Mengatasi Sakit Tulang Belakang

Credit: nationsuccess

Tumpukan pekerjaan memaksa Anda harus duduk berjam-jam di depan komputer? Selain membuat mata lelah, kebiasaan itu dapat menyebabkan sakit pada tulang belakang yang dapat mengganggu kelancaran Anda beraktivitas. Tak hanya itu, kegiatan lain seperti berkebun, olahraga yang berlebihan, serta mengangkat beban yang terlalu berat juga dapat mengakibatkan sakit tulang belakang.

Berikut adalah cara ampuh untuk mengatasi sakit tulang belakang tanpa perlu ke rumah sakit :

 

Kompres Es Batu

Es batu terkenal ampuh sebagai peredam nyeri. Dengan sementara, es batu dapat memblok sinyal rasa sakit dan membantu mengurangi pembengkakan. Sebanyak 2-3 kali sehari, kompres daerah yang sakit tulang belakang dengan es batu yang sudah dilapisi handuk selama 20 menit sekali kompres. Sebagai alternatif, jika es batu dirasa terlalu dingin, Anda dapat menggantinya dengan satu plastik kacang-kacangan beku sebagai kompres.

 

Stretching Tiap Pagi

Sebelum Anda bangun di pagi hari, berbaringlah di tempat tidur dengan sikap telentang. Lalu, lakukan stretching atau peregangan otot. Secara perlahan, tarik lutut ke arah dada, satu per satu. Dengan rajin stretching, Anda akan menghilangkan segala penyakit tulang, mulai dari nyeri hingga cedera. Sebab, stretching dapat melemaskan otot yang kaku.

 

Jangan Terlalu Lama Berbaring

Ketika sakit tulang belakang, mungkin Anda berpikir bahwa bed rest adalah solusi terbaik. Well, memang benar berbaring dapat meredakan nyeri punggung akibat sakit tulang belakang. Namun, bukan berarti Anda jadi membatasi gerak Anda, lho! Anda tetap harus beraktivitas namun dengan frekuensi yang diturunkan guna menjaga fleksibilitas tulang.

 

Berolahraga

Beraktivitas adalah langkah terbaik dalam mengatasi sakit tulang belakang. Olahraga ringan seperti jalan cepat, joging dapat dilakukan secara rutin, minimal 15 menit per hari. Selain itu, olahraga juga akan memperbaiki postur tubuh yang kurang sempurna akibat terlalu lama duduk, serta menjaga punggung tetap tegak.