Protecal Ladies, memperkuat paha adalah salah satu kegiatan yang bukan hanya memiliki benefit pada otot dan tulangmu. Kamu harus tau bahwa paha adalah bagian tubuh yang paling sulit untuk dibentuk agar terlihat indah dan kencang. Walaupun kita merasa bugar dengan berat badan ideal, membentuk tubuh agar terlihat lebih berotot bukanlah hal yang mudah. 

 

Berikut merupakan beberapa cara untuk memperkuat paha,

 

1. Lakukan Postur Setengah Berjongkok (squat)

2. Lakukan gerakan Squat Jump

Protecal Ladies kamu bisa memulai hal ini dari posisi berjongkok sambil meluruskan punggung dan lihatlah lurus ke depan. Sentuhlah lantai dengan jari-jari tangan sesuai kemampuan, semakin rendah semakin baik. Meloncatlah ke atas dengan tubuh tegak sambil menjaga agar otot inti dan tubuh bagian atas berada pada satu garis lurus. Lakukan gerakan ini sebanyak mungkin, lalu beristirahatlah selama satu menit. Ulangi gerakan ini ¾ dari jumlah gerakan yang baru saja kamu lakukan. Berusahalah melakukan latihan ini 3-4 kali seminggu.

 3. Berlari

Protecal Ladies, berlari sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Selain sebagai latihan kardiovaskular yang sangat bermanfaat, kamu bisa melakukan aktivitas ini di luar rumah seperti di taman atau di lingkungan perumahan sehingga dapat mengencangkan dan membuat pahamu memiliki otot yang kuat. Benefit lainnya adalah latihan ini juga akan mengurangi lemak di paha sehingga terlihat lebih kencang. Kamu dapat menjadikan berlari sebagai kebiasaan baik karena berlari bukan hanya memperkuat otot namun juga baik untuk kesehatan jantung, paru-paru, bahkan otak.

4. Lakukan latihan menaikkan tungkai

Protecal Ladies, latihan satu ini adalah latihan yang mudah untuk dilakukan. Kamu bisa memulainya dengan posisi berbaring telentang. Angkatlah kedua tungkai sampai posisinya tegak lurus dengan tubuhmu, lalu turunkan perlahan-lahan. Jangan gunakan bantuan tangan agar otot tungkai yang kamu miliki dapat aktif bekerja. Ulangi gerakan ini lebih kurang 20 kali setiap hari.

tips
07/06/2017

Protecal Ladies, yuk simak fakta menarik dari sendi yang berbunyi!

Tahukah kamu?

 

Jika kamu mengambil gambar x-ray dari sendi tulang tepat setelah kamu meng’kretek’nya, gelembung-gelembunya akan terlihat. Hal ini membuat ukuran sendi bertambah sekitar 15%. Uniknya, gelembung-gelembung ini tidak akan ada untuk selamanya. Karena dalam waktu sekitar setengah jam, gas larut kembali ke dalam cairan sinovial.

 

Nah Protecal Ladies, pernahkah kamu menyadari bahwa setelah kamu meng’kretek’ sendi-sendi tulang jarimu, kamu tidak dapat langsung meng’kretek’nya dan mendapatkan bunyi ‘kretek’ lagi dalam jangka waktu dekat, alasannya karena kita perlu gas-gas terlarut untuk mendapatkan efek itu. Jika suara ‘kretek’ itu muncul lagi dan dapat kamu lakukan berulang-ulang kali, kemungkinan besar adalah karena ligamen kita bergerak kembali ke tempatnya.

 

Unik sekali bukan Protecal Ladies!

fact
07/06/2017

Protecal Ladies, gangguan pada punggung bagian bawah merupakan keluhan yang umum. Di Amerika serikat, sakit punggung merupakan merupakan salah satu penyebab utama disabilitas yang dapat menyebabkan seseorang tidak mampu bekerja.

Nah disinilah peran perengangan dapat membantu menjaga agar punggung bawahmu tetap sehat. Akan tetapi, karena area ini cukup sensitif dan mudah cedera, maka mulai sekarang Protecal harus melakukan peregangan dengan cara yang benar.

 

  1. Protecal Ladies, berdirilah dengan tegak dan rileks, dengan tangan pada kedua sisi tubuh. Tarik napas dalam-dalam sebagai persiapan melakukan peregangan, hal ini akan membantu oksigen masuk ke dalam jaringan ototmu, yang mempercepat pemulihan serta meminimalisir pembentukan asam laktat, yang menyebabkan rasa lelah.

 

  1. Setelah itu tundukkan badan pelan-pelan. Biarkan kedua lenganmu berada dalam posisi rileks, tergantung di kedua sisi tubuhmu.

Perhatikan pada apa yang kamu rasakan di punggung bagian bawah. Jika ada sedikit rasa ketegangan, maka hal ini normal, sama seperti yang akan kamu rasakan sebagai hasil peregangan pada bagian lainnya. Jika kamu kesakitan saat menundukkan tubuh, segeralah berhenti dan coba metode peregangan lainnya.

 

  1. Lalu lakukan step ke 3 yaitu, condongkan tubuh ke depan sampai kamu merasakan sedikit rasa "tertarik" pada punggung bagian bawah. Setelah itu, berhentilah mencondongkan tubuh dan pertahankan posisimu.

Lakukanlah dengan nyaman--jangan tekuk tubuh sampai kamu merasa kesakitan.

 

  1. Setelah itu Protecal Ladies, pertahankan posisi selama sepuluh detik. kamu akan mulai merasakan peregangan pada bagian bawah punggungmu.

Karena gerakan ini membuatmu menatap kearah kakimu, mungkin kamu akan merasakan dorongan untuk menyentuhnya. Jangan lakukan hal ini karena punggung kamu dapat mengalami cedera jika kamu mencoba menyentuh kakimu dan meregangkan punggung secara berlebihan.

 

  1. Step ke 5 adalah Tegakkan badan, kembalilah ke posisi berdiri. Mulailah gerakkan tubuh ke belakang dengan perlahan.

 

  1. Setelah itu tekukkan tubuh ke belakang dengan kedua tangan bertumpu pada pinggul Anda.Lakukan hal ini secara perlahan dan jangan dipaksakan, tahan selama 10 detik.

 

Sumber : http://id.wikihow.com/Meregangkan-Punggung-Bagian-Bawah-dengan-Aman

tips
07/06/2017

Protecal Ladies, tubuh manusia terdiri dari 4 komponen penting yang menjadi pembentuk tubuh, yaitu tulang, sendi, otot dan daging. Ternyata menurut ilmu anatomi, jumlah tulang pada tubuh manusia adalah 206 ruas.

Sementara untuk tulang tengkorak tersusun dari 22 tulang yang membentuk satu kesatuan dan berfungsi untuk melindungi organ-organ tubuh yang berada di bagian kepala, misalnya mata, telinga dalam, dan otak. Tulang-tulang yang menyusun tulang tengkorak dibedakan menjadi dua.

Tulang-tulang yang membentuk bagian kepala diantaranya adalah,

  • tulang baji (sfenoid) 2 tulang;
  • tulang tapis (etmoid) 1 tulang;
  • tulang pelipis (temporal) 2 tulang;
  • tulang dahi (frontal) 1 tulang;
  • tulang ubun-ubun (parietal) 2 tulang;
  • tulang kepala belakang (oksipital) 1 tulang.

Nah Protecal Ladies kira-kira berapa banyak tulang yang terdapat pada wajahmu?

Tulang wajah tersusun oleh tulang rahang atas (maksila), tulang rahang bawah (mandibula), tulang hidung (nasal), tulang air mata (lakrimal), tulang pipi (zigomatik) dan tulang langit-langit (palatum). Dari tulang wajah ini akan terbentuk rongga mata, rongga hidung, dan wajah.

Tulang wajah terdiri dari 13 tulang,

  • tulang rahang atas (maksila) 2 tulang;
  • tulang rahang bawah (mandibula) 2 tulang;
  • tulang pipi (zigomatikus) 2 tulang;
  • tulang langit-langit (palatinum) 2 tulang;
  • tulang hidung (nasale) 2 tulang;
  • tulang mata (lakrimalis) 2 tulang;

tulang pangkal lidah 1 tulang.

fact
07/06/2017
The Latest Article

Protecal Ladies, bersepeda merupakan suatu kegiatan yang baik untuk kesehatan kardio. Karena olahraga ini dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung sehingga mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Bukan hanya itu saja namun bersepeda juga dapat mengatasi sakit punggung, karena dengan bersepeda dapat  mengembalikan kemampuan piringan-piringan pada tulang punggung dan mengoptimalkan kembali suplai makanan. Otot besar pada punggung menjadi lebih kuat sehingga membantu kerja tulang belakang. Jadi, bersepeda membantu menstabilkan kinerja tulang punggung.

Namun, sudah taukah kamu dengan posisi bersepeda yang benar dan nyaman?

Untuk posisi kepalamu, usahakan memposisikan kepalamu mengikuti alur tulang belakang yang terbentuk dari lengkungan pinggung. Jangan lupa untuk arahkan pandangan ke lintasan di depanmu. Usahakan juga tulang leher berada dalam keadaan rileks.

 

Nah Protecal Ladies, saat kamu mengendarai sepeda, usahakan posisi punggung menyesuaikan dengan kecepatan dan rute yang dilalui. Maksudnya adalah posisikan punggung membungkung untuk memacu sepeda dalam kecepatan tinggi ataupun saat tanjakan. Sedangkan saat rute menurun, punggung lebih baik dalam posisi tegak.

Bukan hanya itu saja, posisikan bahu mengikuti alur yang dibentuk oleh tangan dan punggung. Untuk mengurangi tekanan pada punggung, sebaiknya usahakan bahu kalian dalam kondisi rileks.

Yang terakhir, perhatikan posisi kaki saat bersepeda. Apabila satu pedal berada di bawah maka kaki sedikit ditekuk. Ketika kamu merasakan sedikit tegang pada bagian otot pinggul saat mengayuh sepeda. Sebaiknya lebih diperhatikan lagi pengaturan posisi sadel sepeda terlalu tinggi atau tidak.

tips
2017-06-07

Protecal Ladies, tulang adalah penopang tubuh  yang berperan penting agar manusia dapat berjalan tegak, melindungi organ dalam, dan menopang tubuh. Tulang tersusun dari matriks yang berbahan padat. Tulang bersifat keras karena di dalam tulang terdapat kalsium yang memberikan tekstur keras pada tulang. Beberapa faktor lainnya salah satunya adalah karena orang yang berusia muda, misalnya anak- anak, tulangnya masih memiliki banyak zat perekat dan masih dapat mengalami pertumbuhan.

Berdasarkan bahan penyusunnya, tulang dibagi menjadi dua, yaitu tulang keras dan tulang rawan.

 

TULANG RAWAN

Nah Protecal Ladies, kamu harus tau bahwa tulang rawan tersusun dari sel yang disebut kondroblas. Kondroblas ini akan terkurung bersama matriks di dalam lakuna dan membentuk tulang rawan. Matriks penyusun tulang rawan bersifat elastis dan padat, beberapa matriks pembentuk tulang rawan antara lain serabut hialin dan fibrosa.

Pada anak-anak, tulang dalam tubuhnya lebih banyak tersusun oleh tulang rawan. Sementara pada orang dewasa tulang rawan terdapat pada beberapa bagian tubuh saja seperti hidung dan daun telinga.

 

TULANG KERAS

Bedanya dengan tulang rawan, tulang keras tersusun dari zat kapur dan fosfat yang menyebabkan tulang menjadi sangat keras. Tulang keras tersusun dari sel osteoblas yang tidak aktif yang disebut osteosit. Tulang keras memiliki matriks tulang yang rapat dan padat.

Contoh bentuk tulang keras adalah tulang pendek, tulang pipih, tulang pipa, dan tulang tak beraturan.

Pada orang dewasa, sebagian besar rangkanya tersusun dari tulang keras. Zat-zat yang menyusun tulang keras berbeda dengan penyusun tulang rawan. Tulang keras tersusun dari bahan yang padat dan tidak renggang besar, sehingga teksturnya lebih kuat dan keras ketimbang tulang rawan.

fact
2017-06-07

Protecal Ladies, pengapuran sendi timbul akibat gerakan pada sendi yang berlebihan serta tekanan dari berat badan tubuh seseorang. Penyakit ini tidak dapat dihindari karena bagian dari proses penuaan tubuh. Namun, terlalu lama jongkok, berdiri, dan duduk juga dapat membuat tubuhmu terkena osteoarthritis. Osteoarthritis juga dikatakan sebagai penyakit sendi yang sebagian besar mempengaruhi tulang rawan. Tulang rawan adalah jaringan licin yang menutupi ujung tulang pada sendi.

Tulang rawan yang sehat memungkinkan tulang untuk bergerak di atas satu sama lain. Gejala utama dari pengapuran sendi atau Osteoarthritis adalah nyeri dan kekakuan yang terjadi pada sendimu. Nah Protecal Ladies, pengapuran sendi banyak terjadi pada perempuan di bagian lutut, kaki, dan tangan.

 

Berikut beberapa faktor penyebab pengapuran sendi,

 

  • Terjadinya kerusakan pada bagian tulang maka akan mengakibatkan tulang rawanmu menjadi sangat menipis dan permukaannya akan menjadi tidak rata maka hal ini yang dapat mengakibatkan antara tulang dengan tulang menimbulkan rasa nyeri pada penderitanya.

 

  • Pada orang tua, usia sangat mempengaruhi kerusakan pada tulang rawan sendi.

 

  • Infeksi pada tulang yang menyebabkan terjadinya pengapuran

 

  • Trauma ataupun terjadinya kecelakaan yang merusak tulang sendi

 

  • Aktivitas yang berlebihan

 

  • Berat badan yang berlebih

 

Nah Protecal Ladies, hindari pengapuran sendi dengan olahraga yang ringan yang rutin contohnya seperti berlari, dan berjalan. Dan jangan lupa untuk menghindari makanan berlemak, biasakan untuk terkena sinar matahari di pagi hari karena sinar matahari di pagi hari mengandung vitamin D!

tips
2017-06-07