Apakah Mempunyai Badan Kurus Membahayakan Tulang?

Protecal Ladies, menurut penelitian terbaru dari Perancis, wanita yang kurus cenderung akan memiliki kualitas kepadatan tulang yang rendah sehingga potensi untuk terserang osteoporosis akan semakin meningkat. Apakah benar seperti itu? Simak bagaimana kesehatan tulang dipengaruhi oleh massa tubuh melalui ulasan di bawah ini.

 

Anoreksia

Kurus identik dengan pola makan yang salah. Salah karena asupan gizi seseorang tidak dapat diserap secara sempurna, mengakibatkan massa tubuh tidak bertambah. Gangguan pola makan juga dapat menyebabkan seseorang menjadi kurus. Nah, salah satu contoh gangguan pola makan adalah anoreksia.

Saat seseorang didiagnosa mengidap anoreksia, ciri-ciri fisik yang dapat terlihat adalah bentuk tulang yang menonjol. Hal ini dikarenakan penderita anoreksia kekurangan massa lemak tubuh sehingga bagian tulangnya terlihat menonjol. Kondisi ini berbahaya bagi tulang Anda, Protecal Ladies.

Dari penelitian yang dilakukan oleh Centre Hospitalier Universitaire de Saint-Etienne (CHU) ditemukan bahwa hampir separuh wanita yang didiagnosis anoreksia memiliki kecenderungan penurunan kepadatan tulang. Penyebabnya adalah mereka defisit kalsium dan mineral yang merupakan zat utama penyusun tulang.

 

Kekurangan Kalsium

Saat melakukan diet, kebanyakan orang akan memperbanyak konsumsi protein dan serat sekaligus membatasi konsumsi lemak dan karbohidrat. Padahal, jika ditilik lebih jauh, sering kali produk-produk yang mengandung lemak dan karbohidrat juga kaya akan kalsium dan mineral yang dibutuhkan tulang Anda.

Oleh karena itu, saat tubuh menjadi kurus karena diet atau gangguan pola makan, kepadatan tulang juga akan berkurang karena asupan nutrisinya tidak terpenuhi. Kekurangan lemak juga mempengaruhi kepadatan tulang karena lemak merupakan bahan bakar penghasil hormon estrogen yang baik untuk tulang.

 

Kerusakan Tulang

Selain mengancam kepadatan tulang, menurut Archives of Internal Medicine, wanita yang memiliki tubuh kurus juga tinggi risikonya akan kerusakan tulang, terutama pada bagian pinggul. Ini didasarkan oleh penelitian yang telah dilakukan terhadap 3,683 responden. Ini akan berbahaya terutama bagi wanita karena pinggul merupakan penyangga utama organ rahim yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan wanita.

 

Cara Mengatasinya

Ahli diet asal Amerika Serikat, Sian Porter mengatakan bahwa satu-satunya jalan untuk mengatasi ini adalah dengan menambahkan bobot dan massa tubuh seseorang yang memiliki berat badan di bawah rata-rata. Dengan meningkatkan massa tubuh, maka tulang akan lebih terlindungi.

Lalu, bagaimana caranya meningkatkan massa tubuh?

Untuk meningkatkan massa tubuh, Protecal Ladies bisa memulai dengan menambahkan snack di antara waktu makan, meminum susu sebelum tidur (karena susu kaya akan kalsium dan lemak), dan menambahkan sereal atau roti yang kaya mineral di waktu sarapan. Hal-hal ini tidak akan memakan banyak waktu. Jika Protecal Ladies ingin yang lebih praktis untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan mineral dapat dilakukan dengan mengkonsumsi Protecal Solid yang segar atau Protecal Bone yang praktis