Bersin Rusak Tulang Rusuk?

Saat bersin terjadi, maka banyak hal dalam tubuh yang bekerja secara aktif, dengan diawali ketika hidung bertemu dengan suatu rangsangan. Biasanya, bersin terjadi karena adanya debu atau polusi, serta faktor-faktor pendukung lainnya.

Adanya gangguan tersebut, tentu merangsang sistem saraf yang menginformasikan pada bagian otak dan berujung terjadinya aktivitas bersin-bersin. Pada dasarnya, otak memerintahkan  agar material yang masuk ke hidung agar dikeluarkan dalam bentuk bersin.

Lalu, otak mengirim pesan untuk beberapa grup otot dalam tubuh seperti; otot abdominal, otot dada, otot diafragma, otot pita suara, otot belakang tenggorokan, serta otot pada kelopak mata. Kelompok otot tersebut pun ikut aktif dalam proses terjadinya bersin-bersin.

Banyak bagian tubuh yang ikut terlibat proses terjadinya bersin, tidak heran jika bersin memiliki efek samping bagi tubuh. Namun, dampak yang diakibatkan dari bersin, tidak semuanya berakibat terlalu fatal.

Sebagian orang beranggapan bahwa bersin terlalu keras bisa menyebabkan tulang rusuk retak. Hal ini sering kali dikaitkan dengan tekanan udara yang keluar ketika bersin terjadi. Saat bersin, udara yang keluar melalui mulut dan hidung bisa mencapai 100 mil per jam. Kecepatan udara itulah yang kerap dikaitkan dengan mitos tulang rusuk akan retak karena bersin terlalu keras.

Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan oleh sekelompok orang yang menyatakan dirinya sebagai peneliti mitos dari Australia, mereka memberikan pernyataan bahwa kecepatan udara ketika kita bersin adalah 30 sampai 35 mil per jam. Meskipun kecepatan itu masih cukup tinggi untuk ukuran kecepatan udara, namun masih belum ada bukti yang memperlihatkan bahwa bersin dapat menyebabkan tulang rusuk retak.

Jadi, jangan terlalu khawatir dengan isu atau mitos tentang bersin yang dapat merusak tulang rusuk. Tapi tidak ada salahnya Anda memerhatikan aktivitas bersin ini, jika terjadi terus menerus secara berkala, coba periksa ke dokter agar cepat ditangani.

Karena banyaknya dampak dari kejadian alami dari dalam tubuh yang dapat merusak tulang, siapkan tulang yang kuat dengan konsumsi Protecal Solid yang memenuhi asupan kalsium dan vitamin D tubuh demi kesehatan Anda.

Photo: http://www.todayifoundout.com/index.php/2014/03/say-gesundheit-someone-sneezes/

Oleh: Nisa Aqila