Apakah Akupuntur Baik untuk Kesehatan Tulang?

Credit: thefirsthealthgroup

Akupuntur adalah terapi pengobatan dari Tiongkok menggunakan jarum-jarum untuk ditusukkan pada titik-titik yang tersebar di seluruh tubuh. Akupuntur pun dipercaya orang banyak dapat mengatasi berbagai keluhan penyakit, seperti diabetes, stroke, hingga obesitas. Lantas, apakah akupuntur berdampak baik pada kesehatan tulang?

Dalam akupuntur, terapis akan menargetkan beberapa titik khusus di tubuh. Hal ini didasari pada kepercayaan Tiongkok yang menyebutkan terdapat aliran energi yang disebut Qi. Penyakit pun bisa muncul jika aliran Qi terhambat. Lewat penusukan di titik-titik tertentu, aliran Qi kembali lancar.

Stimulasi pada titik akupunktur mampu melepaskan endorfin dan dinorfin—hormon pembunuh nyeri alami yang berasal dari tubuh. Stimulasi titik akupunktur juga melepaskan substansi kimia yang mengaktifkan kelenjar adrenal (adrenocorticotropic hormone), melepaskan substansi kimia yang mempengaruhi persepsi nyeri dan mood (serotonin, catecholamines, dopamine, dan sebagainya), serta mempengaruhi salah satu zat pembawa pesan pemulihan penyakit di tubuh.

Hingga kini, belum ada keterangan medis yang mengatakan bahwa akupuntur baik untuk tulang. Jika Anda memang ingin mengobati sakit tulang belakang dengan akupuntur, lakukanlah degan terapis yang berbasis kedokteran.