Berbagai manfaat Pohon Kepel yang juga mampu menyembuhkan tulang

Photo: http://dwpdjbc.blogspot.co.id/2013/02/kepel.html

Pernahkah Anda makan buah kepel? Menurut cerita pada jaman dahulu buah kepel adalah buah yang menjadi kesukaan para putri-putri keraton, kenapa bisa demikian? Buah kepel digemari oleh para putri keraton karena dipercaya dapat membuat keringat menjadi wangi dan juga membuat air seni tidak berbau tajam.

Kepel diketahui mengandung senyawa bioaktif, seperti antioksidan, flavonoid, cyclooxigenase-2 inhibitor, anti-hyperuricemic, zat sitotoksik anti kanker, deodoran oral, dan senyawa phytoestrogen yang terdapat pada daun, bunga, daging buah, biji buah, kulit buah, dan kulit batang buah kepel, yang memiliki potensi untuk dimanfaatkan sebagai pangan fungsional.

Disamping hal tersebut, ternyata buah Kepel dapat berkhasiat menyembuhkan patah tulang. Walaupun dari segi ekonomisnya kurang namun tumbuhan kepel kaya akan manfaat, terutama pada daunnya yang bisa mengobati berbagai keluhan yang ada hubungannya dengan urat dan tulang. Masyarakat tidak sedikit yang menggunakan buah Kepel untuk mengobati patah tulang dan salah urat.

Berikut ini adalah resep Daun Kepel yang dianjurkan untuk mengobati patah tulang
1. Ambil daun kepel yang masih muda sekitar 10 lembar.
2. Rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga airnya tersisa 1 gelas.
3. Minum rebusan air daun kepel selagi hangat.
4. Lakukan hal ini tiap pagi dan sore hari.

Ramuan alami rebusan daun kepel ini rasanya seperti minuman teh pada umumnya, namun ramuan ini sangat berkhasiat untuk menyembuhkan tulang patah.