Benarkah Tulang Lebih Kuat Daripada Beton?

Tulang adalah bagian paling vital dan memiliki peran yang sangat penting. Karena dengan adanya tulang, postur tubuh kita tentu akan tegak, gagah, dan yang paling penting dapat membantu kita menjalani aktivitas. Jika Anda bertanya benarkah tulang lebih kuat daripada beton?  Jawabannya tentu sudah tidak diragukan lagi, berikut adalah fakta-fakta menarik ini sangat mendukung tentang betapa kuatnya tulang manusia:

  1. Faktanya, tulang bagian paha atau biasa disebut femur, adalah bagian tulang terkuat. Tulang ini merupakan bagian tulang terbesar dibandingkan tulang-tulang lain di tubuh kita. Pada tubuh manusia dewasa, tulang paha bisa mencapai kepanjangan 48 cm dan berdiameter 2.84cm. Diperkirakan bahwa tulang paha dapat menyokong berat 1 ton dari berat badan normal ketika berdiri tegak.
  2. Tulang manusia akan mencapai kepadatan maksimum di usia 30 tahun. Tulang-tulang tersebut tersusun atas serat-serat protein yang disebut kolagen dan juga mineral keras seperti kalsium dan fosfat. Maka tidak heran, jika kekuatan tulang manusia bisa menyangga sebuah benda yang volume dan bebannya bisa 30 kali lebih besar.
  3. Dalam sebuah percobaan, telah dibuktikan bahwa sepotong tulang manusia berukuran tidak lebih seukuran korek api, ternyata mampu menahan beban hingga 9 ton. Bisa dibilang kekuatan tulang 4-5 lebih kuat dibandingkan dengan besi beton.
  4. Saat manusia melakukan aktivitas seperti berjingkrak-jingkrak atau melompat, tulang tersebut mampu menahan beban hingga 3-4 kali berat badan manusia tanpa mengalami kerusakan sedikit pun.
  5. Tulang manusia menjadi sangat kuat karena terbuat dari jaringan berlubang atau berpori, seperti sarang lebah madu. Berkat susunan pembentukan tersebut, sebuah tulang bisa menjadi sangat kuat, dan juga sekaligus ringan.
  6. Tulang manusia cukup lentur, sehingga tidak mudah patah atau retak saat terkena benturan.

 

Dibalik kekuatan tulang kita, tentu juga tergantung seberapa sering kita menjaga kesehatan tubuh dan nutrisi untuk tulang. Maka dari sekarang, sangat penting mengonsumsi nutrisi bagi ketahanan tulang. Terutama dengan mengonsumsi Protecal Solid yang memiliki  kandungan kalsium 250mg dan vitamin D 300IU secara rutin. Membantu tulang Anda agar tetap terjaga, serta kuat menjalani berbagai macam aktivitas.

Photo: http://www.grandparents.com/food-and-leisure/did-you-know/interesting-facts-about-the-human-body

Oleh: Nisa Aqila