Seberapa Besar Beban Yang Dapat Ditopang Manusia?

Berat beban maksimum yang dapat ditopang oleh manusia sangat tergantung dari berbagai faktor seperti jenis kelamin, umur, hingga berat dan tinggi badan seseorang. Menentukan secara pasti angka beban maksimum tersebut akan menjadi sulit karena tiap individu memiliki kemampuan yang berbeda.

Menurut Michael Regnier, profesor dan wakil bio-engineering di University of Washington, seseorang dapat mengangkat beban hingga 6 kali lebih berat dari badannya. Namun, beberapa faktor seperti ketakutan dan rasa lelah dapat mencegah seseorang menggunakan kekuatannya, seperti yang diungkapkan Dr. Javier Provencio, direktur ICU saraf di Cleveland Clinic.

Hal yang dapat mendorong potensi ini adalah timbulnya adrenalin. Para ahli percaya bahwa adrenalin dalam sistem tubuh menyebabkan adanya dorongan lebih ke otot dan juga tulang. Hal ini timbul karena jantung bekerja lebih cepat dan melebarkan pembuluh darah sehingga mengeluarkan nutrisi dalam tubuh yang dapat mempersiapkan tubuh untuk memberikan respons yang cepat.

 

Sumber : https://health.detik.com/read/2012/08/06/112903/1984023/763/jangan-bilang-berat-karena-manusia-mampu-angkat-beban-7-kali-dari-berat-badannya