Lakukan Olahraga Ini untuk Cegah Osteoporosis

http://thecompleteherbalguide.com/wp-content/uploads/2016/09/tai-chi-4.jpg

Pada dasarnya, semua olahraga baik untuk memperbaiki postur tubuh, terutama mencegah osteoporosis. Tetapi, ada beberapa jenis olahraga yang paling tepat demi kesehatan tulang. Menurut Paul Mystkowski, MD, seorang endokrinologi dari Seattle, weight-bearing workout atau olahraga yang mengandalkan beban penuh dari tubuh, adalah olahraga terbaik untuk menghindari pengeroposan tulang sehingga menjaganya tetap kuat. So, mau hari tua Anda bebas osteoporosis? Yuk, lakukan olahraga berikut ini!

Tai Chi

Olahraga yang berasal dari leluhur Tiongkok ini fokus pada gerak tubuh yang pelan dan lemah gemulai. Gerakan ini melatih koordinasi dan pembentukan tulang agar selalu kuat. Menurut penelitian dari Physician and Sportsmedicine, Tai Chi dapat memperlambat pengeroposan tulang, terutama pada wanita dewasa menjelang menopause. Karena itu, wanita dianjurkan melakukan Tai Chi selama 45 menit per hari, minimal tiga kali seminggu.

 

Yoga

Selain ampuh untuk menenangkan pikiran, yoga dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang. Mulai dari Vinyasa yoga yang dinamis, hingga Ashtanga Yoga yang atletis, serta dapat menguatkan tulang pinggul, tulang belakang, dan pergelangan tangan. Ketiga tulang tersebut adalah bagian tulang yang paling rentan rapuh. Selain manfaatnya yang baik untuk fisik, yoga pun melatih keseimbangan, koordinasi gerak tubuh dan pikiran, serta meningkatkan konsentrasi.

 

Jalan Cepat

Yes! Olahraga yang paling mudah dilakukan ini ampuh menguatkan tulang Anda. Rutin berjalan cepat selama empat jam per minggu dapat menurunkan 41 persen risiko pinggul cedera. Plus, menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis. Seperti yang diketahui, jalan cepat atau berlari adalah olahraga yang tidak membutuhkan equipment apa pun, juga gratis! So, nggak ada alasan untuk menolaknya!

 

Golf

Well, banyak orang beranggapan bahwa golf adalah olahraga untuk orang tua. Bahkan, banyak pula yang meragukan golf pantas disebut sebagai olahraga. Padahal,  Gerakan yang dilakukan pada golf ternyata dapat menguatkan tulang tubuh bagian atas, lho. Gerakan golf memang tidak boleh dilakukan sembarangan. Dimulai dari sikap berdiri dengan punggung yang sedikit membungkuk dan lutut menekuk. Kemudian, mengayunkan tongkat ke belakang hingga tongkat mencapai atas kepala, lalu memutar badan saat pemain melakukan back swing. Rangkaian gerakan tersebut baik untuk melatih tulang agar selalu kuat.