Sepatu hak tinggi saat ini memang menjadi primadona para perempuan. Perempuan kerap memakainya di berbagai aktivitas seperti ke kantor, pesta, jalan-jalan, dan lainnya. Tapi tahukah Protecal Ladies bahwa dalam jangka panjang, sepatu berhak tinggi dapat menimbulkan banyak risiko? Yuk, kenali risiko apa saja yang bisa terjadi jika Anda terlalu sering memakai sepatu hak tinggi.

 

Perubahan jari kaki

Sepatu hak tinggi dapat menyebabkan tekanan secara terus menerus pada telapak kaki bagian depan. Terutama bila ujung sepatu lancip dan ukuran terlalu kecil sehingga dapat menyebabkan kelainan bentuk kaki, di antaranya hammer toes atau kondisi tiga jari kaki paling tengah jadi bengkok. Kondisi ini terjadi ketika ujung jari kaki dipaksa turun oleh sepatu hak dan mengakibatkan deformitas.

Risiko lainnya adalah bunion atau benjolan tulang pada sendi di pangkal jempol kaki. Pertumbuhan tulang yang disebabkan oleh bunion dapat menimbulkan rasa nyeri dan jempol kaki bengkok.

 

Perubahan postur tubuh

Menggunakan sepatu hak tinggi akan mengharuskan Protecal Ladies untuk menyesuaikan postur tubuh demi menjaga keseimbangan. Kaki akan menumpu tambahan beban tubuh sebesar 20% sehingga otot-otot pinggul dan lutut harus bekerja lebih keras. Lutut akan mendapat tekanan lebih besar dan dalam jangka panjang akan menimbulkan perubahan postur tubuh yang berujung pada munculnya berbagai gangguan tubuh.

 

Fraktur halus

Sepatu dengan hak tinggi bisa menekan tulang telapak, jari-jari kaki, dan saraf-saraf di area sekelilingnya. Hal ini dapat menyebabkan fraktur halus atau keretakan. Tekanan berlebihan pada telapak kaki bagian depan dapat menyebabkan rasa sakit akut dan keretakan pada tulang kaki (metatarsalgia). Selain itu, stiletto atau hak tinggi dengan ujung lancip juga berisiko tinggi membuat Protecal Ladies keseleo dan jatuh.

 

Peradangan sendi dan tendon

Tekanan pada lutut karena sepatu hak tinggi dapat memicu osteoarthritis. Hal ini lantaran gesekan ujung tulang penyusun sendi mengakibatkan peradangan dan rasa nyeri.  Selain osteoarthritis, pemakaian sepatu hak juga dapat menimbulkan peradangan pada tendon. Kondisi ini bisa terjadi akibat peradangan pada tendon Achilles atau jaringan ikat yang menghubungkan otot betis di kaki bawah bagian belakang ke tulang tumit.

Penyakit ini disebut Achilles tendinitis yang menyebabkan nyeri dan bengkak pada tumit ketika berjalan. Jika hal ini terjadi terus menerus, maka tendon Achilles akan robek dan dapat membuat Anda tidak bisa berjalan.

 

Melihat banyaknya risiko yang ditimbulkan oleh sepatu hak tinggi, ada baiknya bila kebiasaan tersebut dikurangi. Bukan berarti Protecal Ladies harus berhenti memakai sepatu hak tinggi secara total. Namun, bisa dengan memilih sepatu yang haknya sekitar 2-4 cm saja, selingi penggunaan sepatu hak dengan flat shoes, dan juga hindari memilih ujung sepatu hak yang terlalu lancip.

fact
27/07/2018

Bersepeda merupakan salah satu olahraga kardio yang baik untuk menjaga kinerja jantung, melatih otot, dan menguatkan tulang. Namun, di Indonesia belum banyak lokasi yang memang didesain untuk bersepeda. Terutama jika kamu berada di kota besar yang lebih padat bangunan daripada ruang untuk bersepeda. Namun, bukan berarti hal tersebut mustahil dilakukan. Protecal Ladies dapat mulai bersepeda di kota besar dengan cara-cara ini.

 

Kendarailah Sepeda yang Tepat

Hal pertama yang harus Protecal Ladies lakukan untuk bisa bersepeda di kota besar di Indonesia adalah memiliki sepeda yang tepat untuk bersepeda di perkotaan. Tanpa adanya kendaraan yang tepat, Anda tidak akan dapat bersepeda di perkotaan dengan aman dan nyaman.

Sepeda dengan penghubung roda gigi internal telah dikenal sebagai salah satu jenis sepeda yang cocok bagi daerah perkotaan. Bagi Protecal Ladies yang sering mengalami rantai sepeda yang terlepas, jenis sepeda ini cocok untuk Anda. Selain itu, sepeda jenis ini juga lebih mudah dirawat karena tidak harus dibersihkan secara berkala.

 

Gunakan Pengaman

Berkendara di kota besar membutuhkan keamanan tinggi. Hal ini dikarenakan jalanan di kota besar akan selalu dipenuhi berbagai macam kendaraan, mulai dari yang kecil hingga besar seperti truk. Begitu pula saat Protecal Ladies mengendarai sepeda, harus disertai dengan keamanan yang memadai.

Protecal Ladies bisa menggunakan helm, pelindung lutut, dan pelindung siku. Pasangkanlah dengan benar supaya bisa benar-benar melindungi Anda. Anda harus memilih pelindung yang tepat dan terbuat dari bahan yang benar-benar aman. Tanpa bahan dengan kualitas yang baik, pelindung tersebut tidak akan berfungsi maksimal.

 

Beri Tanda

Kekurangan sepeda kayuh jika dibandingkan dengan moda transportasi lainnya adalah tiadanya lampu penanda. Lampu penanda biasanya digunakan saat kendaraan akan berbelok atau lebih umumnya digunakan untuk memperjelas keberadaan suatu kendaraan. Dengan adanya lampu ini, kecelakaan dapat diminimalisir.

Untuk itu, saat Protecal Ladies bersepeda di kota besar, Anda perlu memberikan tanda sesaat sebelum berbelok atau berganti posisi. Tanda ini bisa berupa gerakan tangan atau menoleh. Saat berbelok ke kanan, Anda bisa mengayunkan tangan kanan Anda, begitu pula sebaliknya.

Tidak hanya itu, Protecal Ladies juga perlu memberikan tanda supaya keberadaan Anda dapat dikenali pengguna jalan lainnya. Protecal Ladies bisa menggunakan pakaian berwarna cerah atau helm yang mencolok.

 

Jangan Takut

Keadaan jalanan yang ramai seringkali menyebabkan pengguna jalan merasa panik, terutama dengan adanya kendaraan yang lebih besar atau pengendara yang berlaku tidak sesuai aturan. Untuk itu, kunci utama saat bersepeda di jalanan kota besar di Indonesia adalah dengan menghilangkan rasa takut.

 

Protecal Ladies tidak akan bisa bergerak jika belum bisa mengalahkan rasa takut tersebut. Oleh karena itu, jangan takut dan mulailah bersepeda. Tetap berhati-hati, ya!

tips
26/07/2018

Protecal Ladies, menurut penelitian terbaru dari Perancis, wanita yang kurus cenderung akan memiliki kualitas kepadatan tulang yang rendah sehingga potensi untuk terserang osteoporosis akan semakin meningkat. Apakah benar seperti itu? Simak bagaimana kesehatan tulang dipengaruhi oleh massa tubuh melalui ulasan di bawah ini.

 

Anoreksia

Kurus identik dengan pola makan yang salah. Salah karena asupan gizi seseorang tidak dapat diserap secara sempurna, mengakibatkan massa tubuh tidak bertambah. Gangguan pola makan juga dapat menyebabkan seseorang menjadi kurus. Nah, salah satu contoh gangguan pola makan adalah anoreksia.

Saat seseorang didiagnosa mengidap anoreksia, ciri-ciri fisik yang dapat terlihat adalah bentuk tulang yang menonjol. Hal ini dikarenakan penderita anoreksia kekurangan massa lemak tubuh sehingga bagian tulangnya terlihat menonjol. Kondisi ini berbahaya bagi tulang Anda, Protecal Ladies.

Dari penelitian yang dilakukan oleh Centre Hospitalier Universitaire de Saint-Etienne (CHU) ditemukan bahwa hampir separuh wanita yang didiagnosis anoreksia memiliki kecenderungan penurunan kepadatan tulang. Penyebabnya adalah mereka defisit kalsium dan mineral yang merupakan zat utama penyusun tulang.

 

Kekurangan Kalsium

Saat melakukan diet, kebanyakan orang akan memperbanyak konsumsi protein dan serat sekaligus membatasi konsumsi lemak dan karbohidrat. Padahal, jika ditilik lebih jauh, sering kali produk-produk yang mengandung lemak dan karbohidrat juga kaya akan kalsium dan mineral yang dibutuhkan tulang Anda.

Oleh karena itu, saat tubuh menjadi kurus karena diet atau gangguan pola makan, kepadatan tulang juga akan berkurang karena asupan nutrisinya tidak terpenuhi. Kekurangan lemak juga mempengaruhi kepadatan tulang karena lemak merupakan bahan bakar penghasil hormon estrogen yang baik untuk tulang.

 

Kerusakan Tulang

Selain mengancam kepadatan tulang, menurut Archives of Internal Medicine, wanita yang memiliki tubuh kurus juga tinggi risikonya akan kerusakan tulang, terutama pada bagian pinggul. Ini didasarkan oleh penelitian yang telah dilakukan terhadap 3,683 responden. Ini akan berbahaya terutama bagi wanita karena pinggul merupakan penyangga utama organ rahim yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan wanita.

 

Cara Mengatasinya

Ahli diet asal Amerika Serikat, Sian Porter mengatakan bahwa satu-satunya jalan untuk mengatasi ini adalah dengan menambahkan bobot dan massa tubuh seseorang yang memiliki berat badan di bawah rata-rata. Dengan meningkatkan massa tubuh, maka tulang akan lebih terlindungi.

Lalu, bagaimana caranya meningkatkan massa tubuh?

Untuk meningkatkan massa tubuh, Protecal Ladies bisa memulai dengan menambahkan snack di antara waktu makan, meminum susu sebelum tidur (karena susu kaya akan kalsium dan lemak), dan menambahkan sereal atau roti yang kaya mineral di waktu sarapan. Hal-hal ini tidak akan memakan banyak waktu. Jika Protecal Ladies ingin yang lebih praktis untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan mineral dapat dilakukan dengan mengkonsumsi Protecal Solid yang segar atau Protecal Bone yang praktis

fact
19/07/2018

Bekerja seharian di kantor dalam kondisi duduk terlalu lama dan menatap layar komputer berjam- jam ternyata dapat menimbulkan berbagai risiko penyakit. Metabolisme tubuh akan melambat dan memicu berbagai gangguan kesehatan. Mungkin efeknya tidak sekarang, namun risiko ini bisa menghampiri para pegawai kantoran dalam 5-10 tahun mendatang. Bagaimana cara mengantisipasinya? Berikut tips gerakan sederhana agar Protecal Ladies bisa sedikit berolahraga di kantor

 

Peregangan badan dan leher
Gerakan ini mudah dilakukan dalam kondisi duduk tegap di kursi Anda. Angkat kedua tangan ke atas kepala, kemudian luruskan. Lalu, miringkan tubuh ke kiri sampai kemiringan sekitar 450. Tahan posisi selama 10-30 detik lalu ulangi untuk sisi lainnya secara bergantian. Selanjutnya, Protecal Ladies juga bisa melakukan peregangan leher. Posisi awal tetap duduk di kursi, kemudian tarik kepala secara perlahan ke arah bahu kanan dengan tangan kanan hingga Anda merasakan sedikit peregangan pada otot leher. Tahan posisi ini selama 10–15 detik kemudian bergantian sisi kiri.

 

Desk squat
Pertama-tama, tepikan dulu kursi Anda, lalu berdirilah dengan kedua kaki. Tekuk lutut dengan perlahan sampai paha hampir sejajar dengan lantai. Saat menekuk lutut, angkat lengan lurus ke atas atau ke arah layar komputer. Usahakan lutut Anda tetap sejajar, ya. Tahan posisi ini selama 15 detik, lalu lepaskan. Ulangi latihan ini sebanyak 4-6 kali ya, Protecal Ladies.

 

The wall (street) sit
Berdirilah tegap dengan posisi punggung menempel di dinding. Kemudian, tekuk lutut dan geser punggung hingga paha sejajar dengan lantai. Duduk dan tahan posisi ini selama 30-60 detik. Untuk membakar kalori lebih banyak lagi, Protecal Ladies bisa menyilangkan pergelangan kaki kanan di atas lutut kiri, kemudian tahan selama 15 detik. Protecal Ladies juga dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk membaca majalah atau buku.

 

Peregangan punggung dan kaki
Duduklah tegap di kursi dan selonjorkan kedua kaki ke depan. Turunkan badan untuk meraih jari kaki kiri dan tahan posisi selama 10-30 detik, lalu secara perlahan kembalilah ke atas untuk turun lagi meraih jari kaki kanan. Lakukan bergantian di tiap sisi. Sementara untuk peregangan kaki, peluk dan tarik salah satu kaki ke atas hingga menyentuh dada. Tahan posisi tersebut selama 10-30 detik dan ulangi secara bergantian untuk sisi satunya.

 

The office genie
Pertama, duduklah di kursi kemudian angkat kaki ke posisi silang. Lalu, letakkan tangan pada lengan kursi dan dorong ke atas untuk mengangkat tubuh Anda dari kursi. Tahan posisi tersebut selama 10-20 detik, lalu duduklah kembali ke kursi. Istirahatlah selama satu menit dan ulangi gerakan tersebut.

 

Nah, caranya cukup mudah kan, Protecal Ladies? Sekarang tak ada alasan lagi untuk tidak berolahraga dan menerapkan gaya hidup sehat. Gerakan-gerakan tadi cukup efektif untuk mengatasi pegal. Anda bisa mencobanya kapan saja di sela-sela mengerjakan aktivitas kantor. Selamat berolahraga!

tips
18/07/2018
The Latest Article

Protecal Ladies, setiap kehamilan memiliki gejala yang berbeda-beda antara satu ibu hamil dengan ibu hamil lainnya. Namun, sebagian besar ibu hamil akan merasakan demam dan nyeri tulang selama masa kehamilan terutama ketika memasuki trimester akhir. Untuk itu, asupan nutrisi terutama kalsium yang dibutuhkan ibu hamil lebih besar. Jika tidak terpenuhi dengan baik, maka janin akan mengambil asupan nutrisi langsung dari ibu sehingga menyebabkan perubahan metabolisme tubuh ibu dan berkurangnya kepadatan tulang selama hamil.

 

Menurunkan demam saat hamil tanpa obat-obatan

Demam mungkin menjadi salah satu masalah sepele yang harus dihadapi oleh ibu hamil. Akan tetapi, mengkonsumsi obat demam selama masa kehamilan harus berdasarkan resep dan anjuran dokter. Umumnya, dokter kandungan hanya menganjurkan penggunaan Paracetamol dan Ibuprofen sebagai obat pereda demam dengan ketentuan-ketentuan khusus.

Nah, apabila kondisi kehamilan Anda tidak memungkinkan untuk mengkonsumsi obat penurun demam maka ada cara-cara lain yang dapat dilakukan. Pertama, pastikan untuk tetap berada di dalam ruangan dengan udara sejuk agar suhu tubuh dapat menurun. Kedua, perbanyak minum air putih agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Ketiga, mandi dengan air hangat sehingga panas tubuh dapat menguap dan secara otomatis demam ikut menurun.

 

Ketahui kebutuhan asupan kalsium saat hamil

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG), ibu hamil dan menyusui membutuhkan asupan kalsium sekitar 1.200 – 1.300 mg/hari. Jumlah tersebut tentu dua kali lipat lebih banyak daripada asupan nutrisi yang dibutuhkan sebelum memasuki kehamilan. Tak heran apabila ibu hamil disarankan untuk memperbanyak asupan kalsium yang dapat diperoleh dari susu, keju, sayuran hijau, ikan, dan kacang-kacangan.

Sayangnya, pada beberapa kasus kehamilan, memenuhi kebutuhan asupan kalsium dengan sumber-sumber makanan tadi tidaklah cukup. Oleh karena itu, Anda juga diminta untuk mengkonsumsi suplemen kalsium. Protecal Solid menjadi salah satu suplemen kalsium yang disarankan karena mengandung Kalsium dan vitamin D yang cukup tinggi. Dengan minum Protecal Solid, tulang jadi lebih kuat dan terhindar dari masalah nyeri tulang.

 

Nyeri tulang saat hamil dapat menyerang tangan dan kaki

Protecal Ladies, selama kehamilan umumnya nyeri tulang yang terjadi menyerang bagian punggung bawah akibat perubahan hormon, perubahan berat badan, hingga perkembangan janin. Namun demikian, nyeri tulang saat hamil ternyata juga dapat menyerang bagian tangan dan kaki ibu hamil. Biasanya nyeri tulang pada tangan mengakibatkan kram dan kesemutan. Pada beberapa kasus terjadi pula pembengkakan jari-jari tangan sehingga cincin nikah tidak bisa digunakan lagi.

Sementara itu, ibu hamil yang memasuki usia kehamilan trimester ketiga juga akan mengalami nyeri tulang kaki. Ditandai dengan pembengkakan pada kedua kaki yang disebabkan oleh pembuluh darah yang tertekan. Kram dan kaku juga terjadi apabila ibu hamil kekurangan kalsium selama masa kehamilan. Pada kasus yang sudah cukup kronis, ibu hamil akan merasakan kaki yang terasa berat dan sulit digerakkan.

 

Meski terlihat normal, demam dan nyeri tulang bisa menjadi pertanda kesehatan ibu hamil yang menurun. Untuk itu, jika demam dan nyeri tulang tak kunjung berkurang segeralah berkonsultasi pada dokter kandungan. Sebagai langkah pencegahan, pastikan selama kehamilan Anda tetap berolahraga santai secara teratur serta menerapkan pola hidup yang sehat. Dan jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan kalsium tulang Anda dengan rutin mengkonsumsi Protecal Solid yang terbukti praktis dan aman dikonsumsi bagi ibu hamil.

fact
2018-11-16

Pada dasarnya nyeri punggung merupakan hal yang wajar dialami selama masa kehamilan, terlebih pada trimester akhir jelang persalinan. Nyeri punggung ini tentu disebabkan karena tekstur ligamen akan lebih lembut dan meregang, sehingga beban yang harus ditopang oleh area persendian punggung bagian bawah dan panggul lebih berat. Jika dibiarkan berlarut-larut, nyeri punggung saat hamil justru akan mengganggu kelancaran aktivitas lainnya.

Tak perlu khawatir, Protecal Ladies dapat melakukan 5 gerakan ini untuk mengatasi nyeri punggung saat hamil. Apa saja? Yuk perhatikan baik-baik dan coba sendiri di rumah!

 

Triangle pose

Gerakan triangle pose bertujuan untuk meregangkan otot-otot area punggung dan kaki. Triangle pose dapat dimulai dengan kaki terbuka lebar, lalu putar kaki kanan hingga posisi tumit berhadapan dengan kaki kiri. Lanjutkan dengan merentangkan tangan lurus ke kanan/kiri (posisi telapak tangan menghadap lantai). Kemudian bungkukkan badan ke samping kanan dan posisikan tangan kanan tepat di atas pergelangan kaki, sementara tangan kiri lurus menghadap langit-langit. Tahan posisi tersebut selama kurang lebih 15 detik, ulangi pada arah berlawanan.

 

Overhead pulldown

Untuk memperkuat area punggung tengah dan bawah, cobalah gerakan overhead pulldown. Caranya, mulailah dengan berdiri tegak sambil mengangkat tangan ke atas kepala. Tarik lengan ke bawah dengan posisi siku menekuk ke samping hingga posisi tangan setinggi bahu. Kembalikan ke posisi semula dan ulangi hingga 10 kali. Jika sudah mulai terbiasa dengan gerakan ini, Anda bisa menambahkan dumbell seberat 0,5 kilogram di masing-masing tangan.

 

Forward bend

Protecal Ladies, untuk mengatasi nyeri punggung saat hamil bisa melakukan gerakan forward bend. Gerakan forward bend sendiri bertujuan agar punggung lebih kuat dan terasa rileks. Gerakan ini dapat dilakukan dengan posisi duduk di atas kursi dengan alas dan sandaran yang keras. Biarkan lengan berada pada posisi rileks dan rentangkan lurus ke depan. Kemudian bungkukkan tubuh ke depan secara perlahan hingga lengan menggantung. Tahan posisi ini selama 3 – 5 hitungan dan ulangi gerakan ini.

 

Trunk twist

Trunk twist adalah gerakan yang dapat Anda lakukan untuk meregangkan punggung bagian atas. Mulailah gerakan ini dengan duduk sambil menyilangkan kaki di atas permukaan lantai. Letakkan tangan kiri di atas kaki kiri, sementara tangan kanan diposisikan ke belakang tubuh hingga menyentuh lantai. Lanjutkan dengan putar tubuh bagian atas ke kanan hingga melewati bahu kanan secara perlahan-lahan. Ulangi gerakan yang sama di sisi lainnya selama 10 hitungan.

 

Back press

Menjaga postur tubuh tetap ideal sambil menguatkan punggung atas saat hamil dapat dilakukan melalui gerakan back press. Untuk melakukan gerakan ini, Protecal Ladies dapat berdiri dengan posisi punggung bersandar di dinding. Pastikan posisi kaki Anda berjarak sekitar 25 sentimeter dari dinding. Kemudian tekan bagian bawah punggung ke dinding dan tahan selama 10 hitungan, Ulangi gerakan back press hingga nyeri punggung Anda mulai mereda.

 

Protecal Ladies, menjaga kesehatan tulang selama kehamilan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Jangan lupa untuk penuhi kebutuhan kalsium harian dengan Protecal Bone Kaplet yang tinggi Kalsium dan vitamin D guna menjaga tulang tetap sehat. Suplemen tulang dari Protecal ini praktis dan aman dikonsumsi bagi ibu hamil maupun penderita maag. Tunggu apalagi? Segera penuhi kebutuhan kalsium harian Anda dengan Protecal Bone Kaplet.

tips
2018-11-13

Apakah Anda pernah merasakan nyeri tulang belakang? Hampir setiap orang pernah merasakan hal ini. Penyababnya pun beragam, mulai dari faktor usia, gangguan struktur tulang belakang, dan mengalami ketegangan otot. Meski wajar terjadi, nyeri tulang belakang bisa berbahaya apabila dibiarkan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada lima cara mudah untuk mengatasinya. Apa saja? Ini dia di antaranya.

 

Olahraga kecil dengan melakukan peregangan tiap hari

Memulai hari dengan melakukan peregangan selagi di tempat tidur sangat dianjurkan. Karena setelah berbaring selama delapan jam, tubuh akan menjadi lemas. Jika Anda tiba-tiba berdiri, risikonya dapat mengalami cedera punggung. Maka dari itu, ada baiknya sebelum bangun dari tempat tidur, perlahan regangkan lengan Anda ke atas kepala. Lalu, tarik lutut ke arah dada secara bergantian. Setelah itu bergulirlah ke sisi tempat tidur dan gunakan lengan untuk membantu mengangkat tubuh.

 

Hindari membungkuk saat mengambil sesuatu

Membungkuk sering sekali kita lakukan. Contohnya saja ketika mengambil sesuatu yang terjatuh atau hal lainnya. Tanpa disadari, saat Anda membungkuk, risiko cedera tulang punggung akan meningkat. Untuk menghindarinya, Anda bisa menggunakan alat pemegang yang panjang. Bila tidak ada, coba lakukan dengan cara berlutut dan gunakan pelindung lutut untuk mengambil sesuatu. Contohnya seperti saat sedang berkebun.

 

Usahakan badan untuk terus bergerak

Istirahat memang diperlukan untuk tubuh agar tetap bugar. Namun, telalu banyak mengistirahatkan tubuh ternyata membawa dampak buruk pada tulang kita, yakni dapat memperlemah otot-otot tulang. Maka dari itu, jangan terlalu lama berbaring di tempat tidur lebih dari dua hari ketika Anda sakit. Usahakan untuk bangun sekurang-kurangnya satu jam untuk melakukan peregangan atau berjalan-jalan. Meskipun terlihat sederhana, jalan-jalan memiliki efek positif untuk tulang sehingga risiko nyeri tulang belakang bisa diminimalisir.

 

Pasang bantalan di bagian bawah punggung

Faktor selanjutnya yang jadi penyebab nyeri punggung adalah tempat tidur yang tidak merata. Jika terlalu lama dibiarkan, hal ini akan berbahaya bagi kesehatan tulang belakang Anda. Sebagai cara mengatasinya, Anda bisa memasang bantalan dari karet busa berbentuk bundar yang tersedia dan dijual di toko perlengkapan medis. Menggunakan alat ini dapat mempertahankan lengkung alami tulang punggung Anda dan mencegah nyeri. Anda bisa memasangnya di antara kursi dan punggung bagian bawah.

 

Penuhi asupan nutrisi untuk tulang

Terakhir, imbangi pula kesehatan tulang belakang Anda dari dalam. Protecal Ladies wajib memenuhi asupan kalsium demi memperkuat struktur tulang. Selain makan banyak buah dan sayuran, asupan kalsium dalam tubuh juga bisa Anda penuhi dengan mengkonsumsi suplemen khusus seperti Protecal Osteo. Kandungan kalsium dan vitamin D yang tinggi tak hanya menjaga kesehatan tulang, tapi juga membantu mencegah osteoporosis.

 

Nah, mulai sekarang Protecal Ladies bisa melakukan beberapa cara di atas untuk mengatasi nyeri tulang belakang. Bagi yang tidak memiliki keluhan ini, tidak ada salahnya menjaga diri dengan rajin minum Protecal, ya!

tips
2018-11-02