5 Tips yang Bisa Kamu Lakukan untuk Sedikit Berolahraga di Kantor

Bekerja seharian di kantor dalam kondisi duduk terlalu lama dan menatap layar komputer berjam- jam ternyata dapat menimbulkan berbagai risiko penyakit. Metabolisme tubuh akan melambat dan memicu berbagai gangguan kesehatan. Mungkin efeknya tidak sekarang, namun risiko ini bisa menghampiri para pegawai kantoran dalam 5-10 tahun mendatang. Bagaimana cara mengantisipasinya? Berikut tips gerakan sederhana agar Protecal Ladies bisa sedikit berolahraga di kantor

 

Peregangan badan dan leher
Gerakan ini mudah dilakukan dalam kondisi duduk tegap di kursi Anda. Angkat kedua tangan ke atas kepala, kemudian luruskan. Lalu, miringkan tubuh ke kiri sampai kemiringan sekitar 450. Tahan posisi selama 10-30 detik lalu ulangi untuk sisi lainnya secara bergantian. Selanjutnya, Protecal Ladies juga bisa melakukan peregangan leher. Posisi awal tetap duduk di kursi, kemudian tarik kepala secara perlahan ke arah bahu kanan dengan tangan kanan hingga Anda merasakan sedikit peregangan pada otot leher. Tahan posisi ini selama 10–15 detik kemudian bergantian sisi kiri.

 

Desk squat
Pertama-tama, tepikan dulu kursi Anda, lalu berdirilah dengan kedua kaki. Tekuk lutut dengan perlahan sampai paha hampir sejajar dengan lantai. Saat menekuk lutut, angkat lengan lurus ke atas atau ke arah layar komputer. Usahakan lutut Anda tetap sejajar, ya. Tahan posisi ini selama 15 detik, lalu lepaskan. Ulangi latihan ini sebanyak 4-6 kali ya, Protecal Ladies.

 

The wall (street) sit
Berdirilah tegap dengan posisi punggung menempel di dinding. Kemudian, tekuk lutut dan geser punggung hingga paha sejajar dengan lantai. Duduk dan tahan posisi ini selama 30-60 detik. Untuk membakar kalori lebih banyak lagi, Protecal Ladies bisa menyilangkan pergelangan kaki kanan di atas lutut kiri, kemudian tahan selama 15 detik. Protecal Ladies juga dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk membaca majalah atau buku.

 

Peregangan punggung dan kaki
Duduklah tegap di kursi dan selonjorkan kedua kaki ke depan. Turunkan badan untuk meraih jari kaki kiri dan tahan posisi selama 10-30 detik, lalu secara perlahan kembalilah ke atas untuk turun lagi meraih jari kaki kanan. Lakukan bergantian di tiap sisi. Sementara untuk peregangan kaki, peluk dan tarik salah satu kaki ke atas hingga menyentuh dada. Tahan posisi tersebut selama 10-30 detik dan ulangi secara bergantian untuk sisi satunya.

 

The office genie
Pertama, duduklah di kursi kemudian angkat kaki ke posisi silang. Lalu, letakkan tangan pada lengan kursi dan dorong ke atas untuk mengangkat tubuh Anda dari kursi. Tahan posisi tersebut selama 10-20 detik, lalu duduklah kembali ke kursi. Istirahatlah selama satu menit dan ulangi gerakan tersebut.

 

Nah, caranya cukup mudah kan, Protecal Ladies? Sekarang tak ada alasan lagi untuk tidak berolahraga dan menerapkan gaya hidup sehat. Gerakan-gerakan tadi cukup efektif untuk mengatasi pegal. Anda bisa mencobanya kapan saja di sela-sela mengerjakan aktivitas kantor. Selamat berolahraga!