Bersepeda untuk kesehatan tulang

Photo : http://www.twistedpolygon.net/benefits/benefits-of-riding-bike-bicycle

Rutin berolahraga dapat membuat tulang menjadi lebih kuat. Selain itu, olahraga juga dapat mencegah pengeroposan tulang. Tapi, sebaiknya pilihlah olahraga yang aman untuk persendian maupun tulang. Dan salah satu olahraga terbaik yang dapat dipilih adalah bersepeda.

Bersepeda dapat dinikmati oleh semua orang dengan segala jenis usia dan juga dapat dilakukan dimana dana kapan saja. Bersepeda juga bisa menjadi alternatif yang bisa dipilih sebagai rutinitas olahraga ringan anda. Sebagaimana kita tahu, tubuh yang aktif adalah salah satu syarat penting untuk menjaga kualitas kesehatan kita. Nah tubuh yang aktif inilah yang bisa kita dapatkan dengan cara bersepeda. Bersepeda bisa anda lakukan minimal 2,5 jam seminggu secara rutin.

Anda bisa bersepeda mengelilingi daerah tempat tinggal anda. Dengan bersepeda mampu mengatasi dan memperbaiki tulang punggung dan bokong anda. Selain itu bersepeda juga bermanfaat lain untuk kesehatan seperti :

  1. Memperkuat dan menjaga kesehatan jantung anda. Dalam sebuah studi, bersepeda dengan intensitas sedang selama 3 (tiga) kali seminggu dalam waktu 30 menit selama satu tahun mampu menurunkan tekanan dan juga menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.
  2. Efektif sebagai pembakar kalori tubuh. Memiliki tubuh yang proporsional tentu impian semua orang. Maka dari itulah, bersepeda rutin sangat efektif untuk membakar kalori dan lemak dalam tubuh seseorang.
  3. Memperkuat dan memperkokoh tulang anda. Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang mengandalkan kekuatan kaki dan tangan pemiliknya. Dengan rutin bersepeda setiap hari, maka secara otomatis daerah paha, betis, lengan serta pergelangan tangan menjadi semakin kuat.
  4. Pendongkrak energi dalam tubuh. Faktanya, menurut sebuah studi yang diterbitkan oleh the journal psychotherapy and psychosomatics, bersepeda dapat meningkatkan energi tubuh sebesar 20 % (persen) serta menurunkan tingkat kelelahan tubuh secara significan (60 persen). Ini dikarenakan, bersepeda akan merangsang otak untuk melepaskan dopamin neurotransmitter yang berkaitan dengan energi dalam tubuh.
  5. Menyehatkan persendian anda. Dibanding olahraga seperti berjalan kaki maupun berlari, bersepeda akan sedikit sekali mengurangi tekanan pada persendian kaki anda. Dan pastinya mengurangi rasa nyeri sehabis melakukan olahraga bersepeda.
  6. Meningkatkan kekuatan otot anda. Dengan rutin bersepeda setiap hari, maka secara otomatis semua otot pada tulang ikut bergerak dan aktif. Sehingga lambat laun kekuatan semua otot pada tubuh akan meningkat secara drastis.
  7. Memperkuat sistem imun tubuh. Dengan rutin bersepeda, maka daya tahan tubuhpun akan lebih terjaga. Sehingga aktivitas dan pekerjaan berjalan lebih lancar, karena tubuh tidak mudah sakit dan terserang penyakit.