Hanya Wanita yang Bisa Menderita Osteoporosis, Mitos Atau Fakta?

Osteoporosis merupakan gangguan kesehatan tulang yang disebabkan oleh berkurangnya massa tulang sehingga terjadi penurunan kualitas jaringan tulang. Akibatnya, osteoporosis menjadikan tulang lebih rapuh dan tidak kuat menopang berat tubuh. Sebagian besar masyarakat Indonesia memandang osteoporosis sebagai hal yang lumrah terjadi pada orang tua. Padahal pola hidup dan diet yang tidak sehat juga bisa memicu terjadinya osteoporosis pada Anda di usia muda.

Lantas, benarkah hanya wanita yang dapat menderita osteoporosis?

 

Wanita dan pria sama-sama berisiko osteoporosis

Jika Anda mendengar bahwa osteoporosis hanya terjadi pada wanita, maka hal tersebut tidak benar. Osteoporosis dapat menyerang tulang siapa saja yang kekurangan kalsium dan vitamin D. Artinya, baik wanita ataupun pria, keduanya sama-sama memiliki peluang terkena osteoporosis apabila tidak menjaga kesehatan tulang sejak dini. Walaupun memang pada wanita menopause lebih besar risikonya untuk terserang pengeroposan tulang.

 

Osteoporosis bukan bagian dari tanda-tanda penuaan

Protecal Ladies, perlu diketahui bahwa osteoporosis bukan merupakan bagian dari tanda-tanda penuaan. Faktanya, penuaan yang dialami oleh wanita dan pria akan mengurangi atau bahkan menghilangkan kepadatan tulang. Namun, hal ini dapat diminimalisir dengan pola diet seimbang. Pastikan Anda selalu mengonsumsi makanan yang diperkaya kalsium dan vitamin D, olahraga teratur, serta menerapkan gaya hidup sehat dan rutin memeriksakan kesehatan tulang.

 

Tidak semua osteoporosis disebabkan faktor keturunan

Menurut hasil riset yang dilakukan oleh Wooridul Spine Hospital di Korea Selatan, wanita dengan riwayat keluarga osteoporosis berisiko lebih tinggi terjangkit penyakit tulang ini. Akan tetapi, Anda yang keluarganya tidak memiliki riwayat osteoporosis bukan berarti kebal terhadap pengeroposan tulang. Pasalnya, pada beberapa kasus, osteoporosis juga akan menyerang mereka yang tidak menjalankan pola hidup sehat dan jarang memeriksakan kesehatan tulang.

 

Jangan pernah meremehkan osteoporosis

Tentu saja, osteoporosis adalah penyakit tulang yang cukup serius dan harus ditangani dengan segera. Tercatat setidaknya ada 20% penderita osteoporosis mengalami fraktur (patah) di bagian tulang pinggul, sementara beberapa lainnya mengalami komplikasi seperti pnenomia atau gumpalan darah di paru-paru yang berujung pada kematian.

Apabila Anda sudah positif mengidap osteoporosis, bukan berarti tidak ada cara untuk mengembalikan kondisi kepadatan tulang Anda. Untuk melindungi kesehatan tulang, cobalah untuk rutin mengonsumsi bahan makanan sumber vitamin D serta kalsium. Namun, untuk pencegahan lebih lanjut, Anda dapat mengonsumsi suplemen untuk perlindungan tulang.

 

Pastikan pilihan suplemen Anda jatuh pada PROTECAL BONE KAPLET. Suplemen yang kaya akan kalsium dan vitamin D ini sangat baik untuk mengembalikan kepadatan tulang. Tersedia dalam kemasan praktis berisi dua belas kaplet, PROTECAL BONE KAPLET aman dikonsumsi secara rutin termasuk bagi Anda yang memiliki penyakit maag.