Kenapa Tulang Berbunyi Saat Berolahraga?

Kegiatan berolahraga yang rutin dilakukan akan membawa banyak dampak positif terhadap tubuh. Namun, saat Anda sedang berolahraga, pernahkah Anda mendengar tulang berbunyi gemeretak saat sedang melakukan gerakan-gerakan tertentu.

 Timbul banyak pertanyaan mengenai suara gemeretak tersebut. Apakah hal ini  mengindikator adanya suatu bahaya, dan perlu dilakukan tindakan medis?

Menurut dokter spesialis Orthopedi dan Traumatologi, suara gemeretak di dalam sendi disebut juga dengan Cepritus, hal ini bisa saja terjadi pada beberapa persen orang. Biasanya, suara gemeretak yang terdengar berasal dari dalam sendi.  Suara ini diakibatkan oleh jaringan ikat tambahan di dalam sendi yang disebut dengan Plika.

Suara gemeretak yang disebabkan oleh jaringan ikat yang disebut Plika tersebut tidak memerlukan tindakan khusus. Tapi, apabila sampai mengganggu Anda atau bahkan sampai menimbulkan nyeri di dalam sendi, maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Adanya suara tersebut biasanya terjadi karena kegiatan-kegiatan tertentu, seperti kegiatan berikut yang harus Anda perhatikan. Lakukan olahraga dengan rutin, dengan catatan olahraga yang Anda lakukan sebisa mungkin diawali dengan pemanasan yang sesuai. 

Waspadai juga membawa beban yang terlalu berat. Dalam kegiatan sehari-hari maupun kegiatan olahraga yang menggunakan alat berat, hendaknya Anda pikirkan terlebih dahulu dan tidak terlalu memaksakan diri untuk mengangkat beban yang terlalu berat.

Jika terdapat suara gemeretak pada sendi Anda ketika latihan atau sedang beraktivitas, sebenarnya Anda tidak terlalu perlu khawatir. Pintar-pintar dalam beraktivitas, memulai olahraga, serta pilih nutrisi yang tepat. Kecuali, jika ada suara gemeretak pada tulang dibarengi dengan rasa nyeri yang sangat kuat, maka perlu dilakukan penanganan yang serius.

Photo: http://www.evote-mass.org/how-to-improve-peoples-health/

Oleh: Nisa Aqila