Cara Duduk Dalam Mobil Mempengaruhi Tulangmu

Jika Anda sedang duduk di mobil, apa lagi sedang menyetir, hendaknya perhatikan cara duduk Anda. Duduk dengan nyaman, serta tidak mengganggu kegiatan Anda dalam menyetir.

Biasanya hal ini bisa disebut dengan sitting position, atau posisi duduk nyaman dan baik. Berfungsi agar pengemudi tidak cepat lelah dan bisa menguasai kendaraan dengan baik.

Duduk berlama-lama saat menyetir tentu punya dampak terhadap tulang Anda, terutama bagian belakang. Beberapa hal berikut tentu akan membuat Anda lebih memperhatikan cara Anda duduk saat sedang menyetir.

  1. Hal pertama yang harus perhatikan saat duduk di kursi mobil sambil menyetir adalah tidak membungkuk. Selain Anda akan merasa tidak nyaman, kebiasaan membungkuk ini membuat Anda rawan terserang linu-linu pada tulang belakang. 
  2. Saat Anda ingin duduk pastikan pinggang Anda yang masuk terlebih dahulu yang akan menyesuaikan kondisi paha, sehingga terasa pas dengan jok mobil. Hal ini juga sangat berguna untuk menghindari tulang ekor tertekan dengan posisi duduk dan cara awal masuk mobil yang kurang benar. Biasanya jika tulang ekor tertekan, maka rasa kurang nyaman akan lebih cepat terasa, dan membuat tulang belakang bisa menjadi lebih cepat nyeri. Saat Anda merasakan hal tersebut terjadi dan menurut Anda proses masuk ke dalam kabin kurang tepat, segera memperbaiki posisi duduk hingga merasa benar-benar nyaman.
  3. Beri ganjalan pada bagian punggung Anda. Hal ini merupakan cara yang cukup praktis. Ada berbagai macam cara, salah satunya dengan memakai bantal kecil yang sifatnya lembut dan empuk untuk menopang bagian belakang tubuh. Anda bisa letakan barang  tersebut di bagian kanan atas tulang belakang, tepatnya di bagian leher belakang. Tidak ada patokan resmi seberapa tebal ganjalan tersebut, jadi Anda harus melakukan eksperimen sendiri sehingga menemukan titik nyaman.
  4. Sesuaikanlah letak kursi mobil,  coba dengan memaju-mundurkan posisi kursi mobil terlebih dahulu. Hal ini merupakan cara yang pas untuk menyesuaikan posisi duduk sekaligus panjang tubuh Anda. Jadi, pastikan kaki-kaki Anda tidak menekuk terlalu berlebihan, sehingga membuat duduk tidak terlalu terasa melelahkan.
  5. Coba juga perhatikan dengan teliti penempatan ganjalan tulang belakang. Karena, benda ini akan sangat bermanfaat menahan beban tubuh sehingga meningkatkan rasa nyaman saat berkendara.

 Sesuaikan posisi duduk Anda dalam mobil agar bisa mendapatkan posisi ideal, menghindari sakit pinggang, dan juga rasa lelah yang berlebihan. Sehingga, perjalanan Anda akan lebih terasa nyaman dan juga membantu tulang agar tetap sehat.

Photo: http://www.mensjournal.com/health-fitness/health/the-healthiest-way-to-sit-in-your-car-20160120