Benarkah Lengan Merupakan Tulang yang Rawan Patah?

Tulang manusia merupakan organ tubuh yang paling unik. Beberapa proses biologis bisa menyebabkan perubahan pada tulang. Satu hal yang sudah diketahui banyak orang adalah jumlah tulang pada bayi lebih banyak daripada orang dewasa. Ini karena tulang bayi masih banyak yang belum terangkai. Namun, ada satu hal lagi tentang tulang yang mungkin belum Anda ketahui. Fakta ini terkait dengan tulang lengan pada manusia. Ada apa dengan tentang tulang lengan?

 

Tulang lengan rawan patah?

Ternyata, tulang di bagian lengan adalah salah satu tulang yang paling rawan patah. Ini dibuktikan oleh beberapa penelitian yang dilakukan para ahli. Pada kebanyakan kasus patah tulang yang dialami orang dewasa, kebanyakan mengalami patah pada bagian lengan. Padahal, tulang lengan manusia terdiri atas dua bagian, yakni radius dan ulna.

Dari jalinan dua tulang ini, ulna adalah bagian yang lebih rawan. Alasannya, ulna ada di bagian yang lebih luar dibandingkan dengan radius. Ulna juga lebih rentan terdampak jika terjadi sesuatu pada bagian lengan—misalnya tertimpa beban berat atau jatuh. Namun, dalam beberapa kasus patah tulang, bukan tidak mungkin radius dan ulna patah sekaligus.

 

Tulang lain yang juga rawan patah

Selain tulang lengan, beberapa tulang lain dalam tubuh manusia juga rawan patah. Salah satunya adalah selangka atau clavicle. Kasus patah tulang selangka ini sangat umum ditemukan pada anak-anak. Alasannya tak lain adalah karena tulang selangka sangat terlihat dari luar. Anda bisa melihatnya dari bentuknya yang menonjol pada permukaan kulit.

Tidak hanya tulang lengan dan selangka saja yang mudah patah, tulang kering atau tibia juga sangat rentan untuk patah. Alasannya sama dengan tulang lengan, tulang di bagian ini rentan patah karena pada kasus kecelakaan atau jatuh, daerah inilah yang paling sering terdampak. Akibatnya, tulang ini sangat rawan patah. 

 

Apa penyebabnya?

Penyebab tulang patah sangat beragam, bisa dari luar dan dalam tubuh manusia. Jika penyebabnya dari luar, biasanya adalah karena kecelakaan atau tertimpa beban berat. Namun, jika dari dalam, penyebabnya bisa sangat beragam. Mulai dari pengeroposan tulang atau osteoporosis, hingga karena penyakit lain seperti kanker.

Apabila penyebabnya dari luar, penanganannya tak lain adalah melalui tindakan bedah atau operasi. Biasanya dokter akan langsung merujuk Anda untuk melakukan operasi sesaat setelah mengalami kecelakaan yang berakibat pada patahnya tulang. Namun, untuk patah tulang karena faktor dari dalam, penanganannya bisa sangat variatif.

 

Langkah pencegahan

Supaya tidak terserang penyakit yang dapat menyebabkan kerusakan tulang (osteoporosis) hingga mengalami patah, Protecal Ladies bisa melakukan beberapa langkah pencegahan. Salah satunya adalah dengan rutin berolahraga. Dengan berolahraga, Anda bisa melatih tulang, sendi, sekaligus otot-otot yang ada di sekitar tulang.

Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen penambah kalsium seperti Protecal Solid. Protecal Solid ini bisa membantu mencukupi kebutuhan kalsium tubuh sehingga penyakit tulang seperti osteoporosis bisa dihindari. Tulang yang kuat tentu akan mengoptimalkan aktivitas harian Anda.