Sebenarnya Jogging di Malam Hari, Baik untuk Kesehatan Tulang Tidak, sih?

Buat Anda yang punya aktivitas padat, berolahraga di malam hari menjadi alternatif untuk menjaga kesehatan. Melakukan jogging ringan setelah pulang kantor akan membuat Protecal Ladies merasa lebih fresh di pagi hari. Namun, apakah sebenarnya jogging di malam hari baik untuk kesehatan tulang? Simak penjelasannya berikut.

 

Jogging di malam hari membantu melemaskan otot

Apa keluhan yang sering Anda rasakan di pagi hari saat bangun tidur? Pegal atau tulang yang berderak? Semuanya bisa disebabkan oleh kondisi otot yang kaku selama Anda tidur. Saat tubuh tidak digerakkan, maka otot akan mendingin dan menjadi kaku. Akibatnya Anda akan merasa nyeri saat menggerakkan tubuh.

Nah, hal ini bisa dicegah jika Anda melakukan aktivitas fisik sebelum tidur. Salah satunya dengan jogging. Saat jogging, temperatur tubuh akan naik dan otot pun melemas. Saat otot lemas dan lentur, maka pergerakan tulang juga akan lebih leluasa. Risiko pegal dan tulang berderak saat Anda bangun tidur di pagi hari pun hilang!

 

Membantu produksi hormone yang baik untuk kesehatan tulang

Seperti yang sudah Anda ketahui, saat tubuh melakukan aktivitas fisik, maka produksi hormon baik pun akan lancar. Salah satunya adalah produksi hormon thyrotropin. Hormon yang satu ini bertugas menstimulasi kelenjar tiroid pada manusia. Nah, kelenjar tiroid ternyata berhubungan dengan sel-sel penyusun tulang.

Lancarnya produksi thyrotropin akan menyokong kinerja tiroid. Saat tiroid bekerja dengan baik, maka regenerasi sel-sel dalam tulang pun akan baik. Anda bisa mendukung lancarnya produksi thyrotropin dengan melakukan aktivitas fisik setelah melakukan kegiatan statis (duduk dalam waktu lama) seperti jogging usai pulang kantor.

 

Jogging melepaskan stress   

Tekanan saat bekerja mungkin akan menyebabkan kadar stress meningkat. Padahal stress juga bisa memengaruhi kesehatan tulang Anda. Untuk itu, Protecal Ladies perlu mencari kegiatan yang mampu melepaskan stress. Ternyata salah satu kegiatan yang mampu melepaskan stress pasca bekerja seharian adalah jogging.

Setelah melakukan jogging, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin. Hormon yang satu ini mampu menciptakan perasaan bahagia dan mengurangi kadar stres. Terlebih jika Anda melakukannya di malam hari yang relatif lebih tenang. Dijamin pikiran akan terasa lebih jernih dan ringan. Tulang pun akan tetap sehat dan kuat jika rutin melakukan jogging usai kerja.

 

Saat kegiatan Anda padat, berolahraga di malam hari mungkin akan menjadi pilihan. Meski banyak yang meragukan manfaatnya, ternyata melakukan aktivitas fisik seperti jogging di malam hari juga baik untuk kesehatan tulang. Jogging mampu menstimulasi produksi hormon yang baik untuk tulang seperti thyrotropin dan endorfin. Di samping itu, aktivitas fisik ringan ini juga dapat membuat Anda merasa lebih rileks setelah seharian bekerja. Yuk, coba jogging malam hari bersama!