5 Makanan Yang Buruk Untuk Tulang

http://www.everydayhealth.com/osteoporosis-pictures/bad-for-your-bones-foods.aspx#07

Hampir semua orang telah mengetahui bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D dapat mempertahankan kepadatan dan kesehatan tulang. Gaya hidup sehat dan rajin berolahraga adalah hal lainnya yang dapat mendukung hal ini. Namun, tahukah Anda bahwa sejumlah makanan dapat mengganggu upaya mempertahankan kesehatan tulang? Beberapa makanan tersebut antara lain:

 

Makanan Tinggi Sodium (terlalu banyak garam)

Semakin banyak kandungan garam yang terdapat dalam makanan Anda, maka semakin banyak pula kalsium penguat tulang yang akan hilang. Hal ini dikarenakan garam dikenal dapat menyebabkan keluarnya kadar kalsium secara berlebihan melalui ginjal.

Makanan Dengan Gula Berlebih

Kadar gula yang berlebih dalam tubuh menyebabkan terhambatnya penyerapan kalsium. Hal ini dapat diatasi dengan mulai mengonsumsi buah-buahan manis yang dapat menjaga kesehatan tulang, seperti pepaya.

Makanan Dengan Kandungan Kafein

Kafein dapat meluluhkan kadar kalsium dalam tulang dan menyebabkannya menjadi lemah. Hal ini dapat diperburuk apabila telah bercampur dengan gula. Oleh karenanya, batasi konsumsi makanan yang memiliki kandungan ini, seperti cokelat.

Bayam Mentah

Bayam mentah dikenal kaya akan kalsium yang baik untuk tulang. Namun, sayuran ini juga memiliki zat bernama oxalates yang dapat menghambat penyerapannya. Kombinasi dengan bahan makanan lain yang juga mengandung kalsium akan membantu tubuh tetap mendapatkan manfaat dari zat ini.

Kacang-kacangan

Tidak semua jenis kacang-kacangan buruk untuk kesehatan tulang. Namun, beberapa jenisnya seperti kacang polong memiliki zat bernama phytates yang mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium. Kandungan phytates dapat dikurangi dengan merendam kacang selama beberapa jam.

http://www.everydayhealth.com/osteoporosis-pictures/bad-for-your-bones-foods.aspx#07