Ternyata, Mengistirahatkan Badan Saat Nyeri Tulang Itu Tidak Baik

Seperti namanya, nyeri tulang merupakan nyeri yang terjadi pada tulang. Nyeri tulang bisa mempengaruhi satu atau lebih tulang Anda. Apakah nyeri tulang sama dengan nyeri otot? Tidak. Anda bisa mengurangi nyeri otot dengan cara tidak bergerak atau menjaga posisi otot, namun tidak begitu halnya dengan nyeri tulang. Nyeri tulang tidak akan hilang dengan mengistirahatkan badan, melakukannya justru berdampak tidak bagus. Kenapa? Berikut informasinya!

 

Dampak kurangnya pergerakan fisik

Ketika mengalami nyeri otot, Anda memang disarankan agar tidak banyak bergerak untuk meredakan nyeri. Namun, nyeri tulang tidak akan hilang dengan mengurangi pergerakan fisik. Justru, kurangnya pergerakan fisik dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang selanjutnya menimbulkan gangguan pada fungsi persendian dan tulang. Kurang beraktivitas bisa menurunkan produksi cairan synovial yang berfungsi melumasi sendi secara alami.

Tidak hanya itu, kurang bergerak juga identik dengan perubahan postur tubuh alamiah lho, Protecal Ladies. Apabila postur tubuh mengalami perubahan yang cukup signifikan, hal ini bisa memicu nyeri tulang. Kurang aktif secara fisik juga dapat membuat sirkulasi darah dalam tubuh menjadi tidak lancar. Alhasil, terjadi kekurangan pasokan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga tulang tetap kuat dan sehat. Oleh karena itu, Anda sebaiknya lebih banyak bergerak.

 

Aktivitas fisik yang dianjurkan

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, kurangnya aktivitas fisik memicu berbagai masalah kesehatan tulang. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan aktivitas fisik yang tepat untuk menjaga kesehatan tulang. Lakukanlah aktivitas fisik yang tepat untuk menjaga tulang tetap pada performa terbaiknya. Anda bisa melakukan aktivitas fisik ringan seperti yoga secara teratur, baik, dan benar untuk memperoleh manfaatnya secara maksimal.

 

Tidak semua aktivitas fisik baik dilakukan saat nyeri tulang

Melakukan aktivitas fisik saat nyeri tulang memang baik, namun bukan berarti Anda bisa melakukan semua jenis aktivitas fisik. Hindari jenis olahraga high impact yang membutuhkan pergerakan cepat dan melelahkan. Cobalah olahraga low impact seperti berenang, pilates, dan tai chi yang sangat ideal terutama jika dilakukan di bawah pengawasan pengajar profesional.

Sebagai informasi, menurut pakar yoga dunia, B.K.S Inyengar, latihan asana yoga yang sistematis dan konsisten dapat mengaktifkan sistem sirkulasi limfatik tubuh. Melakukan yoga secara teratur dapat membuat sirkulasi darah lebih lancar sehingga membuat semua nutrisi yang baik bagi kesehatan tulang dapat diserap lebih maksimal.

 

Segera periksakan diri ke dokter

Biasanya, nyeri tulang disebabkan oleh kondisi yang serius. Jadi, Anda harus segera memeriksakan diri jika mengalami beberapa kondisi seperti:

  • Nyeri tulang yang tidak bisa dijelaskan dan tidak membaik dalam beberapa hari.
  • Nyeri tulang yang disertai dengan penurunan nafsu makan, berat badan, hingga kelelahan.
  • Nyeri tulang akibat cedera yang membuat tulang tidak bekerja sebagaimana mestinya.

 

Perbanyaklah bergerak untuk memastikan tulang Anda sehat dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jangan ragu pula untuk segera memeriksakan diri jika nyeri tulang yang dirasakan sudah berlebihan. Semoga bermanfaat!