Latihan yoga membantu kekuatan tulang

Banyak literatur menyebutkan bahwa yoga dapat mencegah osteoporosis. Bagi para wanita dengan risiko osteoporosis hingga 90%, apalagi  setelah menopause. Cara terbaik untuk menjaga kesehatan tulang salah satunya adalah dengan melakukan Yoga.

Osteoporosis menyerang kepadatan tulang wanita yang berkembang tanpa gejala, sehingga penyakit ini biasa dikenal dengan silent disease. Hampir 50% wanita usia lebih dari 50 tahun akan mengalami patah tulang akibat osteoporosis. Hal ini karena kepadatan tulang berkurang maka kekuatan tulang juga menurun secara gradual.

 

Saat ini yoga menjadi olahraga favorite inspiring women di ibu kota. Ya, siapa yang tidak kenal dengan olahraga dari India ini. Yoga adalah olahraga yang  namanya  diambil dari bahasa Sanskerta, yang berarti “penyatuan”. Yoga memiliki makna penyatuan dengan alam atau Sang Pencipta. Sebagai salah satu dari enam ajaran filsafat Hindu, Yoga memusatkan bentuk olahraganya pada aktivitas meditasi atau tapa. Segala bentuk pose dari olahraga ini memusatkan seluruh pikiran guna mengontrol panca indera dan tubuh secara bersamaan.

Yoga memang salah satu olahraga tahan beban (weight-bearing exercise) yang kadang dihubungkan dengan osteoporosis. Namun sebetulnya banyak efek positif dari olahraga ini, yang pastinya akan membuat tulang Anda jauh lebih kuat. Menurut banyak penelitian,  kelebihan dari melakukan yoga adalah terbentukya postur tubuh yang lebih baik, tubuh yang lebih elastis, fleksibilitas tinggi dan mencegah keropos tulang atau osteoporosis.

 

 

 

Ptoho : https://www.prosehat.com/wanitasehat/7-pose-yoga-untuk-mencegah-osteoporosis