Bahaya Rokok untuk Kesehatan Tulang

https://lh3.ggpht.com/LK9ybCkPixB2--dRdvocRJiZYkeXzyazC6eFNLNqN37Ae3CHoApqu8XDTennLeo8OA=h1080

 

Siapa bilang rokok hanya berbahaya untuk pernapasan? Ternyata, kesehatan tulang juga sangat dipengaruhi kebiasaan merokok, lho. Racun-racun yang ada di dalam asap rokok dapat mempercepat penyerapan tulang lama dan menghambat pertumbuhan tulang baru. Selain itu, asap rokok juga dapat mempengaruhi produksi hormon-hormon yang berakibat buruk bagi tulang. Asap rokok terbukti meningkatkan produksi hormon kortisol yang menyebabkan penghancuran tulang. Akibatnya, perokok memiliki risiko patah tulang dua kali lebih besar dari non-perokok.

 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa apabila seorang perokok mengalami patah tulang, maka proses penyembuhannya pun biasanya berlangsung lebih lambat karena gangguan aliran darah. Hal ini dikarenakan rokok dapat merusak pembuluh darah sehingga aliran darah yang menyuplai oksigen ke beberapa organ juga terganggu.

 

Apabila Anda merupakan perokok aktif, sebaiknya Anda segera berhenti. Sebab, pertumbuhan tulang merupakan proses yang berlangsung lambat. Tubuh memerlukan waktu yang cukup lama untuk memperbaiki kerusakan yang telah terjadi, beberapa bahkan tidak dapat diperbaiki kembali. Semakin banyak konsumsi rokok Anda, maka proses perbaikan tulang Anda akan semakin lambat. Untuk berhenti merokok, Anda bisa memulainya dengan mengurangi jumlah rokok yang Anda hisap setiap harinya, lalu terus ulangi kebiasaan ini hingga akhirnya Anda berhenti merokok. Mengunyah permen juga menjadi salah satu cara untuk mengurangi kebiasaan merokok Anda, lho.

 

Jadi, mulai hidup sehat dengan mengurangi rokok supaya tulang Anda terjaga di masa depan. Apalagi, dengan mengonsumsi Protecal kesehatan tulang Anda akan semakin maksimal.