Meski sekarang telah tersedia mesin cuci canggih yang bisa membantu untuk mencuci pakaian, Anda mungkin lebih suka untuk mencuci dengan cara tradisional. Cara tradisional berupa gosok dan kucek terasa lebih bersih. Biasanya, mengucek pakaian akan lebih maksimal jika dilakukan sambil jongkok. Padahal, mencuci sambil jongkok bisa berakibat fatal, lho. Kok bisa?

 

Bisa sebabkan nyeri

Ternyata, mencuci baju sambil jongkok bisa menyebabkan nyeri punggung, Protecal Ladies. Ini karena postur badan saat mencuci rawan menyebabkan cedera. Nah, cedera inilah yang kemudian menimbulkan rasa nyeri. Umumnya, cedera ini akan menyerang otot-otot yang ada di bagian tulang belakang sehingga punggung akan terasa sakit.

Saat mencuci sambil berjongkok, otot-otot yang ada di sekitar punggung akan tertarik sehingga menjadi lebih tegang, Selain itu, posisi berjongkok juga akan menghambat aliran darah menuju daerah kaki bagian bawah sehingga keseimbangan bisa berkurang dan kaki akan mudah mati rasa.

 

Waspadai gejalanya

Nyeri punggung memang bisa disebabkan aktivitas mencuci baju sambil jongkok. Walau begitu, ada juga penyakit lain yang bisa menyebabkan sakit punggung, salah satunya adalah gangguan ginjal. Lalu, bagaimana cara membedakan antara nyeri punggung karena terlalu lama jongkok dengan nyeri punggung karena gangguan ginjal?

Biasanya, nyeri punggung karena postur jongkok saat mencuci baju terasa lebih menusuk di punggung. Saat Anda meregangkan tubuh pun kelenturan akan berkurang, dan yang paling jelas bisa dilihat dari postur tubuh saat berjalan. Jika terserang nyeri punggung karena salah postur, biasanya orang akan kesulitan untuk berdiri tegak.

 

Hindari juga mengangkat cucian

Selain mencuci sambil jongkok, sebisa mungkin hindarilah mengangkat cucian yang terlalu berat. Setelah mencuci sambil jongkok yang bisa menyebabkan punggung tegang, mengangkat cucian yang berat juga akan menambah tingkat ketegangan tersebut. Rasa nyeri pun akan semakin terasa hingga dapat menyebabkan kemungkinan kejang otot.

Sebelum mengangkat cucian, regangkanlah tubuh supaya otot-otot tidak kaget. Transisi dari posisi jongkok ke posisi berdiri tidak bisa dilakukan tiba-tiba, terutama jika Anda membawa beban berat. Ada baiknya Anda mengoreksi postur tubuh saat mengangkat beban. Condongkanlah punggung saat mengangkat cucian, jadi tumpuan akan berpindah pada kaki.

 

Bagaimana mengatasinya?

Lalu, apakah yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini? Anda bisa beralih pada mesin cuci. Beberapa mesin cuci keluaran sekarang mampu untuk membersihkan noda pada pakaian dengan lebih baik dibanding kucekan tangan. Namun, jika Anda terpaksa harus mencuci dengan tangan, sebaiknya gunakan kursi kecil sehingga tekanan pada punggung bisa dikurangi.

Anda juga bisa mengambil jeda sebentar saat mencuci dengan posisi jongkok, Ini bertujuan untuk mengurangi tekanan pada punggung dan melancarkan peredaran darah pada bagian bawah kaki. Rentangkan kedua tangan lebar-lebar sambil mengangkat punggung perlahan. Ini akan membantu daerah punggung untuk lebih rileks dan tidak tegang.

 

Untuk meningkatkan ketahanan tulang Anda supaya rasa nyeri pada punggung tidak bertambah parah, minumlah Protecal Solid yang mampu memenuhi kebutuhan kalsium, vitamin D, dan vitamin C dalam tubuh Anda.

fact
19/10/2018

Tulang manusia merupakan organ tubuh yang paling unik. Beberapa proses biologis bisa menyebabkan perubahan pada tulang. Satu hal yang sudah diketahui banyak orang adalah jumlah tulang pada bayi lebih banyak daripada orang dewasa. Ini karena tulang bayi masih banyak yang belum terangkai. Namun, ada satu hal lagi tentang tulang yang mungkin belum Anda ketahui. Fakta ini terkait dengan tulang lengan pada manusia. Ada apa dengan tentang tulang lengan?

 

Tulang lengan rawan patah?

Ternyata, tulang di bagian lengan adalah salah satu tulang yang paling rawan patah. Ini dibuktikan oleh beberapa penelitian yang dilakukan para ahli. Pada kebanyakan kasus patah tulang yang dialami orang dewasa, kebanyakan mengalami patah pada bagian lengan. Padahal, tulang lengan manusia terdiri atas dua bagian, yakni radius dan ulna.

Dari jalinan dua tulang ini, ulna adalah bagian yang lebih rawan. Alasannya, ulna ada di bagian yang lebih luar dibandingkan dengan radius. Ulna juga lebih rentan terdampak jika terjadi sesuatu pada bagian lengan—misalnya tertimpa beban berat atau jatuh. Namun, dalam beberapa kasus patah tulang, bukan tidak mungkin radius dan ulna patah sekaligus.

 

Tulang lain yang juga rawan patah

Selain tulang lengan, beberapa tulang lain dalam tubuh manusia juga rawan patah. Salah satunya adalah selangka atau clavicle. Kasus patah tulang selangka ini sangat umum ditemukan pada anak-anak. Alasannya tak lain adalah karena tulang selangka sangat terlihat dari luar. Anda bisa melihatnya dari bentuknya yang menonjol pada permukaan kulit.

Tidak hanya tulang lengan dan selangka saja yang mudah patah, tulang kering atau tibia juga sangat rentan untuk patah. Alasannya sama dengan tulang lengan, tulang di bagian ini rentan patah karena pada kasus kecelakaan atau jatuh, daerah inilah yang paling sering terdampak. Akibatnya, tulang ini sangat rawan patah. 

 

Apa penyebabnya?

Penyebab tulang patah sangat beragam, bisa dari luar dan dalam tubuh manusia. Jika penyebabnya dari luar, biasanya adalah karena kecelakaan atau tertimpa beban berat. Namun, jika dari dalam, penyebabnya bisa sangat beragam. Mulai dari pengeroposan tulang atau osteoporosis, hingga karena penyakit lain seperti kanker.

Apabila penyebabnya dari luar, penanganannya tak lain adalah melalui tindakan bedah atau operasi. Biasanya dokter akan langsung merujuk Anda untuk melakukan operasi sesaat setelah mengalami kecelakaan yang berakibat pada patahnya tulang. Namun, untuk patah tulang karena faktor dari dalam, penanganannya bisa sangat variatif.

 

Langkah pencegahan

Supaya tidak terserang penyakit yang dapat menyebabkan kerusakan tulang (osteoporosis) hingga mengalami patah, Protecal Ladies bisa melakukan beberapa langkah pencegahan. Salah satunya adalah dengan rutin berolahraga. Dengan berolahraga, Anda bisa melatih tulang, sendi, sekaligus otot-otot yang ada di sekitar tulang.

Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen penambah kalsium seperti Protecal Solid. Protecal Solid ini bisa membantu mencukupi kebutuhan kalsium tubuh sehingga penyakit tulang seperti osteoporosis bisa dihindari. Tulang yang kuat tentu akan mengoptimalkan aktivitas harian Anda.

fact
12/10/2018

Anda mungkin lebih familiar dengan nyeri sendi atau nyeri otot sehingga mengabaikan fakta bahwa tulang juga bisa mengalami nyeri. Ya, tulang juga bisa mengalami rasa nyeri dan jika tidak ditangani dengan segera, maka bisa berakibat fatal. Berikut ini beberapa fakta tentang nyeri tulang dan langkah-langkah jitu yang bisa Anda lakukan sebagai pencegahannya.

 

Penyebab nyeri tulang

Tidak seperti nyeri sendi dan nyeri otot yang bisa segera diketahui penyebabnya, nyeri tulang akan lebih sulit untuk diketahui penyebabnya. Nyeri tulang bisa diakibatkan oleh trauma setelah terjadinya kecelakaan atau terjatuh. Utamanya, nyeri tulang terjadi setelah kecelakaan yang menimbulkan cedera serius atau permanen.

Selain itu, nyeri tulang juga bisa terjadi karena penyakit yang menjangkit organ tulang dalam tubuh manusia. Salah satunya adalah karena kanker dan osteoporosis. Jenis kanker semacam leukima berpotensi besar untuk menyerang organ tulang sehingga mengakibatkan nyeri. Sedangkan pada kasus osteoporosis, tulang akan menipis sehingga rentan terasa nyeri

 

Langkah-langkah pencegahan

Apabila nyeri tulang tidak disebabkan oleh kecelakaan dan kelainan genetik, Protecal Ladies bisa melakukan beberapa langkah pencegahan, di antaranya sebagai berikut:

  • Mengatur pola makan

Tulang yang mengalami pengapuran akan sangat rentan terserang nyeri tulang. Penyebab pengapuran tulang ini adalah karena kurangnya asupan mineral dalam tubuh. Akibatnya, kekuatan dan kepadatan tulang akan berkurang. Jika dibayangkan, tulang akan memiliki rongga-rongga besar saat kekurangan mineral.

Selain itu, berat badan juga bisa menjadi penyebab nyeri tulang. Saat tubuh kelebihan berat badan, maka lemak akan menghimpit tulang dan sendi yang menggabungkan tulang. Apabila hal ini terjadi, maka tulang menjadi tegang dan Anda akan merasakan nyeri yang berlebih. Untuk itu, aturlah pola makan supaya tidak obesitas dan kadar lemak bisa lebih teratur.

  • Rutin berolahraga

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk melindungi tulang adalah dengan rutin berolahraga. Olahraga akan membantu Protecal Ladies untuk melatih kekuatan tulang sehingga tidak mudah terserang nyeri tulang. Di samping itu, olahraga juga bisa membantu membakar kalori sehingga lemak tidak akan menumpuk di dalam tubuh.

Tidak perlu melakukan olahraga yang rumit dan berat. Anda cukup berjalan kaki. Berjalan kaki secara rutin akan membantu melatih kekuatan tulang sekaligus menambah produksi pelumas pada sendi. Anda juga bisa melatih fisik dengan melompat-lompat dalam hitungan tertentu. Saat melompat, kekuatan tulang akan lebih terlatih lho, Protecal Ladies.

  • Konsumsi suplemen kalsium

Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, nyeri tulang bisa disebabkan oleh kurangnya asupan mineral dalam tubuh yaitu Kalsium. Solusi cepatnya, Anda bisa mengonsumsi suplemen penambah kalsium. Suplemen seperti ini akan melengkapi asupan nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi.

Anda bisa memenuhi kebutuhan kalsium dengan rutin mengonsumsi Protecal Solid. Protecal Solid mengandung kalsium dan juga vitamin yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin C dan D. Tidak hanya itu, Protecal juga bebas gula sehingga Anda bisa terhindar dari cavities pada gigi dan tulang.

 

Meski tidak punya riwayat nyeri tulang, tidak ada salahnya melakukan pencegahan sedini mungkin dengan cara-cara di atas. Semoga Protecal Ladies sehat selalu, ya!

tips
05/10/2018

Seperti namanya, nyeri tulang merupakan nyeri yang terjadi pada tulang. Nyeri tulang bisa mempengaruhi satu atau lebih tulang Anda. Apakah nyeri tulang sama dengan nyeri otot? Tidak. Anda bisa mengurangi nyeri otot dengan cara tidak bergerak atau menjaga posisi otot, namun tidak begitu halnya dengan nyeri tulang. Nyeri tulang tidak akan hilang dengan mengistirahatkan badan, melakukannya justru berdampak tidak bagus. Kenapa? Berikut informasinya!

 

Dampak kurangnya pergerakan fisik

Ketika mengalami nyeri otot, Anda memang disarankan agar tidak banyak bergerak untuk meredakan nyeri. Namun, nyeri tulang tidak akan hilang dengan mengurangi pergerakan fisik. Justru, kurangnya pergerakan fisik dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang selanjutnya menimbulkan gangguan pada fungsi persendian dan tulang. Kurang beraktivitas bisa menurunkan produksi cairan synovial yang berfungsi melumasi sendi secara alami.

Tidak hanya itu, kurang bergerak juga identik dengan perubahan postur tubuh alamiah lho, Protecal Ladies. Apabila postur tubuh mengalami perubahan yang cukup signifikan, hal ini bisa memicu nyeri tulang. Kurang aktif secara fisik juga dapat membuat sirkulasi darah dalam tubuh menjadi tidak lancar. Alhasil, terjadi kekurangan pasokan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga tulang tetap kuat dan sehat. Oleh karena itu, Anda sebaiknya lebih banyak bergerak.

 

Aktivitas fisik yang dianjurkan

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, kurangnya aktivitas fisik memicu berbagai masalah kesehatan tulang. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan aktivitas fisik yang tepat untuk menjaga kesehatan tulang. Lakukanlah aktivitas fisik yang tepat untuk menjaga tulang tetap pada performa terbaiknya. Anda bisa melakukan aktivitas fisik ringan seperti yoga secara teratur, baik, dan benar untuk memperoleh manfaatnya secara maksimal.

 

Tidak semua aktivitas fisik baik dilakukan saat nyeri tulang

Melakukan aktivitas fisik saat nyeri tulang memang baik, namun bukan berarti Anda bisa melakukan semua jenis aktivitas fisik. Hindari jenis olahraga high impact yang membutuhkan pergerakan cepat dan melelahkan. Cobalah olahraga low impact seperti berenang, pilates, dan tai chi yang sangat ideal terutama jika dilakukan di bawah pengawasan pengajar profesional.

Sebagai informasi, menurut pakar yoga dunia, B.K.S Inyengar, latihan asana yoga yang sistematis dan konsisten dapat mengaktifkan sistem sirkulasi limfatik tubuh. Melakukan yoga secara teratur dapat membuat sirkulasi darah lebih lancar sehingga membuat semua nutrisi yang baik bagi kesehatan tulang dapat diserap lebih maksimal.

 

Segera periksakan diri ke dokter

Biasanya, nyeri tulang disebabkan oleh kondisi yang serius. Jadi, Anda harus segera memeriksakan diri jika mengalami beberapa kondisi seperti:

  • Nyeri tulang yang tidak bisa dijelaskan dan tidak membaik dalam beberapa hari.
  • Nyeri tulang yang disertai dengan penurunan nafsu makan, berat badan, hingga kelelahan.
  • Nyeri tulang akibat cedera yang membuat tulang tidak bekerja sebagaimana mestinya.

 

Perbanyaklah bergerak untuk memastikan tulang Anda sehat dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jangan ragu pula untuk segera memeriksakan diri jika nyeri tulang yang dirasakan sudah berlebihan. Semoga bermanfaat!

fact
26/09/2018
The Latest Article

Protecal Ladies, setiap kehamilan memiliki gejala yang berbeda-beda antara satu ibu hamil dengan ibu hamil lainnya. Namun, sebagian besar ibu hamil akan merasakan demam dan nyeri tulang selama masa kehamilan terutama ketika memasuki trimester akhir. Untuk itu, asupan nutrisi terutama kalsium yang dibutuhkan ibu hamil lebih besar. Jika tidak terpenuhi dengan baik, maka janin akan mengambil asupan nutrisi langsung dari ibu sehingga menyebabkan perubahan metabolisme tubuh ibu dan berkurangnya kepadatan tulang selama hamil.

 

Menurunkan demam saat hamil tanpa obat-obatan

Demam mungkin menjadi salah satu masalah sepele yang harus dihadapi oleh ibu hamil. Akan tetapi, mengkonsumsi obat demam selama masa kehamilan harus berdasarkan resep dan anjuran dokter. Umumnya, dokter kandungan hanya menganjurkan penggunaan Paracetamol dan Ibuprofen sebagai obat pereda demam dengan ketentuan-ketentuan khusus.

Nah, apabila kondisi kehamilan Anda tidak memungkinkan untuk mengkonsumsi obat penurun demam maka ada cara-cara lain yang dapat dilakukan. Pertama, pastikan untuk tetap berada di dalam ruangan dengan udara sejuk agar suhu tubuh dapat menurun. Kedua, perbanyak minum air putih agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Ketiga, mandi dengan air hangat sehingga panas tubuh dapat menguap dan secara otomatis demam ikut menurun.

 

Ketahui kebutuhan asupan kalsium saat hamil

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG), ibu hamil dan menyusui membutuhkan asupan kalsium sekitar 1.200 – 1.300 mg/hari. Jumlah tersebut tentu dua kali lipat lebih banyak daripada asupan nutrisi yang dibutuhkan sebelum memasuki kehamilan. Tak heran apabila ibu hamil disarankan untuk memperbanyak asupan kalsium yang dapat diperoleh dari susu, keju, sayuran hijau, ikan, dan kacang-kacangan.

Sayangnya, pada beberapa kasus kehamilan, memenuhi kebutuhan asupan kalsium dengan sumber-sumber makanan tadi tidaklah cukup. Oleh karena itu, Anda juga diminta untuk mengkonsumsi suplemen kalsium. Protecal Solid menjadi salah satu suplemen kalsium yang disarankan karena mengandung Kalsium dan vitamin D yang cukup tinggi. Dengan minum Protecal Solid, tulang jadi lebih kuat dan terhindar dari masalah nyeri tulang.

 

Nyeri tulang saat hamil dapat menyerang tangan dan kaki

Protecal Ladies, selama kehamilan umumnya nyeri tulang yang terjadi menyerang bagian punggung bawah akibat perubahan hormon, perubahan berat badan, hingga perkembangan janin. Namun demikian, nyeri tulang saat hamil ternyata juga dapat menyerang bagian tangan dan kaki ibu hamil. Biasanya nyeri tulang pada tangan mengakibatkan kram dan kesemutan. Pada beberapa kasus terjadi pula pembengkakan jari-jari tangan sehingga cincin nikah tidak bisa digunakan lagi.

Sementara itu, ibu hamil yang memasuki usia kehamilan trimester ketiga juga akan mengalami nyeri tulang kaki. Ditandai dengan pembengkakan pada kedua kaki yang disebabkan oleh pembuluh darah yang tertekan. Kram dan kaku juga terjadi apabila ibu hamil kekurangan kalsium selama masa kehamilan. Pada kasus yang sudah cukup kronis, ibu hamil akan merasakan kaki yang terasa berat dan sulit digerakkan.

 

Meski terlihat normal, demam dan nyeri tulang bisa menjadi pertanda kesehatan ibu hamil yang menurun. Untuk itu, jika demam dan nyeri tulang tak kunjung berkurang segeralah berkonsultasi pada dokter kandungan. Sebagai langkah pencegahan, pastikan selama kehamilan Anda tetap berolahraga santai secara teratur serta menerapkan pola hidup yang sehat. Dan jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan kalsium tulang Anda dengan rutin mengkonsumsi Protecal Solid yang terbukti praktis dan aman dikonsumsi bagi ibu hamil.

fact
2018-11-16

Pada dasarnya nyeri punggung merupakan hal yang wajar dialami selama masa kehamilan, terlebih pada trimester akhir jelang persalinan. Nyeri punggung ini tentu disebabkan karena tekstur ligamen akan lebih lembut dan meregang, sehingga beban yang harus ditopang oleh area persendian punggung bagian bawah dan panggul lebih berat. Jika dibiarkan berlarut-larut, nyeri punggung saat hamil justru akan mengganggu kelancaran aktivitas lainnya.

Tak perlu khawatir, Protecal Ladies dapat melakukan 5 gerakan ini untuk mengatasi nyeri punggung saat hamil. Apa saja? Yuk perhatikan baik-baik dan coba sendiri di rumah!

 

Triangle pose

Gerakan triangle pose bertujuan untuk meregangkan otot-otot area punggung dan kaki. Triangle pose dapat dimulai dengan kaki terbuka lebar, lalu putar kaki kanan hingga posisi tumit berhadapan dengan kaki kiri. Lanjutkan dengan merentangkan tangan lurus ke kanan/kiri (posisi telapak tangan menghadap lantai). Kemudian bungkukkan badan ke samping kanan dan posisikan tangan kanan tepat di atas pergelangan kaki, sementara tangan kiri lurus menghadap langit-langit. Tahan posisi tersebut selama kurang lebih 15 detik, ulangi pada arah berlawanan.

 

Overhead pulldown

Untuk memperkuat area punggung tengah dan bawah, cobalah gerakan overhead pulldown. Caranya, mulailah dengan berdiri tegak sambil mengangkat tangan ke atas kepala. Tarik lengan ke bawah dengan posisi siku menekuk ke samping hingga posisi tangan setinggi bahu. Kembalikan ke posisi semula dan ulangi hingga 10 kali. Jika sudah mulai terbiasa dengan gerakan ini, Anda bisa menambahkan dumbell seberat 0,5 kilogram di masing-masing tangan.

 

Forward bend

Protecal Ladies, untuk mengatasi nyeri punggung saat hamil bisa melakukan gerakan forward bend. Gerakan forward bend sendiri bertujuan agar punggung lebih kuat dan terasa rileks. Gerakan ini dapat dilakukan dengan posisi duduk di atas kursi dengan alas dan sandaran yang keras. Biarkan lengan berada pada posisi rileks dan rentangkan lurus ke depan. Kemudian bungkukkan tubuh ke depan secara perlahan hingga lengan menggantung. Tahan posisi ini selama 3 – 5 hitungan dan ulangi gerakan ini.

 

Trunk twist

Trunk twist adalah gerakan yang dapat Anda lakukan untuk meregangkan punggung bagian atas. Mulailah gerakan ini dengan duduk sambil menyilangkan kaki di atas permukaan lantai. Letakkan tangan kiri di atas kaki kiri, sementara tangan kanan diposisikan ke belakang tubuh hingga menyentuh lantai. Lanjutkan dengan putar tubuh bagian atas ke kanan hingga melewati bahu kanan secara perlahan-lahan. Ulangi gerakan yang sama di sisi lainnya selama 10 hitungan.

 

Back press

Menjaga postur tubuh tetap ideal sambil menguatkan punggung atas saat hamil dapat dilakukan melalui gerakan back press. Untuk melakukan gerakan ini, Protecal Ladies dapat berdiri dengan posisi punggung bersandar di dinding. Pastikan posisi kaki Anda berjarak sekitar 25 sentimeter dari dinding. Kemudian tekan bagian bawah punggung ke dinding dan tahan selama 10 hitungan, Ulangi gerakan back press hingga nyeri punggung Anda mulai mereda.

 

Protecal Ladies, menjaga kesehatan tulang selama kehamilan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Jangan lupa untuk penuhi kebutuhan kalsium harian dengan Protecal Bone Kaplet yang tinggi Kalsium dan vitamin D guna menjaga tulang tetap sehat. Suplemen tulang dari Protecal ini praktis dan aman dikonsumsi bagi ibu hamil maupun penderita maag. Tunggu apalagi? Segera penuhi kebutuhan kalsium harian Anda dengan Protecal Bone Kaplet.

tips
2018-11-13

Apakah Anda pernah merasakan nyeri tulang belakang? Hampir setiap orang pernah merasakan hal ini. Penyababnya pun beragam, mulai dari faktor usia, gangguan struktur tulang belakang, dan mengalami ketegangan otot. Meski wajar terjadi, nyeri tulang belakang bisa berbahaya apabila dibiarkan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada lima cara mudah untuk mengatasinya. Apa saja? Ini dia di antaranya.

 

Olahraga kecil dengan melakukan peregangan tiap hari

Memulai hari dengan melakukan peregangan selagi di tempat tidur sangat dianjurkan. Karena setelah berbaring selama delapan jam, tubuh akan menjadi lemas. Jika Anda tiba-tiba berdiri, risikonya dapat mengalami cedera punggung. Maka dari itu, ada baiknya sebelum bangun dari tempat tidur, perlahan regangkan lengan Anda ke atas kepala. Lalu, tarik lutut ke arah dada secara bergantian. Setelah itu bergulirlah ke sisi tempat tidur dan gunakan lengan untuk membantu mengangkat tubuh.

 

Hindari membungkuk saat mengambil sesuatu

Membungkuk sering sekali kita lakukan. Contohnya saja ketika mengambil sesuatu yang terjatuh atau hal lainnya. Tanpa disadari, saat Anda membungkuk, risiko cedera tulang punggung akan meningkat. Untuk menghindarinya, Anda bisa menggunakan alat pemegang yang panjang. Bila tidak ada, coba lakukan dengan cara berlutut dan gunakan pelindung lutut untuk mengambil sesuatu. Contohnya seperti saat sedang berkebun.

 

Usahakan badan untuk terus bergerak

Istirahat memang diperlukan untuk tubuh agar tetap bugar. Namun, telalu banyak mengistirahatkan tubuh ternyata membawa dampak buruk pada tulang kita, yakni dapat memperlemah otot-otot tulang. Maka dari itu, jangan terlalu lama berbaring di tempat tidur lebih dari dua hari ketika Anda sakit. Usahakan untuk bangun sekurang-kurangnya satu jam untuk melakukan peregangan atau berjalan-jalan. Meskipun terlihat sederhana, jalan-jalan memiliki efek positif untuk tulang sehingga risiko nyeri tulang belakang bisa diminimalisir.

 

Pasang bantalan di bagian bawah punggung

Faktor selanjutnya yang jadi penyebab nyeri punggung adalah tempat tidur yang tidak merata. Jika terlalu lama dibiarkan, hal ini akan berbahaya bagi kesehatan tulang belakang Anda. Sebagai cara mengatasinya, Anda bisa memasang bantalan dari karet busa berbentuk bundar yang tersedia dan dijual di toko perlengkapan medis. Menggunakan alat ini dapat mempertahankan lengkung alami tulang punggung Anda dan mencegah nyeri. Anda bisa memasangnya di antara kursi dan punggung bagian bawah.

 

Penuhi asupan nutrisi untuk tulang

Terakhir, imbangi pula kesehatan tulang belakang Anda dari dalam. Protecal Ladies wajib memenuhi asupan kalsium demi memperkuat struktur tulang. Selain makan banyak buah dan sayuran, asupan kalsium dalam tubuh juga bisa Anda penuhi dengan mengkonsumsi suplemen khusus seperti Protecal Osteo. Kandungan kalsium dan vitamin D yang tinggi tak hanya menjaga kesehatan tulang, tapi juga membantu mencegah osteoporosis.

 

Nah, mulai sekarang Protecal Ladies bisa melakukan beberapa cara di atas untuk mengatasi nyeri tulang belakang. Bagi yang tidak memiliki keluhan ini, tidak ada salahnya menjaga diri dengan rajin minum Protecal, ya!

tips
2018-11-02