Berapa Kalsium yang Dibutuhkan oleh Tubuh?

Kalsium merupakan mineral paling penting yang dibutuhkan untuk membangun tulang kuat dan sehat. Kekurangan kalsium dapat memicu pertumbuhan tulang yang terganggu. Meskipun penting, jumlah kalsium dalam tubuh tak boleh berlebihan karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Lantas, berapa banyak kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh? Yuk, cari tahu!

 

Jumlah kalsium yang dibutuhkan tubuh

Berdasarkan sejumlah penelitian pada akhir tahun 1970-an, jumlah kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh adalah 1.200 mg per hari. Dilansir dari Harvard Health Publishing, dengan jumlah asupan tersebut, keseimbangan kalsium pada wanita setelah menopause dapat dipertahankan, Protecal Ladies.

Namun, bukan berarti dengan mengkonsumsi 1.200 mg kalsium per hari kebutuhan kalsium dalam tubuh Anda sudah pasti cukup. Ada kemungkinan tidak semua kalsium terserap oleh tubuh. Sebagai antisipasi, Anda perlu mengkonsumsi vitamin D yang dapat membantu tubuh menyerap kalsium. Jika asupan vitamin D Anda mencukupi, akan lebih mudah bagi tubuh Anda untuk bisa menyerap kalsium lebih maksimal.

 

Jumlah kalsium yang berlebihan

Asupan kalsium 1.200 mg per hari merupakan rekomendasi minimal. Kebutuhan ini dapat lebih rendah atau lebih tinggi tergantung usia. Masalahnya, memenuhi asupan kalsium 1.200 mg per hari bukanlah perkara mudah, mengingat banyak orang yang justru kekurangan asupan kalsium. Oleh karena itu, banyak yang memilih mengkonsumsi suplemen kalsium demi mencukupi kebutuhannya.

Mengkonsumsi suplemen kalsium bisa jadi jalan pemenuhan asupan kalsium, namun jangan berlebihan. Konsumsi suplemen kalsium berlebih dapat menyebabkan jumlah kalsium dalam tubuh terlalu tinggi. Kondisi yang sering disebut dengan hiperkalsemia ini dapat membuat tulang menjadi lemah, fungsi ginjal menurun, hingga fungsi otak dan jantung yang kurang optimal.

Dilansir dari National Institutes of Health, berikut informasi batas atas asupan kalsium per hari:

  • Usia 51 ke atas : 2.000 mg per hari
  • Usia 19-50 tahun : 2.500 mg per hari
  • Usia 9-18 tahun : 3.000 mg per hari
  • Usia 1-8 tahun : 2.500 mg per hari

 

Memenuhi asupan kalsium dengan suplemen kalsium

Dalam rangka pemenuhan asupan kalsium, Anda mungkin membutuhkan suplemen kalsium. Beberapa kondisi yang menuntut Anda mengkonsumsi suplemen kalsium adalah:

  • Memiliki pola makan vegetarian.
  • Mengidap intoleransi laktosa dan harus membatasi konsumsi produk susu.
  • Mengkonsumsi protein dalam jumlah sangat tinggi yang dapat membuat tubuh mengeluarkan lebih banyak kalsium.
  • Mengalami osteoporosis.
  • Menerima pengobatan kortikosteroid jangka panjang.

 

Pastikan Anda memperhatikan jumlah asupan kalsium yang dikonsumsi untuk memastikan kondisi tulang dan tubuh tetap sehat secara keseluruhan. Semoga bermanfaat!