Resep Diet Untuk Osteoporosis

Diet banyak dilakukan oleh sebagian orang dewasa, karena diet merupakan penunjang kesehatan. Mengatur pola makan, porsi makanan, serta gizinya yang masuk ke dalam tubuh membuat badan lebih ideal dan juga sehat.  Selain untuk mempertahankan kesehatan, diet juga berguna untuk menyembuhkan penyakit.

Namun bagi penderita osteoporosis yang menjalani diet, tentu ada hal yang harus diperhatikan agar gizi dari makanan sesuai dengan yang tubuh butuhkan. Berikut tips untuk menjalani diet sehat yang aman.

 

1. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Hindari makanan yang asin secara berlebihan. Menurut para ahli gizi, zat garam yang terkandung dalam makanan, ternyata bisa menyebabkan pengapuran pada tulang. Anda juga diharuskan tidak mengonsumsi makanan cepat saji, banyaknya zat pengawet membantu proses pengeroposan tulang lebih cepat.

Hindari juga makan makanan yang diolah dari daging merah, seperti daging sapi, daging kerbau, kambing, ataupun kuda, serta jeroan daging. Karena, zat-zat yang terkandung dalam daging bisa menyebabkan sakit pada tulang bagi penderita osteoporosis.

 

2. Hindari Minum Alkohol dan Merokok

Minuman yang mengandung alkohol serta rokok mengandung zat berbahaya. Hal ini juga memengaruhi pengeroposan tulang, zat-zat yang terkandung akan membuat kondisi tulang makin parah.

 

3. Hindari Minuman Bersoda

Bagi penderita osteoporosis dianjurkan tidak meminum minuman berkarbonasi. Hal ini akan mengakibatkan pengeroposan tulang yang semakin cepat.

 

4. Berolahraga Secara Rutin

Bergerak serta aktif dalam kegiatan berolahraga dapat bantu melambatnya pengeroposan tulang. Selain itu, olahraga juga meningkatkan kekuatan otot dan kebugaran tubuh.

 

5. Konsumsi Makanan Sehat

Atur pola makan dengan makanan yang sehat, mengandung zat gizi, seperti vitamin A, vitamin C, magnesium, serta protein. Hal ini diperlukan untuk membantu membangun tulang yang kuat.

Minum juga Susu, karena banyak memberikan nutrisi. Tapi, Anda juga bisa mendapatkan nutrisi dari makan makanan sehat, termasuk dengan makanan yang memiliki nutrisi. Beberapa contoh adalah daging tanpa lemak, ikan, sayuran berdaun hijau, dan buah jeruk.

Semoga tips diet ini sangat bermanfaat, terutama bagi Anda yang terkena osteoporosis. Namun diet ini juga berguna bagi Anda yang masih muda, cegah tulang keropos dari sekarang. Jangan lupa konsumsi Protecal Solid, tambahkan vitamin bagi kalsium sangat penting bagi proses diet Anda.

 

Photo: http://www.weightlossresources.co.uk/diet-plans/plan-my-diet.htm