Hindari 6 Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Osteoporosis

Protecal Ladies, penyakit tulang osteoporosis memang bisa dialami oleh siapa saja. Namun, beberapa orang di usia lanjut memiliki risiko lebih tinggi dan lebih cepat mengalami gangguan kepadatan tulang ini dibandingkan dengan mereka yang masih muda. Umumnya, osteoporosis ditandai dengan penurunan kualitas jaringan tulang yang menyebabkan berkurangnya massa tulang sehingga memicu tulang rapuh.

Selain diakibatkan karena kurang asupan kalsium, osteoporosis juga bisa muncul akibat 6 kebiasaan buruk yang tidak Anda sadari berikut ini.

 

Makan makanan asin secara berlebihan

Siapa sangka jika asupan garam berpengaruh besar terhadap risiko penurunan kepadatan tulang? Menurut dr. Frederick Singer, spesialis tulang dari Providence Saint John’s Health Center, Amerika Serikat, saat mengkonsumsi makanan asin secara berlebihan, maka natrium dalam darah meningkat sehingga tubuh melepaskan lebih banyak kalsium melalui urine. Dengan begitu, kebutuhan kalsium tulang tidak dapat dipenuhi secara optimal dan memicu risiko osteoporosis.

 

Kurang beraktivitas di luar ruangan

Setiap harinya selama 8 – 9 jam Anda banyak menghabiskan waktu untuk bekerja di dalam ruangan. Demikian pula ketika akhir pekan, Anda lebih memilih untuk beristirahat di rumah dibanding beraktivitas di luar ruangan. Padahal kebiasaan ini jika dibiarkan akan membuat tubuh kekurangan asupan vitamin D yang didapat dari sinar matahari. Perlu diketahui, vitamin D inilah yang membantu penyerapan kalsium dalam tulang sehingga wajib diperhatikan kadar pemenuhannya.

 

Diet protein

Belakangan tren diet protein kian populer terlebih bagi pria dan wanita yang ingin meningkatkan pembentukan massa otot. Sayangnya, diet protein justru akan membuat ginjal mengeluarkan lebih banyak kalsium melalui urine. Padahal kekurangan kalsium dalam tulang dapat mengakibatkan osteoporosis yang membuat tulang rapuh dan kehilangan kepadatannya.

 

Minum minuman bersoda dan beralkohol

Protecal ladies, minuman bersoda dan beralkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan menghambat penyerapan kalsium dalam tulang. Hal ini dikarenakan kandungan soda dan alkohol dapat mengurangi fungsi pankreas dan hati. Jika kondisi memburuk, maka minuman bersoda dan beralkohol juga mampu meningkatkan hormon kortisol dan menurunkan estrogen dan testosteron yang membuat tulang semakin rapuh.

 

Terlalu lama duduk di lantai

Orang yang menghabiskan waktu terlalu lama duduk di lantai ternyata berisiko tinggi terserang osteoporosis. Pasalnya, saat duduk di lantai sendi kaki sering kali tertekan dan menyebabkan beban tumpuan beralih pada tulang. Jika dilakukan dalam jangka panjang, maka tulang kaki menjadi lebih mudah kehilangan kepadatannya. Untuk itu, cobalah untuk duduk dengan posisi yang baik dan benar di atas kursi.

 

Merokok

Selain berbahaya untuk jantung dan paru-paru, rokok juga berdampak buruk bagi kesehatan tulang Anda. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh National Institute of Health Osteoporosis and Related Bone Diseases National Resource Center, perokok aktif memiliki kepadatan tulang jauh lebih rendah sehingga berisiko mengidap osteoporosis. Hal ini dipicu oleh radikal bebas yang dihasilkan oleh asap rokok yang meningkatkan produksi hormon kortisol di mana hormon ini justru melemahkan kepadatan tulang.

 

Untuk memenuhi asupan kalsium dalam tubuh, Anda bisa berinvestasi kalsium sejak dini dengan rutin mengkonsumsi Protecal Solid agar tulang lebih kuat kini dan nanti. Dikemas dalam wadah tube ataupun strip membuat Protecal Solid praktis dibawa bepergian ke mana saja dan kapan saja. Dengan begitu tak perlu lagi khawatir kekurangan asupan kalsium karena Protecal Solid aman dikonsumsi secara rutin.