Konsumsi Garam Berlebih Bikin Tulang Keropos

Garam pada umumnya adalah salah satu bumbu dari banyak makanan. Saat kita mengonsumsi makanan memang hampir tidak lepas dari garam. Selain memberi rasa asin serta gurih pada masakan yang Anda makan, garam juga mempunyai dampak positif dan negatif.

 

Dampak positifnya adalah dari kandungan natrium yang dimiliki garam dapat membantu mengatur tekanan dan volume darah. Mengonsumsi garam dalam jumlah yang sesuai juga dapat membantu mengatur keseimbangan cairan di dalam tubuh Anda dan menjaga PH darah Anda.

 

Namun tahukah Anda bahwa dampak negatifnya adalah dapat menguras kalsium dari tulang? Ya, garam akan membuat tulang Anda menjadi rapuh. Kandungan sodium memang baik untuk tubuh, namun perlu Anda ketahui tingginya sodium sangat tidak baik bagi kesehatan tulang.

Hal ini dikarenakan garam bisa menyebabkan ekskresi kalsium yang berlebihan melalui ginjal. Selain itu, semakin banyak garam yang dikonsumsi, semakin banyak kalsium yang terlarut dalam urine dan keringat.

 

Hasil penelitian yang direkomendasikan oleh Dietary Guidelines for Americans, lansia berusia 51 tahun ke atas sebaiknya tidak mengonsumsi garam lebih dari 1.500mg per hari. Hal ini untuk kebaikan serta penjagaan kesehatan tulang.

 

Penelitian di Amerika Serikat juga menunjukkan, kebanyakan warganya ternyata memperoleh tujuh puluh lima persen sodium tubuh, bukan dari garam dapur rumahan, melainkan  dari makanan-makanan olahan.

 

Makanan olahan tersebut bisa berupa daging olahan, sup dan sayuran kalengan, dan terutama berbagai makanan cepat saji. Maka dari itu, Anda harus pintar-pintar dalam mengatur pola makan serta konsumsi garam bagi tubuh yang bisa Anda batasi secara bijak.

 

Mulai dari sekarang, Anda bisa membiasakan untuk makan dengan mengurangi pemakaian garam. Diet untuk menjaga kesehatan tulang yang dimulai dari sekarang akan bermanfaat bagi Anda ke depannya.

 

Atau jika Anda ingin menikmati rasa asin, masih banyak bahan alternatif lain yang bisa digunakan dan lebih sehat bagi tulang.  Anda bisa memakai keju sebagai rasa asin alami yang baik bagi tubuh. Hal ini karena ada kalsium yang terkandung dari susu. Atau Anda bisa lengkapi kebutuhan kalsium harian Anda dengan mengonsumsi Protecal Solid yang mengandung kalsium 250mg dan vitamin D 300IU.

 

Photo: http://www.todayifoundout.com/index.php/2014/01/fascinating-early-history-salt/