Kurangi Kacang Demi Tulangmu

Kacang adalah makanan yang  banyak digemari oleh orang Indonesia. Tidak sedikit makanan olahan kacang yang bisa didapatkan dalam bentuk rebus atau goreng. Rasanya yang gurih juga  kerap menjadi cemilan banyak orang.

Kacang juga bisa menjadi sumber protein yang baik bagi tubuh dan juga membawa banyak manfaat kesehatan. Kacang bisa didapatkan dengan harga yang murah dan mudah ditemukan di beberapa daerah.

Jenis kacang-kacangan kaya dengan lemak, mengandung protein yang tinggi, zat besi, vitamin E dan kalsium, vitamin B kompleks dan Fosforus, vitamin A dan K, lesitin, kolin serta kalsium. Fakta menariknya adalah kandungan protein dalam kacang jauh lebih tinggi dari daging dan telur.

Jika Anda dalami lebih lanjut, mengonsumsi kacang secara berlebihan mempunyai dampak buruk bagi kesehatan, seperti alergi dan dampak buruk bagi tulang.

Namun, tidak semua jenis kacang-kacangan akan berdampak buruk bagi tulang. Seperti halnya kacang kedelai, jenis kacang ini ternyata buruk bagi penyerapan mineral jika tidak dikonsumsi setelah melalui proses fermentasi.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa kacang kedelai mengandung asam Phytic, yaitu asam yang dapat menghalangi penyerapan mineral seperti misalnya zat besi, kalsium, tembaga, dan terutama seng dalam saluran pencernaan. Sehingga, Anda bisa kekurangan mineral dan vitamin.

Kacang kedelai juga bisa menghambat trypsin dan dapat mengurangi kemampuan untuk mencerna protein. Pemberian produk kedelai yang non-fermentasi pada bayi dan anak secara teratur tentu akan mengganggu pertumbuhannya.

Begitu juga dengan kacang merah, walaupun kacang merah merupakan salah satu sumber kalsium, serta mengandung magnesium dan serat. Tetapi, kacang merah juga mengandung fitat yang tinggi. Fitat dapat mengganggu kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium.

Ada tips menarik jika Anda ingin mengonsumsi kacang, Anda bisa merendamnya terlebih dahulu selama beberapa jam sebelum memasaknya. Hal ini berguna untuk mengurangi kadar fitat yang dikandungnya.

Tetap perhatikan juga pola makan yang sehat agar tulang mendapatkan asupan kalsium yang seimbang. Konsumsi juga vitamin untuk tulang, Protecal Solid yang memiliki kandungan kalsium 250 mg dan vitamin D 300IU secara rutin agar asupan untuk tulang Anda terjaga.

Photo: https://authoritynutrition.com/beans-101/