Pentingnya tes kepadatan tulang

Photo: http://tabloidnova.com/Kesehatan/Umum/Cara-Tepat-Diagnosa-Osteoporosis

Dulu osteoporosis baru dapat dideteksi setelah terjadi patah tulang. Sebelum dapat dideteksi, tulang anda dapat menjadi rapuh. Saat ini tes kepadatan tulang yang disebut densitometri dapat menentukan apakah anda memiliki osteoporosis atau berisiko osteoporosis sebelum terjadi patah tulang.

Apakah tes kepadatan massa tulang?

Tes kepadatan massa tulang menggunakan sinar X khusus untuk mengukur jumlah kalsium (dalam gram) dan mineral tulang lainnya (yang dikenal dengan kandungan mineral tulang) yang terkumpul dalam bagian tulang. Semakin tinggi kandungan mineral anda, semakin padat massa tulang anda, maka semakin kuat tulang anda dan kemungkinan untuk patah menjadi kecil. Dokter menggunakan tes kepadatan massa tulang untuk mengetahui apakah anda memiliki atau berisiko osteoporosis.

Tes kepadatan massa tulang tidak sama dengan scan tulang. Scan tulang membutuhkan injeksi sebelumnya dan umumnya digunakan untuk mendeteksi patah tulang (fraktur), kanker, infeksi, dan ketidakwajaran lain dalam tulang.

Semakin tua usia anda, risiko terhadap osteoporosis semakin tinggi karena tulang anda semakin melemah seiring dengan usia. Ras juga membuat perbedaan dimana ras kulit putih atau keturunan asia tenggara memiliki risiko terbesar. Laki-laki dan wanita kulit hitam dan hispanik memiliki risiko yang signifikan meskipun rendah. Faktor risiko lain osteoporosis meliputi berat badan rendah, riwayat fraktur dan riwayat osteoporosis keluarga dan mengkonsumsi obat-obatan yang dapat menyebabkan hilangnya kepadatan tulang.

Tes kepadatan massa tulang itu mudah, cepat dan tidak sakit. Tidak diperlukan persiapan apa pun. Bahkan, beberapa tes kepadatan massa tulang versi mudahnya dapat dilakukan di toko obat atau apotek.  Tes kepadatan massa tulang umumnya hanya dilakukan pada tulang yang biasanya patah karena osteoporosis. Bagian ini meliputi tulang belakang lumbal yang merupakan bagian punggung bawah, bagian leher sempit tulang paha yang bergabung dengan pinggul, dan tulang pergelangan tangan dan lengan bawah.  Peralatan untuk tes kepadatan massa tulang meliputi mesin yang besar dimana anda bisa merebahkan diri (alat utama/central devices) seperti mesin portabel yang kecil yang dapat mengukur kepadatan massa tulang bagian perifer kerangka seperti jari, pergelangan tangan, dan tumit.

Alat utama atau central devices untuk tes kepadatan tulang yaitu Scan DXA dan CT Scan Kuantitatif.

  • Scan DXA. Scan dual energy X-ray absorptiometry(DXA) mengukur kepadatan massa tulang pada pinggul dan tulang belakang. Tes ini memberikan hasil yang tepat dan merupakan tes yang lebih disukai untuk mendiagnosis osteoporosis. Tes ini biasanya memerlukan waktu 5-10 menit.
  • CT Scan Kuantitatif. Tes ini menggunakan computerized tomography (CT) scanner yang dikombinasikan dengan software komputer untuk menentukan kepadatan massa tulang biasanya pada tulang belakang. Quantitative CT (QCT) scans menyediakan detil, gambar tiga dimensi dapat digunakan untuk mengukur efek penuaan dan penyakit lain disamping osteoporosis pada tulang anda. Biasanya memerlukan waktu kurang dari 10 menit.

Selain alat utama, ada juga yang disebut dengan alat perifer. Alat Perifer tidak semahal alat utama (central devices). Tapi, mesin yang lebih kecil ini memiliki batasan. Pengukuran yang dilakukan pada pinggul dan tulang belakang lebih akurat untuk mengukur risiko osteoporosis karena pada lokasi tersebut fraktur sering terjadi. Pengukuran kepadatan massa tulang pada tumit dan jari dapat digunakan untuk mendeteksi osteoporosis. Bila tes tersebut positif, dokter anda mungkin merekomendasikan scan DXA pada tulang belakang dan pinggul untuk meyakinkan diagnosis.

Tes kepadatan massa tulang dapat memberitahu apakah anda memiliki kepadatan massa tulang yang rendah tapi tidak bisa menjelaskan penyebabnya. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, anda memerlukan pemeriksaan medis lengkap termasuk riwayat dan pemeriksaan fisik. Informasi ini akan dapat menolong dokter anda menginterpretasikan hasil tes kepadatan massa tulang.

Untuk menjadikan tulang sehat sebaiknya tetap rutin mengkonsumsi suplemen yang terbukti baik bagi kesehatan tulang. Untuk masalah kepadatan tulang maka segera konsumsi Protecal Osteo yang memiliki komposisi Vitamin D 400 IU, Vitamin K 200 mcg, kalsium 600mg.