Sering Mengonsumsi Tahu Baik untuk Tulang

Seperti yang sudah kita kenal, tahu adalah makanan hasil olahan kacang kedelai yang di fermentasi. Tahu juga dikenal sebagai sumber protein yang tinggi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tapi tahukah Anda bahwa tahu dapat membantu kesehatan tulang?

 

Tahu memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, dari menurunkan risiko kanker, anemia, dan kolesterol. Tapi ternyata tahu yang biasanya dimakan  dengan banyak cara oleh masyarakat Indonesia, merupakan sumber kalsium yang sangat tinggi sehingga dapat membantu kesehatan tulang seperti osteoporosis.

 

Tahu sangat mudah didapatkan di pasar dan bahkan seluruh masyarakat dunia juga mengonsumsi tahu. Sering memakan tahu seperti berdampingan dengan nasi pecel, gado-gado, ketoprak, dan lain-lain ternyata baik untuk tulang. Karena tahu memiliki kandungan gizi yang sangat banyak, yaitu protein, sumber mineral, dan vitamin.

 

Sumber mineral yang ada pada tahu antara lain kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, seng, dan kalium. Sedangkan vitamin yang dimiliki tahu adalah vitamin D, A, B6, C, thiamin, riboflavin, dan asam folat. Dari daftar kandungan yang dimiliki oleh tahu, banyak sekali zat-zat umum, yang diketahui masyarakat, yang dapat membantu kesehatan tulang, seperti kalsium, magnesium, dan vitamin D.

 

Dari kandungan tersebut, tahu bisa membantu dalam pencegahan efek penuaan dini pada tulang dengan tingginya jumlah kalsium dalam tahu. Selain itu dengan adanya vitamin D,  tahu dapat mendorong penyerapan kalsium pada tulang yang membuat tulang lebih kuat.

 

Jadi, mulailah kombinasikan tahu pada makanan Anda untuk mendapatkan nutrisi yang cukup, bisa dengan cara digoreng kecap, oseng, tumis dengan sayur, direbus dengan shabu-shabu, dan banyak lainnya. Gunakanlah kreativitas Anda dalam memenuhi nutrisi untuk tubuh seperti memasak tahu. Jangan lupa juga untuk penuhi nutrisi Anda dengan Protecal Solid yang juga memiliki kandungan kalsium dan vitamin D seperti tahu untuk menjaga tubuh Anda dari efek penuaan dini.

 

Photo: http://bodyhealthmag.com/wp-content/uploads/2015/09/Tofu.jpg