Yuk, Mulai Kurangi Melihat Handphone Terlalu Sering

Credit: Sony

Terlalu sering bermain handphone/smartphone ternyata memiliki efek negatif pada kesehatan tubuh. Sebuah studi oleh peneliti di AS mengatakan, terlalu sering menggunakan handphone/smartphone dapat mengakibatkan sakit leher atau dikenal juga dengan text neck. Sakit leher ini terjadi akibat kita terlalu sering menunduk atau membungkuk ketika memainkan gadget untuk waktu yang lama.

Apabila Anda tidak mau mengalami text neck yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, berikut ini ada beberapa langkap pencegahannya:

  • Jangan berada pada posisi statis dalam waktu yang cukup lama. Anda dianjurkan untuk memegang dan meletakkan handphone/smartphone sejajar dengan mata.
  • Melakukan pijat leher atau spa therapy yang dapat meregangkan otot leher sehingga tidak kaku lagi.
  • Perbanyak bergerak terutama olahraga. Apalagi olahraga membuat tubuh Anda menjadi sehat dan mengurangi depresi akibat terlalu sering menggunakan handphone/smartphone.
  • Memberi batasan pada diri sendiri untuk menggunakan handphone/smartphone terlalu sering. Ketika Anda tidak menggunakannya, coba masukkan ke laci atau matikan sejenak.

Beberapa cara di atas mungkin bisa Anda lakukan apabila leher mulai terasa pegal atau sakit. Kira-kira cara seperti apa yang cocok dengan Anda? Atau Anda ternyata sudah memiliki cara jitu lainnya?