3 Cara Jitu Agar Terhindar dari Nyeri Tulang

Anda mungkin lebih familiar dengan nyeri sendi atau nyeri otot sehingga mengabaikan fakta bahwa tulang juga bisa mengalami nyeri. Ya, tulang juga bisa mengalami rasa nyeri dan jika tidak ditangani dengan segera, maka bisa berakibat fatal. Berikut ini beberapa fakta tentang nyeri tulang dan langkah-langkah jitu yang bisa Anda lakukan sebagai pencegahannya.

 

Penyebab nyeri tulang

Tidak seperti nyeri sendi dan nyeri otot yang bisa segera diketahui penyebabnya, nyeri tulang akan lebih sulit untuk diketahui penyebabnya. Nyeri tulang bisa diakibatkan oleh trauma setelah terjadinya kecelakaan atau terjatuh. Utamanya, nyeri tulang terjadi setelah kecelakaan yang menimbulkan cedera serius atau permanen.

Selain itu, nyeri tulang juga bisa terjadi karena penyakit yang menjangkit organ tulang dalam tubuh manusia. Salah satunya adalah karena kanker dan osteoporosis. Jenis kanker semacam leukima berpotensi besar untuk menyerang organ tulang sehingga mengakibatkan nyeri. Sedangkan pada kasus osteoporosis, tulang akan menipis sehingga rentan terasa nyeri

 

Langkah-langkah pencegahan

Apabila nyeri tulang tidak disebabkan oleh kecelakaan dan kelainan genetik, Protecal Ladies bisa melakukan beberapa langkah pencegahan, di antaranya sebagai berikut:

  • Mengatur pola makan

Tulang yang mengalami pengapuran akan sangat rentan terserang nyeri tulang. Penyebab pengapuran tulang ini adalah karena kurangnya asupan mineral dalam tubuh. Akibatnya, kekuatan dan kepadatan tulang akan berkurang. Jika dibayangkan, tulang akan memiliki rongga-rongga besar saat kekurangan mineral.

Selain itu, berat badan juga bisa menjadi penyebab nyeri tulang. Saat tubuh kelebihan berat badan, maka lemak akan menghimpit tulang dan sendi yang menggabungkan tulang. Apabila hal ini terjadi, maka tulang menjadi tegang dan Anda akan merasakan nyeri yang berlebih. Untuk itu, aturlah pola makan supaya tidak obesitas dan kadar lemak bisa lebih teratur.

  • Rutin berolahraga

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk melindungi tulang adalah dengan rutin berolahraga. Olahraga akan membantu Protecal Ladies untuk melatih kekuatan tulang sehingga tidak mudah terserang nyeri tulang. Di samping itu, olahraga juga bisa membantu membakar kalori sehingga lemak tidak akan menumpuk di dalam tubuh.

Tidak perlu melakukan olahraga yang rumit dan berat. Anda cukup berjalan kaki. Berjalan kaki secara rutin akan membantu melatih kekuatan tulang sekaligus menambah produksi pelumas pada sendi. Anda juga bisa melatih fisik dengan melompat-lompat dalam hitungan tertentu. Saat melompat, kekuatan tulang akan lebih terlatih lho, Protecal Ladies.

  • Konsumsi suplemen kalsium

Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, nyeri tulang bisa disebabkan oleh kurangnya asupan mineral dalam tubuh yaitu Kalsium. Solusi cepatnya, Anda bisa mengonsumsi suplemen penambah kalsium. Suplemen seperti ini akan melengkapi asupan nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi.

Anda bisa memenuhi kebutuhan kalsium dengan rutin mengonsumsi Protecal Solid. Protecal Solid mengandung kalsium dan juga vitamin yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin C dan D. Tidak hanya itu, Protecal juga bebas gula sehingga Anda bisa terhindar dari cavities pada gigi dan tulang.

 

Meski tidak punya riwayat nyeri tulang, tidak ada salahnya melakukan pencegahan sedini mungkin dengan cara-cara di atas. Semoga Protecal Ladies sehat selalu, ya!