Sayuran Kaya Kalsium

Seperti yang Anda tahu, kalsium merupakan salah satu mineral yang sangat dibutuhkan tubuh agar dapat terhindar dari berbagai penyakit. Memang susu sudah lama dikenal sebagai salah satu sumber kalsium tinggi. Namun, tak semua orang bisa atau suka mengonsumsinya. Bagi Anda yang tidak suka minum susu, kebutuhan kalsium pada tulang Anda dapat tetap tercukupi dengan mengonsumsi sayuran-sayuran yang kaya akan kalsium. Berikut beberapa sayuran yang dapat membantu kebutuhan kalsium Anda selain susu:

  • Brokoli – Brokoli adalah salah satu sayuran yang paling mudah untuk ditemui serta diolah dalam banyak jenis makanan. Sebanyak 50 gram sayuran ini dapat memberikan setidaknya 30mg kalsium.
  • Pok choy kecil – Sayuran hijau yang sering disajikan dengan ditumis ini ternyata juga kaya akan kalsium. Satu mangkuk pok choy kecil dapat mengandung kalsium sekitar 75-80mg.
  • Kol – Sayuran yang bisa Anda temukan dalam sup hingga cap cay ini tak hanya berguna sebagai makanan rendah kolesterol. Namun, juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, yaitu 90mg kalsium.
  • Bayam – Bayam merupakan sayuran hijau yang juga mudah ditemui. Sering menjadi bahan olahan untuk sayur bening atau sup. Bayam ternyata mampu menghasilkan 200 mg kalsium yang tentu akan sangat membantu dalam mencukupi kebutuhan kalsium sehari-hari.

 

Dibalik manfaatnya, ternyata sayur bayam juga dapat menghambat penyerapan kalsium karena mengandung asam oksalat dan asam fitat. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena pengaruhnya kepada status gizi secara keseluruhan cukup kecil. Jangan lupa untuk tetap konsumsi makanan alami dan kurangi makanan cepat saji untuk penuhi kalsium Anda, ya!

http://www.alodokter.com/ini-dia-makanan-pengganti-susu-yang-kaya-kalsium

http://halosehat.com/gizi-nutrisi/panduan-gizi/29-makanan-yang-mengandung-kalsium-tinggi