Sering Pegal Saat Memakai Tas? Perhatikan Hal Berikut

http://mashupcorner.s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/wp-content/uploads/20160519173941/planning-shopping-spree.jpg

Apakah Anda sering membawa laptop, buku, dompet, make up kit, dan peralatan gadget dalam satu tas setiap hari? Well, jika ditimbang, mungkin berat tas Anda bisa mencapai lebih dari empat kilogram!

 

Padahal, jika dibiarkan setiap hari, kebiasaan memakai tas yang salah berisiko memicu cedera tulang, otot, dan ligamen sekaligus. Terlebih, jika Anda sering membawa tas selempang yang menyebabkan punggung dan bahu pegal sebelah akibat membawa  beban yang terlanjur banyak. Karena itu, berikut ini beberapa tips dalam membawa tas yang benar agar terhindar dari risiko cedera!

 

1. Pilih tali lebar

Tas dengan tali yang lebar berfungsi untuk membantu menyamaratakan beban pada bahu agar peredaran darah tidak terhambat. Untuk menghindari rasa tidak nyaman saat membawa tas berat, pilih tali yang terdapat bantalan untuk pundak.

 

2. Gunakan ransel

Cobalah istirahat sejenak dari kebiasaan memakai tas tangan atau tas selempang yang memberikan beban hanya di sisi tertentu. Jika bawaan Anda memang banyak, cobalah menggunakan tas ransel. Tas ransel dianjurkan karena dapat memberi beban pada dua bahu seimbang, sehingga tidak menitikberatkan pada satu bagian saja.

 

3. Pakai tas secara diagonal

Saat memakai tas selempang, beberapa orang kurang senang menyilangkannya karena terlihat kurang stylish. Padahal, memakai tas secara diagonal membuat beban bertumpu pada otot-otot batang tubuh, sehingga beban di punggung bawah berkurang.

 

4. Jangan menggunakan siku

Saat menggunakan hand bag, pemakainya, terutama wanita sering menggunakan siku sebagai tumpuan menenteng tas. Padahal, posisi tersebut rentan menyebabkan cedera siku. Kalaupun mau dengan posisi tersebut, ganti sisi kanan dan kiri bergantian setiap 10 menit sekali agar beban terbagi. Lebih baik lagi jika Anda menenteng hand bag dengan genggaman tangan biasa.

 

5. Posisikan tas bergantian

Jika kamu membawa tas selempang, jangan membawanya pada satu posisi yang sama dalam waktu lama. Sebab, otot akan bekerja terlalu keras dan berdampak buruk pada postur tubuh. Gunakan bahu kanan dan kiri secara bergantian untuk menopang tas.