satu pedal berada di bawah maka kaki sedikit ditekuk. Ketika kamu merasakan sedikit tegang pada bagian otot pinggul saat mengayuh sepeda. Sebaiknya lebih diperhatikan lagi pengaturan posisi sadel sepeda terlalu tinggi atau tidak.