Menjaga tubuh tetap bugar tentu sebuah keharusan, terlebih bagi Protecal Ladies yang selalu disibukkan dengan aktivitas rumah tangga juga pekerjaan di kantor setiap harinya. Sebagai bonusnya, bentuk tubuh tetap ideal meski Anda sudah menikah dan memiliki anak. Dengan melakukan 7 minutes workout secara rutin, Anda dapat menjaga kebugaran tubuh serta mendapat manfaat lainnya. Berikut penjelasan selengkapnya!

 

Apa itu 7 minutes workout?

Diperkenalkan oleh Brett Klika dan Chris Jordan, 7 minutes workout jadi pilihan olahraga yang banyak digemari kaum wanita. Olahraga ini merupakan kombinasi dari dua belas macam latihan fisik selama tiga puluh menit. Pada setiap latihannya, terdapat waktu istirahat sepuluh detik. Tentu saja, 7 minutes workout akan terasa berat bagi pemula, namun jika sudah terbiasa maka olah tubuh ini dapat ditingkatkan kesulitannya sedikit demi sedikit.

Dua belas macam latihan fisik dalam 7 minutes workout mencakup jumping jacks, wall sit, push up, abdominal crunch, hingga berakhir pada latihan side plank. Masing-masing gerakan dalam latihan fisik selama tujuh menit ini memiliki fungsi yang berbeda. Namun, dengan tujuan yang sama, yaitu menjaga kebugaran dan bentuk tubuh ideal.

 

Melatih kardiovaskular

Seluruh gerakan yang dilakukan dalam 7 minutes workout tanpa disadari turut melatih kardiovaskular Anda. Saat bergerak mengayunkan tangan ke atas kepala dan merentangkan kaki pada latihan jumping jacks, detak jantung Anda akan berdetak lebih cepat. Hal ini mampu secara efektif memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh. Tentu saja, kondisi jantung dan pernapasan Anda menjadi lebih sehat.

 

Meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot

Protecal Ladies, hampir seluruh latihan fisik yang dilakukan pada 7 minutes workout dapat meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot. Misalnya, latihan wall sit, push up, dan abdominal crunch mampu membangun kekuatan dan daya tahan pada otot tubuh bagian bawah, lengan, dada, trisep, perut, dan bagian depan bahu. Ketika melakukan gerakan step-up onto chair, Anda secara tidak langsung juga akan memperkuat otot pinggul, paha, dan bokong.

 

Memperbaiki sistem pencernaan

Selain berpengaruh pada kekuatan otot, gerakan squat pada 7 minutes workout juga dapat memperbaiki sistem pencernaan. Pasalnya, gerakan ini menuntut Anda untuk menjajarkan tubuh bagian bawah dengan lantai, di mana dada harus dibusungkan sehingga otot-otot perut akan berkontraksi. Dengan begitu, sistem pencernaan bisa berlangsung semakin lancar dan Anda dapat terhindar dari masalah konstipasi serta susah BAB.

 

Meningkatkan fleksibilitas tubuh

Mulai dari latihan plank, high knees running in place, dan lunge, ketiganya dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh Anda. Gerakan plank meningkatkan fleksibilitas dengan cara meregangkan otot, sedangkan pada high knees running in place, fleksibilitas didapat dari tungkai bawah. Sementara itu, gerakan lunge memberikan fleksibilitas pada pinggul sehingga postur tubuh bagian bawah menjadi lebih kencang.

 

Itulah tadi serba-serbi 7 minutes workout beserta manfaatnya untuk kehidupan Anda. Agar lebih optimal, konsumsi Protecal Bone Kaplet yang tinggi kalsium dan vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang Anda. Bentuknya kaplet sehingga praktis untuk dikonsumsi kapan saja dan di mana saja. Protecal Bone Kaplet juga aman bagi Anda yang menderita maag.

tips
20/08/2018

Secara ilmiah, 80% tubuh manusia terdiri dari cairan. Hal inilah yang menyebabkan konsumsi air harus selalu diperhatikan dengan baik. Setidaknya Anda wajib mengonsumsi air minum sebanyak delapan gelas per hari. Jumlah ini adalah saran minimal untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Di Indonesia, air minum sendiri memiliki beragam jenis. Namun demikian, yang paling sering dikonsumsi adalah jenis air mineral dan air suling. Kira-kira manakah yang lebih baik untuk kesehatan?

 

Mengenal sumber air berasal

Untuk menentukan mana air minum yang lebih baik bagi kesehatan, Anda dapat melakukan pengamatan terkait dari mana air tesebut berasal. Dalam hal ini, air mineral umumnya diambil dari sumber mata air pegunungan yang diperkaya dengan kandungan mineral. Sebaliknya, air suling didapat dari proses perebusan air untuk menghasilkan uap untuk kemudian diambil embunnya dan disimpan dalam wadah bersih.

 

Memahami kandungan yang terdapat dalam air minum

Masing-masing jenis air minum memiliki kelebihan yang baik untuk tubuh. Diketahui air mineral mengandung magnesium dan kalsium empat kali lebih banyak jika dibandingkan dengan air suling. Kandungan zat magnesium berperan untuk mencegah penyakit jantung dan gangguan saraf, sementara kalsium dapat membentuk dan menjaga kesehatan tulang. Sebaliknya, pada air suling, kandungan mineral dan elektrolit ikut terbuang bersama kuman selama proses perebusan.

Air suling atau yang juga disebut sebagai air murni ini tidak disarankan untuk dikonsumsi jangka panjang. Merujuk pada hasil penelitian WHO, mengonsumsi air yang tidak mengandung mineral justru meningkatkan risiko osteoporosis, hipertensi, dan serangan jantung. Hilangnya elektrolit dalam air juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh.

 

Penggunaan air mineral dan air suling

Sejauh ini, air mineral lebih banyak dikonsumsi sebagai air minum harian. Sementara air suling justru lebih difungsikan untuk air aki dan air dalam setrika uap, sebab tidak mengandung mineral yang dapat merusak mesin. Karena dianggap begitu murni, air suling kerap digunakan pada berbagai fasilitas medis atau laboratorium. Meskipun demikian, pada beberapa kasus orang lebih memilih untuk mengonsumsi air suling karena bebas kontaminan.

 

Jawaban tentang mana yang lebih baik untuk kesehatan sebenarnya bergantung pada kebutuhan tubuh Anda. Namun, sekali lagi disarankan untuk tidak mengonsumsi air suling dalam jangka panjang karena memiliki efek samping untuk kesehatan tubuh. Tanpa mineral, air suling justru meningkatkan risiko osteoporosis dan gangguan kesehatan lainnya.

Sebagai langkah pencegahan, Anda dapat menambahkan PROTECAL SOLID ke dalam air minum. Kandungan kalsium yang cukup tinggi dari PROTECAL membantu memperkuat tulang dalam kurun waktu yang panjang. Tenang saja, suplemen ini bebas gula sehingga aman untuk dikonsumsi secara rutin karena tidak memicu diabetes dan kenaikan berat badan.

fact
16/08/2018

Osteoporosis merupakan gangguan kesehatan tulang yang disebabkan oleh berkurangnya massa tulang sehingga terjadi penurunan kualitas jaringan tulang. Akibatnya, osteoporosis menjadikan tulang lebih rapuh dan tidak kuat menopang berat tubuh. Sebagian besar masyarakat Indonesia memandang osteoporosis sebagai hal yang lumrah terjadi pada orang tua. Padahal pola hidup dan diet yang tidak sehat juga bisa memicu terjadinya osteoporosis pada Anda di usia muda.

Lantas, benarkah hanya wanita yang dapat menderita osteoporosis?

 

Wanita dan pria sama-sama berisiko osteoporosis

Jika Anda mendengar bahwa osteoporosis hanya terjadi pada wanita, maka hal tersebut tidak benar. Osteoporosis dapat menyerang tulang siapa saja yang kekurangan kalsium dan vitamin D. Artinya, baik wanita ataupun pria, keduanya sama-sama memiliki peluang terkena osteoporosis apabila tidak menjaga kesehatan tulang sejak dini. Walaupun memang pada wanita menopause lebih besar risikonya untuk terserang pengeroposan tulang.

 

Osteoporosis bukan bagian dari tanda-tanda penuaan

Protecal Ladies, perlu diketahui bahwa osteoporosis bukan merupakan bagian dari tanda-tanda penuaan. Faktanya, penuaan yang dialami oleh wanita dan pria akan mengurangi atau bahkan menghilangkan kepadatan tulang. Namun, hal ini dapat diminimalisir dengan pola diet seimbang. Pastikan Anda selalu mengonsumsi makanan yang diperkaya kalsium dan vitamin D, olahraga teratur, serta menerapkan gaya hidup sehat dan rutin memeriksakan kesehatan tulang.

 

Tidak semua osteoporosis disebabkan faktor keturunan

Menurut hasil riset yang dilakukan oleh Wooridul Spine Hospital di Korea Selatan, wanita dengan riwayat keluarga osteoporosis berisiko lebih tinggi terjangkit penyakit tulang ini. Akan tetapi, Anda yang keluarganya tidak memiliki riwayat osteoporosis bukan berarti kebal terhadap pengeroposan tulang. Pasalnya, pada beberapa kasus, osteoporosis juga akan menyerang mereka yang tidak menjalankan pola hidup sehat dan jarang memeriksakan kesehatan tulang.

 

Jangan pernah meremehkan osteoporosis

Tentu saja, osteoporosis adalah penyakit tulang yang cukup serius dan harus ditangani dengan segera. Tercatat setidaknya ada 20% penderita osteoporosis mengalami fraktur (patah) di bagian tulang pinggul, sementara beberapa lainnya mengalami komplikasi seperti pnenomia atau gumpalan darah di paru-paru yang berujung pada kematian.

Apabila Anda sudah positif mengidap osteoporosis, bukan berarti tidak ada cara untuk mengembalikan kondisi kepadatan tulang Anda. Untuk melindungi kesehatan tulang, cobalah untuk rutin mengonsumsi bahan makanan sumber vitamin D serta kalsium. Namun, untuk pencegahan lebih lanjut, Anda dapat mengonsumsi suplemen untuk perlindungan tulang.

 

Pastikan pilihan suplemen Anda jatuh pada PROTECAL BONE KAPLET. Suplemen yang kaya akan kalsium dan vitamin D ini sangat baik untuk mengembalikan kepadatan tulang. Tersedia dalam kemasan praktis berisi dua belas kaplet, PROTECAL BONE KAPLET aman dikonsumsi secara rutin termasuk bagi Anda yang memiliki penyakit maag.

fact
15/08/2018

Jogging atau berlari merupakan alternatif olahraga termurah dan cukup mudah untuk dilakukan. Anda dapat memilih berlari di pagi hari sebelum beraktivitas maupun sore hari setelah pulang kerja. Meski terlihat sederhana, lari ternyata dapat memberikan dampak yang cukup signifikan untuk kesehatan tubuh Anda, mulai dari meningkatkan kesehatan jantung dan pernapasan hingga memperkuat otot dan tulang. Protecal Ladies, masih malas untuk mulai berlari?

Lima motivasi ini bisa memicu semangat Anda untuk rutin berolahraga, terutama dengan berlari secara rutin. Yuk, cari tahu!

 

Cocok untuk segala usia

Olahraga lari cocok untuk segala usia, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga mereka yang sudah berada di usia senja. Tentu saja, hal ini yang menjadi motivasi terbesar seseorang mau berlari secara rutin. Olahraga ini juga bisa dilakukan secara gratis tanpa dipungut biaya sehingga benar-benar ‘ramah’ untuk segala rentang usia.

 

Fleksibel dalam hal waktu

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, berlari atau jogging dapat dilakukan baik pada pagi maupun sore hari. Tawaran fleksibilitas ini tentu sulit Anda temukan pada jenis olahraga lainnya. Selain itu, tidak ada peraturan khusus yang menetapkan berapa lama durasi Anda berlari. Mau lima menit, sepuluh menit, atau satu jam, sah-sah saja dilakukan dan tetap memberi dampak positif untuk tubuh. Asalkan Anda berlari secara rutin, setidaknya sekali dalam satu hari.

 

Menghilangkan stres

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh London Institute of Mental Health, latihan fisik seperti berlari dapat menstimulus hormon endorfin dalam tubuh manusia. Hormon inilah yang secara aktif mengurangi atau bahkan menghilangkan stres. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih bahagia dan rileks usai berlari. Tak heran beberapa orang memilih untuk berlari setelah pulang kerja agar perasaan, suasana hati, dan pikirannya kembali segar.

 

Terlihat awet muda

Motivasi lain yang bisa membangkitkan Anda semangat berlari adalah agar terlihat awet muda. Bagaimana tidak? Berlari mampu memberi rasa bahagia akibat produksi hormon endorfin. Selain itu, saat berlari di pagi hari, Anda juga berkesempatan untuk mendapat udara bersih yang kaya akan oksigen. Di samping bagus untuk pernapasan, udara segar di pagi hari juga baik untuk proses regenerasi kulit. Anda pun terhindar dari kulit kusam serta bebas kerutan.

 

Bermanfaat untuk keadaan darurat

Dalam hidup, sering kali Anda dihadapkan pada situasi yang tidak terduga. Beberapa bahkan mengancam keselamatan diri sendiri. Dengan rutin berlari, maka Anda dapat mengantisipasi kemungkinan kejahatan. Pasalnya, otot kaki sudah terlatih kekuatannya sebagai modal perlindungan diri untuk berlari mencari pertolongan ataupun melakukan perlawanan. Motivasi berlari yang satu ini tentu sangat pas bagi wanita aktif seperti Anda.

 

Jadi, apakah kini Anda sudah lebih termotivasi untuk semangat berlari? Pastikan saat berolahraga Anda tetap memenuhi kebutuhan air minum agar tubuh tidak dehidrasi. Tambahkan satu butir PROTECAL SOLID yang mampu memberi asupan kalsium untuk kesehatan tulang di masa mendatang. Selamat mencoba!

tips
10/08/2018
The Latest Article

Protecal Ladies, setiap kehamilan memiliki gejala yang berbeda-beda antara satu ibu hamil dengan ibu hamil lainnya. Namun, sebagian besar ibu hamil akan merasakan demam dan nyeri tulang selama masa kehamilan terutama ketika memasuki trimester akhir. Untuk itu, asupan nutrisi terutama kalsium yang dibutuhkan ibu hamil lebih besar. Jika tidak terpenuhi dengan baik, maka janin akan mengambil asupan nutrisi langsung dari ibu sehingga menyebabkan perubahan metabolisme tubuh ibu dan berkurangnya kepadatan tulang selama hamil.

 

Menurunkan demam saat hamil tanpa obat-obatan

Demam mungkin menjadi salah satu masalah sepele yang harus dihadapi oleh ibu hamil. Akan tetapi, mengkonsumsi obat demam selama masa kehamilan harus berdasarkan resep dan anjuran dokter. Umumnya, dokter kandungan hanya menganjurkan penggunaan Paracetamol dan Ibuprofen sebagai obat pereda demam dengan ketentuan-ketentuan khusus.

Nah, apabila kondisi kehamilan Anda tidak memungkinkan untuk mengkonsumsi obat penurun demam maka ada cara-cara lain yang dapat dilakukan. Pertama, pastikan untuk tetap berada di dalam ruangan dengan udara sejuk agar suhu tubuh dapat menurun. Kedua, perbanyak minum air putih agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Ketiga, mandi dengan air hangat sehingga panas tubuh dapat menguap dan secara otomatis demam ikut menurun.

 

Ketahui kebutuhan asupan kalsium saat hamil

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG), ibu hamil dan menyusui membutuhkan asupan kalsium sekitar 1.200 – 1.300 mg/hari. Jumlah tersebut tentu dua kali lipat lebih banyak daripada asupan nutrisi yang dibutuhkan sebelum memasuki kehamilan. Tak heran apabila ibu hamil disarankan untuk memperbanyak asupan kalsium yang dapat diperoleh dari susu, keju, sayuran hijau, ikan, dan kacang-kacangan.

Sayangnya, pada beberapa kasus kehamilan, memenuhi kebutuhan asupan kalsium dengan sumber-sumber makanan tadi tidaklah cukup. Oleh karena itu, Anda juga diminta untuk mengkonsumsi suplemen kalsium. Protecal Solid menjadi salah satu suplemen kalsium yang disarankan karena mengandung Kalsium dan vitamin D yang cukup tinggi. Dengan minum Protecal Solid, tulang jadi lebih kuat dan terhindar dari masalah nyeri tulang.

 

Nyeri tulang saat hamil dapat menyerang tangan dan kaki

Protecal Ladies, selama kehamilan umumnya nyeri tulang yang terjadi menyerang bagian punggung bawah akibat perubahan hormon, perubahan berat badan, hingga perkembangan janin. Namun demikian, nyeri tulang saat hamil ternyata juga dapat menyerang bagian tangan dan kaki ibu hamil. Biasanya nyeri tulang pada tangan mengakibatkan kram dan kesemutan. Pada beberapa kasus terjadi pula pembengkakan jari-jari tangan sehingga cincin nikah tidak bisa digunakan lagi.

Sementara itu, ibu hamil yang memasuki usia kehamilan trimester ketiga juga akan mengalami nyeri tulang kaki. Ditandai dengan pembengkakan pada kedua kaki yang disebabkan oleh pembuluh darah yang tertekan. Kram dan kaku juga terjadi apabila ibu hamil kekurangan kalsium selama masa kehamilan. Pada kasus yang sudah cukup kronis, ibu hamil akan merasakan kaki yang terasa berat dan sulit digerakkan.

 

Meski terlihat normal, demam dan nyeri tulang bisa menjadi pertanda kesehatan ibu hamil yang menurun. Untuk itu, jika demam dan nyeri tulang tak kunjung berkurang segeralah berkonsultasi pada dokter kandungan. Sebagai langkah pencegahan, pastikan selama kehamilan Anda tetap berolahraga santai secara teratur serta menerapkan pola hidup yang sehat. Dan jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan kalsium tulang Anda dengan rutin mengkonsumsi Protecal Solid yang terbukti praktis dan aman dikonsumsi bagi ibu hamil.

fact
2018-11-16

Pada dasarnya nyeri punggung merupakan hal yang wajar dialami selama masa kehamilan, terlebih pada trimester akhir jelang persalinan. Nyeri punggung ini tentu disebabkan karena tekstur ligamen akan lebih lembut dan meregang, sehingga beban yang harus ditopang oleh area persendian punggung bagian bawah dan panggul lebih berat. Jika dibiarkan berlarut-larut, nyeri punggung saat hamil justru akan mengganggu kelancaran aktivitas lainnya.

Tak perlu khawatir, Protecal Ladies dapat melakukan 5 gerakan ini untuk mengatasi nyeri punggung saat hamil. Apa saja? Yuk perhatikan baik-baik dan coba sendiri di rumah!

 

Triangle pose

Gerakan triangle pose bertujuan untuk meregangkan otot-otot area punggung dan kaki. Triangle pose dapat dimulai dengan kaki terbuka lebar, lalu putar kaki kanan hingga posisi tumit berhadapan dengan kaki kiri. Lanjutkan dengan merentangkan tangan lurus ke kanan/kiri (posisi telapak tangan menghadap lantai). Kemudian bungkukkan badan ke samping kanan dan posisikan tangan kanan tepat di atas pergelangan kaki, sementara tangan kiri lurus menghadap langit-langit. Tahan posisi tersebut selama kurang lebih 15 detik, ulangi pada arah berlawanan.

 

Overhead pulldown

Untuk memperkuat area punggung tengah dan bawah, cobalah gerakan overhead pulldown. Caranya, mulailah dengan berdiri tegak sambil mengangkat tangan ke atas kepala. Tarik lengan ke bawah dengan posisi siku menekuk ke samping hingga posisi tangan setinggi bahu. Kembalikan ke posisi semula dan ulangi hingga 10 kali. Jika sudah mulai terbiasa dengan gerakan ini, Anda bisa menambahkan dumbell seberat 0,5 kilogram di masing-masing tangan.

 

Forward bend

Protecal Ladies, untuk mengatasi nyeri punggung saat hamil bisa melakukan gerakan forward bend. Gerakan forward bend sendiri bertujuan agar punggung lebih kuat dan terasa rileks. Gerakan ini dapat dilakukan dengan posisi duduk di atas kursi dengan alas dan sandaran yang keras. Biarkan lengan berada pada posisi rileks dan rentangkan lurus ke depan. Kemudian bungkukkan tubuh ke depan secara perlahan hingga lengan menggantung. Tahan posisi ini selama 3 – 5 hitungan dan ulangi gerakan ini.

 

Trunk twist

Trunk twist adalah gerakan yang dapat Anda lakukan untuk meregangkan punggung bagian atas. Mulailah gerakan ini dengan duduk sambil menyilangkan kaki di atas permukaan lantai. Letakkan tangan kiri di atas kaki kiri, sementara tangan kanan diposisikan ke belakang tubuh hingga menyentuh lantai. Lanjutkan dengan putar tubuh bagian atas ke kanan hingga melewati bahu kanan secara perlahan-lahan. Ulangi gerakan yang sama di sisi lainnya selama 10 hitungan.

 

Back press

Menjaga postur tubuh tetap ideal sambil menguatkan punggung atas saat hamil dapat dilakukan melalui gerakan back press. Untuk melakukan gerakan ini, Protecal Ladies dapat berdiri dengan posisi punggung bersandar di dinding. Pastikan posisi kaki Anda berjarak sekitar 25 sentimeter dari dinding. Kemudian tekan bagian bawah punggung ke dinding dan tahan selama 10 hitungan, Ulangi gerakan back press hingga nyeri punggung Anda mulai mereda.

 

Protecal Ladies, menjaga kesehatan tulang selama kehamilan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Jangan lupa untuk penuhi kebutuhan kalsium harian dengan Protecal Bone Kaplet yang tinggi Kalsium dan vitamin D guna menjaga tulang tetap sehat. Suplemen tulang dari Protecal ini praktis dan aman dikonsumsi bagi ibu hamil maupun penderita maag. Tunggu apalagi? Segera penuhi kebutuhan kalsium harian Anda dengan Protecal Bone Kaplet.

tips
2018-11-13

Apakah Anda pernah merasakan nyeri tulang belakang? Hampir setiap orang pernah merasakan hal ini. Penyababnya pun beragam, mulai dari faktor usia, gangguan struktur tulang belakang, dan mengalami ketegangan otot. Meski wajar terjadi, nyeri tulang belakang bisa berbahaya apabila dibiarkan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada lima cara mudah untuk mengatasinya. Apa saja? Ini dia di antaranya.

 

Olahraga kecil dengan melakukan peregangan tiap hari

Memulai hari dengan melakukan peregangan selagi di tempat tidur sangat dianjurkan. Karena setelah berbaring selama delapan jam, tubuh akan menjadi lemas. Jika Anda tiba-tiba berdiri, risikonya dapat mengalami cedera punggung. Maka dari itu, ada baiknya sebelum bangun dari tempat tidur, perlahan regangkan lengan Anda ke atas kepala. Lalu, tarik lutut ke arah dada secara bergantian. Setelah itu bergulirlah ke sisi tempat tidur dan gunakan lengan untuk membantu mengangkat tubuh.

 

Hindari membungkuk saat mengambil sesuatu

Membungkuk sering sekali kita lakukan. Contohnya saja ketika mengambil sesuatu yang terjatuh atau hal lainnya. Tanpa disadari, saat Anda membungkuk, risiko cedera tulang punggung akan meningkat. Untuk menghindarinya, Anda bisa menggunakan alat pemegang yang panjang. Bila tidak ada, coba lakukan dengan cara berlutut dan gunakan pelindung lutut untuk mengambil sesuatu. Contohnya seperti saat sedang berkebun.

 

Usahakan badan untuk terus bergerak

Istirahat memang diperlukan untuk tubuh agar tetap bugar. Namun, telalu banyak mengistirahatkan tubuh ternyata membawa dampak buruk pada tulang kita, yakni dapat memperlemah otot-otot tulang. Maka dari itu, jangan terlalu lama berbaring di tempat tidur lebih dari dua hari ketika Anda sakit. Usahakan untuk bangun sekurang-kurangnya satu jam untuk melakukan peregangan atau berjalan-jalan. Meskipun terlihat sederhana, jalan-jalan memiliki efek positif untuk tulang sehingga risiko nyeri tulang belakang bisa diminimalisir.

 

Pasang bantalan di bagian bawah punggung

Faktor selanjutnya yang jadi penyebab nyeri punggung adalah tempat tidur yang tidak merata. Jika terlalu lama dibiarkan, hal ini akan berbahaya bagi kesehatan tulang belakang Anda. Sebagai cara mengatasinya, Anda bisa memasang bantalan dari karet busa berbentuk bundar yang tersedia dan dijual di toko perlengkapan medis. Menggunakan alat ini dapat mempertahankan lengkung alami tulang punggung Anda dan mencegah nyeri. Anda bisa memasangnya di antara kursi dan punggung bagian bawah.

 

Penuhi asupan nutrisi untuk tulang

Terakhir, imbangi pula kesehatan tulang belakang Anda dari dalam. Protecal Ladies wajib memenuhi asupan kalsium demi memperkuat struktur tulang. Selain makan banyak buah dan sayuran, asupan kalsium dalam tubuh juga bisa Anda penuhi dengan mengkonsumsi suplemen khusus seperti Protecal Osteo. Kandungan kalsium dan vitamin D yang tinggi tak hanya menjaga kesehatan tulang, tapi juga membantu mencegah osteoporosis.

 

Nah, mulai sekarang Protecal Ladies bisa melakukan beberapa cara di atas untuk mengatasi nyeri tulang belakang. Bagi yang tidak memiliki keluhan ini, tidak ada salahnya menjaga diri dengan rajin minum Protecal, ya!

tips
2018-11-02