Manfaat pisang yang luarbiasa bagi tulang

Pisang adalah salah satu buah yang paling populer dimasyarakat. Dalam acara apapun pisang tak pernah ketinggalan untuk disajiikan. Sementara itu tiap keluarga rata-rata menyediakan pisang dirumah untuk pencuci mulut setelah makan. Pisang juga fleksibel, bisa langsung dimakan dengan mengupas kulitnya, maupun dibuat dalam bentuk makanan olahan. Jadi apakah manfaat buah pisang ini bagi kesehatan? Berikut info kandungan nutrisi yang ada pada buah pisang yang ternyata mempunyai khasiat luar biasa untuk kesehatan tubuh dan mampu membantu menguatkan tulang-tulang yang rapuh.

Rendah Kalori
Pisang yang manis ini ternyata jumlah kalorinya tidak setinggi seperti yang kita bayangkan. Jadi mengkonsumsi pisang akan memanjakan mulut, namun tanpa merusak diet Anda. Rata-rata dalam satu buah pisang hanya mengandung 110 kalori.

Bebas Lemak dan Kolesterol
Pisang secara alami bebas lemak dan kolesterol, jadi jika anda ingin bebas dari kolesterol tinggi, sebaiknya memilih pisang untuk mengganti beberapa makanan yang diproses dengan banyak minyak maupun mentega.

Kalium
Pisang sangat dikenal akan kandungan kaliumnya yang tinggi, yaitu lebih dari 400 mg kalium perbuah pisang ukuran sedang. Menurut para ali gizi, kalium sangat diperlukan saraf, fungsi otot, serta untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh kita. Kalium dalam pisang bisa membantu mencegah kram otot setelah latihan. Elektrolit yang bernama kalium ini juga bagus untuk mengendalikan tekanan darah tinggi.

Vitamin C
Seperti kebanyakan buah-buahan, pisang juga mengandung vitamin C cukup tinggi. Satu buah pisang ukuran sedang menyediakan sekitar 10 mg vitamin C, atau sekitar 15 persen dari kebutuhan harian yang disarankan. Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kesehatan sel, dan meningkatkan penyerapan nutrisi lain seperti zat besi.