Bagaimana Menghindari Sakit Pada Tulang Belakang Saat Hamil?

Saat hamil, tubuh akan mengalami perubahan dan memberikan reaksi-reaksi tertentu untuk menyesuaikan diri. Salah satunya adalah rasa sakit di area punggung. Kondisi ini terjadi di daerah sendi sakroiliaka, yaitu area tulang panggul yang bertemu dengan tulang belakang. Biasanya rasa nyeri ini kerap muncul ketika Protecal Ladies membungkukkan badan ketika hamil.

Meski wajar terjadi, kondisi tersebut sebaiknya tak dibiarkan begitu saja, apalagi jika sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Kabar baiknya, ada beberapa cara yang bisa Protecal Ladies lakukan untuk menghindari sakit pada tulang belakang saat hamil.

 

Massage

Karena merasa sakit di bagian tulang belakang, biasanya Protecal Ladies akan kesulitan berjalan hingga bangun dari duduk. Jangan memaksakan diri, ya. Jika hal tersebut sampai terjadi, Protecal Ladies bisa meminta pasangan untuk segera melakukan massage atau pijatan ringan pada bagian punggung bawah.

Selain itu, usahakan untuk tidak mengenakan high heels selama hamil agar risiko nyeri tulang belakang bisa diminimalisir. Lalu, ketika ingin mengambil sesuatu di bawah, jangan langsung membungkukkan tubuh. Tekuklah lutut terlebih dulu.

 

Kompres punggung

Anda bisa menghindari sakit pada tulang belakang saat hamil dengan mengompres punggung selama 20 menit setiap hari. Kompres punggung Anda dengan handuk yang telah diisi es batu. Kompres hangat juga bisa Anda lakukan dengan menempelkan botol yang berisi air hangat ke punggung. Hal ini dapat membantu meringankan rasa sakit. Pastikan waktu istirahat Anda cukup.

 

Perbaiki postur tubuh

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki postur tubuh demi menghindari sakit pada tulang belakang saat hamil. Salah satunya adalah menghindari posisi membungkuk saat Anda duduk. Lalu, usahakan untuk tidak berlama-lama bertahan pada satu posisi saja. Ketika berdiri dari duduk, Protecal Ladies bisa menegakkan punggung senyaman mungkin.

Selain itu, memperbaiki postur tubuh juga bisa dilakukan ketika tidur. Saat tidur, cobalah untuk melakukannya dalam posisi menyamping. Hal ini dapat membantu meringankan nyeri punggung ketika hamil.

 

Rutin berolahraga

Sudah menjadi rahasia umum bahwa olahraga dapat membuat tubuh jadi lebih sehat. Namun, lebih dari itu, olahraga juga bisa membantu melenturkan otot sehingga membantu mengurangi tekanan yang ada pada tulang belakang.

Protecal Ladies tidak harus melakukan olahraga yang berat, kok. Beberapa jenis olahraga yang ringan dan cukup aman dilakukan saat hamil adalah berjalan kaki dan sepeda statis. Sebagai bonus, rutin berolahraga juga dapat membantu memperkuat otot perut, lho.

 

Gunakan bantal untuk menyangga perut dan punggung

Untuk menghindari sakit tulang belakang dan bisa tidur dengan nyenyak, Anda dapat menggunakan bantal untuk penyangga. Misalnya, saat berbaring, coba lakukan dengan posisi tubuh menyamping dan sisipkan bantal di bagian perut dan punggung untuk menyangga. Lalu, tekuk lutut dan selipkan bantal di antara paha agar pinggul dapat seimbang.

 

Berenang

Protecal Ladies, berenang ternyata sangat baik dilakukan selama kehamilan, lho. Gerakan mengayuh maupun sekadar berjalan dalam kolam akan membantu mengurangi tekanan yang ada pada tulang belakang. Alhasil, rasa sakit pada tulang belakang pun bisa berkurang. Berenang juga dapat memperkuat punggung, otot lengan dan kaki, serta membuat rasa nyaman di seluruh tubuh.

 

Sakit pada tulang belakang saat hamil memang wajar terjadi, tetapi Protecal Ladies bisa mencegahnya dengan melakukan beberapa hal di atas. Agar kekuatan tulang terus terjaga, Anda juga bisa rutin mengkonsumsi Protecal yang aman untuk ibu hamil. Namun, bila rasa sakit pada tulang belakang terus berlanjut, sebaiknya segera berkonsultasilah pada dokter.