Ingin Bersepeda di Kota Besar di Indonesia? Mulai dengan Cara Ini!

Bersepeda merupakan salah satu olahraga kardio yang baik untuk menjaga kinerja jantung, melatih otot, dan menguatkan tulang. Namun, di Indonesia belum banyak lokasi yang memang didesain untuk bersepeda. Terutama jika kamu berada di kota besar yang lebih padat bangunan daripada ruang untuk bersepeda. Namun, bukan berarti hal tersebut mustahil dilakukan. Protecal Ladies dapat mulai bersepeda di kota besar dengan cara-cara ini.

 

Kendarailah Sepeda yang Tepat

Hal pertama yang harus Protecal Ladies lakukan untuk bisa bersepeda di kota besar di Indonesia adalah memiliki sepeda yang tepat untuk bersepeda di perkotaan. Tanpa adanya kendaraan yang tepat, Anda tidak akan dapat bersepeda di perkotaan dengan aman dan nyaman.

Sepeda dengan penghubung roda gigi internal telah dikenal sebagai salah satu jenis sepeda yang cocok bagi daerah perkotaan. Bagi Protecal Ladies yang sering mengalami rantai sepeda yang terlepas, jenis sepeda ini cocok untuk Anda. Selain itu, sepeda jenis ini juga lebih mudah dirawat karena tidak harus dibersihkan secara berkala.

 

Gunakan Pengaman

Berkendara di kota besar membutuhkan keamanan tinggi. Hal ini dikarenakan jalanan di kota besar akan selalu dipenuhi berbagai macam kendaraan, mulai dari yang kecil hingga besar seperti truk. Begitu pula saat Protecal Ladies mengendarai sepeda, harus disertai dengan keamanan yang memadai.

Protecal Ladies bisa menggunakan helm, pelindung lutut, dan pelindung siku. Pasangkanlah dengan benar supaya bisa benar-benar melindungi Anda. Anda harus memilih pelindung yang tepat dan terbuat dari bahan yang benar-benar aman. Tanpa bahan dengan kualitas yang baik, pelindung tersebut tidak akan berfungsi maksimal.

 

Beri Tanda

Kekurangan sepeda kayuh jika dibandingkan dengan moda transportasi lainnya adalah tiadanya lampu penanda. Lampu penanda biasanya digunakan saat kendaraan akan berbelok atau lebih umumnya digunakan untuk memperjelas keberadaan suatu kendaraan. Dengan adanya lampu ini, kecelakaan dapat diminimalisir.

Untuk itu, saat Protecal Ladies bersepeda di kota besar, Anda perlu memberikan tanda sesaat sebelum berbelok atau berganti posisi. Tanda ini bisa berupa gerakan tangan atau menoleh. Saat berbelok ke kanan, Anda bisa mengayunkan tangan kanan Anda, begitu pula sebaliknya.

Tidak hanya itu, Protecal Ladies juga perlu memberikan tanda supaya keberadaan Anda dapat dikenali pengguna jalan lainnya. Protecal Ladies bisa menggunakan pakaian berwarna cerah atau helm yang mencolok.

 

Jangan Takut

Keadaan jalanan yang ramai seringkali menyebabkan pengguna jalan merasa panik, terutama dengan adanya kendaraan yang lebih besar atau pengendara yang berlaku tidak sesuai aturan. Untuk itu, kunci utama saat bersepeda di jalanan kota besar di Indonesia adalah dengan menghilangkan rasa takut.

 

Protecal Ladies tidak akan bisa bergerak jika belum bisa mengalahkan rasa takut tersebut. Oleh karena itu, jangan takut dan mulailah bersepeda. Tetap berhati-hati, ya!