Kalsium Bantu Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau yang biasa disebut dengan hipertensi adalah kondisi yang buruk di mana tekanan darah pada dinding arteri (pembuluh darah bersih) meningkat. Kondisi ini dikenal sebagai “pembunuh diam-diam” karena jarang memiliki gejala yang jelas. Satu-satunya cara mengetahui apakah Anda memiliki hipertensi adalah dengan mengukur tekanan darah.

Tekanan darah tinggi atau yang dikenal sebagai silent disease termasuk penyakit tidak memberikan tanda dan gejala sebelumnya. Jika penderita tekanan darah tinggi tidak mendapatkan perawatan yang cukup, dapat mengakibatkan gangguan pada jantung, stroke, gangguan penglihatan, dan gangguan ginjal.

Pada umumnya, penyakit ini banyak diderita oleh orang tua, tapi di era ini banyak anak muda yang juga terserang. Hal ini ternyata dikarenakan gaya hidup tidak sehat yang dijalani anak muda.

Simak fakta menarik dari kandungan mineral yang akan membantu pencegahan tekanan darah tinggi. Berikut kandungan yang bermanfaat bagi Anda untuk memulai hidup yang lebih sehat.

1. Kalsium

Tambah asupan kalsium Anda dengan mengonsumsi sarden (dengan tulang), susu, jus jeruk, kol, dan brokoli. Bagi penderita hipertensi asupan kalsium yang disarankan sekitar 1.200mg per hari.

 

2. Magnesium

Bagi penderita tekanan darah tinggi, asupan magnesium yang disarankan sekitar 350mg per hari dari makanan yang dimakan sehari-hari. Makanan sumber magnesium yang baik antara lain ada bayam, lobak, sereal tinggi serat, kacang, dan roti gandum. Makanan lain yang kaya magnesium termasuk almond, kacang mete, kacang-kacangan, kedelai, kacang, halibut, dan oatmeal.

 

3. Potasium

Dalam beberapa penelitian, asupan potasium / kalium sebanyak 4.700mg per hari dapat mengurangi tekanan darah. Anda bisa mengonsumsi sumber potasium dari pisang, melon, jus jeruk, kentang, tomat, kacang kering / kacang polong, bayam, susu, yoghurt, serta ikan.

Berikut merupakan beberapa kandungan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Konsumsi mineral-mineral tersebut, karena dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan cara mempercepat pengeluaran sodium dan cairan dari dalam tubuh. 

Makanan yang kaya akan mineral ini menurunkan tekanan darah secara langsung dengan cara membantu saluran arteri lebih lebar dan fleksibel. Disarankan untuk Anda yang sudah menginjak umur 18 tahun bisa memulai hidup sehat dan memeriksakan tekanan darah setiap 5 tahun sekali.

Atur pola kesehatan dengan olahraga, makan-makanan bergizi, hindari stres, dan juga minum Protecal Solid yang mengandung kalsium dan vitamin secara rutin agar tulang makin kuat.

 

Photo: http://obattradisionaltbcparu.apotektradisional.com/cara-mengobati-darah-tinggi-secara-alami/