Kuatkan tulang dengan latihan kelenturan

Photo : http://www.yoga.id/mau-latihan-yoga-rumah-simak-tips-nya-sini/

Menjaga kesehatan tulang akan membantu anda tetap aktif hingga usia lanjut. Mulailah aktifitas sehari-hari dengan banyak bergerak. Gerakan-gerakan tertentu dalam kegiatan sehari-hari dapat membantu untuk memperkuat tulang. Berikut ini beberapa aktifitas yang sangat baik untuk kesehatan tulang:

  • Naik-turun tangga. Naik turun tangga termasuk latihan menahan beban (weight bearing) yang baik untuk melatih kekuatan tulang.
  • Berjalan cepat. Berjalan cepat merupakan latihan yang mampu menguatkan tulang. Parkir mobil agak jauh dari kantor, datang lebih pagi agar Anda dapat berjalan cepat lebih lama untuk mendapat manfaat dari aktifitas “ringan” tersebut.
  • Membawa beban. Beban dalam batas tertentu dapat memperkuat tulang, tetapi waspada kemungkinan cedera. Usahakan membawa beban yang sama di kedua tangan atau kedua bahu (misalnya ransel).
  • Gerakan menari. Memiliki hobi menari ternyata positif untuk kesehatan tulang. Menari membuat hati gembira sekaligus tubuh sehat.

Olahraga tepat untuk tulang kuat

Olahraga aerobik rutin dengan intensitas sedang sekali seminggu selama sekitar 2 jam dianjurkan untuk mengurangi risiko patah tulang panggul dan nyeri sendi. Penelitian membuktikan mereka yang berolahraga rutin lebih tahan terhadap nyeri dan lebih mampu melakukan aktifitas sehari-hari dibandingkan yang tidak.

Prinsip menjaga kekuatan tulang adalah dengan latihan. Aktifitas fisik terbukti menjaga kekuatan tulang. Orang yang terus berbaring akan berkurang kekuatan tulangnya dibandingkan orang yang aktif. Salah satu caranya adalah dengan olah raga rutin. Berikut cara melatih kekuatan tulang.

Latihan kelenturan

Prinsipnya menjaga penunjang kekuatan tulang yaitu sendi dan otot karena tulang kuat untuk membutuhkan sendi dan otot yang lentur yang pada akhirnya akan mencegah dari cedera atau patah tulang.

  • Latihan peregangan
  • Yoga
  • Tai chi

Latihan weight bearing

Prinsipnya adalah olah raga yang bertumpu pada kekuatan kedua kaki dan tulang belakang (berdiri). Lama waktu

  • Berjalan cepat
  • Mendaki gunung
  • Menari
  • Naik turun tangga

 

Latihan resistensi

Prinsipnya adalah latihan menahan beban untuk menjaga kekuatan otot dan membangun tulang.

  • Latihan menahan beban
  • Olahraga air. Segala gerakan dalam air membuat otot kita bekerja lebih berat
  • Mengangkat barbel dengan berbagai variasi kekuatan sesuai kemampuan masing-masing.