Sering berjalan kaki dan menaiki tangga

Tulang yang kuat mutlak diperlukan untuk dapat beraktivitas normal. Anda perlu bersahabat dengan kesehatan tulang dan ikut menghindari hal-hal yang bermanfaat buruk bagi tulang anda demi bisa menjalani gaya hidup aktif yang bebas risiko tulang keropos dan mudah patah.

Apa manfaat berjalan kaki? Mungkin banyak diantara kita, yang akan menjawab baik untuk kesehatan jantung atau pun sebagai cara untuk membakar kalori. Tak ada yang salah, namun tahukah Anda bahwa ternyata berjalan kaki juga dapat memberi manfaat yang besar bagi kesehatan tulang? Ya, berdasarkan hasil penelitian yang telah dipublikasikan pada New England Journal of Medicine, disebutkan bahwa berjalan kaki dapat mengurangi risiko patah tulang, khususnya tulang pinggul, hingga mencapai 30 persen penurunan risiko.

Berikut tips untuk menjaga kesehatan tulang dengan berjalan kaki :

  1. Melakukan jalan cepat

Pada sebuah hasil studi disebutkan bahwa, dari 60 ribu wanita yang telah memasuki masa menopause dan melakukan latihan jalan cepat secara rutin, memiliki risiko lebih rendah untuk menderita patah tulang pinggul, dibandingkan dengan melakukan latihan jalan santai. Cara melakukan latihan jalan cepat adalah dengan melakukan jalan dengan kecepatan normal terlebih dahulu selama kurang lebih 10 menit, setelah itu mulai lakukan jalan cepat dan lakukan selama dua menit. Jalan cepat juga merupakan alternatif cara, bagi Anda yang menghindari masalah cidera bila menggunakan latihan berat.

 

  1. Melakukan latihan berjalan mundur dan menyamping

Disebutkan dalam publikasi jurnal ilmiah Osteoporosis International, melakukan latihan berjalan mundur atau menyamping dapat secara signifikan berguna untuk meningkatkan kepadatan tulang. Cara yang direkomendasikan untuk melakukan latihan ini adalah melakukan latihan berjalan mundur dan menyamping, selama 30 detik untuk masing-masing latihan, dan lakukan cara tersebut secara berulang selama 3 hingga 5 menit saat Anda sedang berjalan kaki.

 

  1. Melakukan latihan melompat

Bagi Anda para wanita, masalah pada tulang merupakan ancaman yang nyata, khususnya memasuki masa menopause, oleh sebab itu para ahli kesehatan tulang menyarankan untuk rutin melakukan latihan melompat sebanyak 20 kali saat berjalan kaki, dalam waktu 2 hari sekali. Bukan hanya asal melompat, lakukan lompatan dengan interval tiap 30 detik, setelah Anda berjalan kaki selama 5 menit. Lakukan lompatan dengan cara menekuk lutut dan mengayunkan kedua lengan ke belakang terlebih dahulu, kemudian lakukan lompatan dengan sedikit hentakan ke atas. Selanjutnya, ulangi latihan melompat tersebut, setelah kembali berjalan selama 10 menit.

 

  1. Melakukan latihan berjalan naik turun tangga

Cara lain yang termasuk sebagai cara terbaik meningkatkan kepadatan tulang adalah dengan melakukan latihan berjalan naik turun tangga. Anda dapat melakukan latihan ini selama beberapa menit, dengan cara berjalan naik dan turun anak tangga, namun perlu diingat bahwa sebelum melakukan latihan ini lakukan terlebih dahulu pemanasan dengan berjalan kaki dalam jangka waktu 5 sampai 10 menit.

 

 

Photo : http://nationalgeographic.co.id/berita/2015/09/hal-yang-membuat-tulang-kuat