Apakah Penyakit Tulang Terjadi Karena Faktor Keturunan?

Protecal Ladies, perlu diketahui bahwa tidak semua penyakit disebabkan oleh faktor keturunan, termasuk penyakit tulang. Pada beberapa kasus seperti kecelakaan, trauma, infeksi, virus, atau bahkan pengeroposan akibat kurangnya kalsium juga dapat memicu penyakit tulang. Untuk menghindari kesalahpahaman tentang beberapa penyakit tulang ini, Protecal sudah merangkum penjelasan ringkasnya untuk Anda.

 

Gout

Gejala awal penyakit tulang yang satu ini masih sering dianggap sebagai rematik. Padahal, gout merupakan penyakit tulang yang disebabkan oleh peningkatan konsentrasi asam dalam pertumbuhan tulang. Umumnya, penyakit tulang ini menyerang orang-orang yang kelebihan berat badan. Gout ditandai dengan kondisi sulit bergerak, bengkak, dan kemerahan. Pengobatannya berupa suntikan zat urikosorik guna menurunkan kadar asam urat dalam darah.

 

Kifosis, Lordosis, dan Skoliosis

Anda mungkin pernah mendengar tiga istilah kelainan tulang ini saat duduk di bangku sekolah. Kifosis yaitu kelainan tulang belakang yang melengkung ke depan sehingga penderita akan mengalami bungkuk. Umumnya, penyakit tulang ini disebabkan oleh kelemahan otot di punggung atas. Sebaliknya, lordosis adalah kelainan tulang belakang yang membuat punggung penderita melengkung masuk menuju area pinggang. Penyebabnya cukup beragam, mulai dari postur tubuh yang keliru saat duduk hingga sering mengangkat benda berat.

Sedangkan, skoliosis merupakan kondisi tulang belakang yang bengkok ke kanan atau kiri akibat kebiasaan postur duduk yang keliru atau terjadinya kegagalan fungsi sistem saraf dan otot. Dengan demikian, baik kifosis, lordosis, dan skoliosis bukanlah penyakit tulang yang dipicu oleh faktor keturunan.

 

Osteogenesis Imperfecta

Berbeda dari penyakit tulang sebelumnya, osteogenesis imperfecta merupakan gangguan tulang yang disebabkan oleh faktor keturunan. Umumnya, penyakit ini ditandai dengan keretakan tulang pada sebagian besar patologis dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda. Tentu saja, penyakit ini sulit dideteksi sejak dini. Pemeriksaannya bahkan cukup panjang, baik secara medis hingga riwayat kesehatan keluarga penderita. Osteogenesis imperfecta tidak dapat disembuhkan, tetapi bisa dicegah melalui terapi farmokologi serta penggunaan kursi roda.

 

Fibrous Dysplasia

Tidak jauh berbeda dari osteogenesis imperfecta, fibrous dysplasia juga merupakan penyakit tulang yang dipicu oleh kelainan genetik. Kondisi penderita fibrous dysplasia umumnya mengalami gangguan pertumbuhan pada jaringan fibrosa sehingga tulang menjadi rusak dan mudah patah. Umumnya, bagian tubuh yang diserang adalah tulang pinggul, tulang lengan atas, dan tulang wajah. Ditandai dengan kelainan bentuk pada tulang, penderita harus mengonsumsi obat-obatan seperti pamidronate atau dianjurkan untuk melakukan operasi.

 

Kanker tulang

Protecal Ladies, kanker tulang sering menyerang bagian kaki dan lengan. Hal inilah yang membuat pembengkakan pada bagian tulang dan persendian sehingga penderita akan sulit bergerak. Belum diketahui penyebab pasti kanker tulang, namun beberapa dokter tulang menduga bahwa penyakit ini disebabkan oleh mutasi struktur DNA sehingga sel-sel kanker terus bertumbuh. Penanganannya melalui operasi pengangkatan tulang atau amputasi jika sel kanker sudah menyebar ke luar tulang.

 

Setelah memahami dengan baik beberapa macam penyakit tulang tadi, semoga Anda tidak lagi salah kaprah tentang penyebab gangguan tulang tersebut. Penyakit tulang akibat faktor keturunan atau kebiasaan pola hidup yang salah dapat dicegah dengan menjaga asupan kalsium untuk tubuh. Dengan rutin mengonsumsi Protecal Solid, kesehatan tulang Anda bisa lebih terlindungi. Semoga bermanfaat!