Lompatlah untuk tulang kuat

Photo: http://www.huffingtonpost.com/2015/02/18/jump-rope-workouts_n_6679494.html

Ingin punya tulang kuat dan padat agar struktur tubuh bagus? Banyak upaya yang bisa dilakukan dan salah satu cara termudah untuk mendapatkannya adalah dengan cara melompat. Kok bisa? Ya, untuk mendapatkan dan meningkatkan kekuatan tulang bisa dengan cara melompat secara berulang-ulang yang dilakukan dalam rutinitas mingguan.

Dikutip dari The New York Times, Sabtu (18/12/2010) penelitian terbaru menemukan bahwa melompat secara teratur sebagai bagian dari olahraga bisa meningkatkan densitas (massa) tulang terutama pada orang dewasa.

Sebuah studi yang dilakukan di Jepang melaporkan massa tulang meningkat setelah melompat sebanyak 40 kali per minggu. Sedangkan studi lain yang dilakukan Christian Snow dari Oregon State University dan dilaporkan dalamJournal of Gerontology: Medical Sciences tahun 2000 menemukan perempuan dengan massa tulang memadai dan melompat sebanyak 50 kali sehari mendapatkan peningkatan massa tulang yang signifikan selama periode lima tahun.

Selain itu juga dilakukan dengan latihan gabungan secara teratur bisa lebih meningkatkan kepadatan tulang. Latihan gabungan disini adalah dengan melakukan jongkok dan menekuk lutut serta duduk dan bangkit dari kursi.  Latihan ini bisa memperkuat tubuh sebelum melakukan lompatan. Kegiatan lainnya yang dikaitkan dengan massa tulang lebih tinggi pada perempuan lansia adalah berjalan cepat.

Olahraga yang berdampak tinggi (high impact) termasuk berjalan, latihan pliometrik, lompat tali atau latihan apapun yang melibatkan kedua kakinya diangkat dari tanah pada saat bersamaan. Peneliti mengungkapkan latihan yang dilakukan ini termasuk olahraga kardio yang bisa berfungsi membakar kalori atau lemak berlebih di tubuh dan juga membantu memperkuat tulang.

Selain itu setiap gerakan yang memberikan tekanan pada tulang belakang bagian pinggul dan tulang lainnya bisa membantu tulang tetap sehat dan kuat. Serta peregangan yang teratur membuat tulang tetap lentur, biasanya hanya dibutuhkan waktu 5 menit untuk lakukan peregangan. Melompat secara teratur juga memiliki manfaat lain bagi tubuh yaitu meningkatkan keseimbangan. Dengan keseimbangan tubuh yang baik akan membuat seseorang terhindar dari jatuh, sehingga menjaga tulang agar tidak patah. Serta memberikan stabilitas yang lebih baik serta membantu mengurangi rasa sakit dari artritis.

Tulang yang kuat bisa membantu melindungi organ-organ vital di dalam tubuh serta menjaga kesehatan otot. Umumnya beberapa hal bisa menjadi faktor risiko hilangnya massa tulang, seperti mengonsumsi rendah kalsium, kurang latihan fisik, penuaan, mengonsumsi alkohol dan tembakau, memiliki kadar tiroid tinggi, riwayat keluarga osteoporosis, berkulit putih atau menggunakan obat-obatan tertentu.