Diet Tepat Mencegah Kerusakan Tulang

Ada berbagai cara dalam menjaga kesehatan tulang, diet sehat seimbang adalah salah satunya. Diet sehat seimbang dapat membantu Anda dalam membangun tulang yang kuat dari penuaan dini dan menjaganya untuk sepanjang hidup. Diperlukan kalsium yang cukup untuk membangun tulang yang kuat dan untuk menyerap kalsium ke dalam tubuh diperlukan vitamin D. Sudah banyak orang yang mengonsumsi kalsium yang cukup, namun tidak cukup vitamin D. Oleh karena itu, berikut makanan yang dapat membantu diet sehat seimbang untuk tulang sehat:

1. Pilih Sayuran Berwarna Gelap

Susu bukanlah satu-satunya sumber kalsium Anda, ternyata sayuran merupakan salah satu sumber kalsium yang cukup tinggi apalagi sayuran dengan daun yang berwarna gelap. Contohnya, daun berwarna gelap seperti bok choy dan lobak hijau jika dimasak bisa memiliki 200 mg kalsium, dimana 20% lebih banyak dari susu. Selain itu, sayuran dengan daun berwarna gelap memiliki vitamin K, yang dapat menurunkan resiko osteoporosis.

2. Mulai Hari Anda dengan yang Asam

Tambahkan jeruk di asupan harian Anda, karena buah-buahan sitrus seperti jeruk memiliki vitamin C yang dapat mencegah kerusakan tulang. Jeruk sendiri saja memiliki 83 gr vitamin C yang dapat membantu kekuatan tulang. Buah sitrus lainnya adalah jeruk bali, yang memiliki 91 gr vitamin C.

3. Ikan sebagai Pembantu Pembangun Tulang

Ikan seperti salmon ataupun ikan berlemak lainnya dapat meningkatkan kekuatan tulang. Ikan memiliki vitamin D yang dapat membantu penyerapan kalsium dalam tubuh Anda dan asam lemak omega-3 yang membantu tulang. Bahkan, salmon kalengan memiliki 183 gr vitamin D di dalamnya.

4. Jus Buah dan Sayuran

Sumber kalsium, vitamin C, magnesium, dan vitamin K yang berguna untuk tulang bisa Anda dapatkan dengan rasa jus yang manis dan enak di satu gelas. Konsumsi jus buah dan sayuran dapat membantu asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tulang. Bisa dimulai dengan mencampur susu atau yoghurt dengan pisang, jeruk, stroberi, dan buah lainnya yang kaya vitamin.

Itu dia beberapa asupan yang dapat mencegah kerusakan pada tulang Anda. Jangan lupa untuk penuhi juga nutrisi untuk tulang dengan mengonsumsi Protecal Solid yang memiliki  kandungan kalsium 250 mg dan vitamin D 300IU. Mulai diet sehat seimbang Anda dari sekarang, untuk tulang yang kuat agar tetap bisa mengejar masa depan.

 

Photo     : http://www.livestrong.com/article/288991-list-of-foods-that-are-high-in-fiber-iron-and-calcium/

Oleh       : Nisa Aqila