Panduan Kebutuhan Kalsium Harian

Apakah Anda sudah merasa bahwa menu makanan sehari-hari yang dikonsumsi telah memenuhi kebutuhan kalsium? Tahukah Anda bahwa remaja perempuan atau wanita dewasa cenderung memiliki kebutuhan kalsiumnya yang lebih tinggi?

Ternyata, jumlah kebutuhan kalsium yang dibutuhkan berkaitan dengan rentang usia manusia. Berikut jumlah yang merupakan rekomendasi dari Institute of Medicine:

  • 1-3 tahun: 700mg per hari
  • 4-8 tahun: 1,000mg per hari
  • 9-18 tahun: 1,300mg per hari
  • 19-50 tahun: 1,000mg per hari
  • 51-70 tahun: 1,200mg per hari untuk wanita; 1,000mg per hari untuk pria
  • di atas 71 tahun: 1,200mg per hari

Puncak kepadatan tulang terjadi pada sekitar usia 30 tahun. Setelah itu, tulang mulai kehilangan kepadatannya dan akan menurun dengan drastis saat wanita mengalami menopause. Oleh karenanya sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dengan memenuhi kebutuhan kalsium yang sesuai. Cara sederhananya adalah dengan mengonsumsi susu dan berbagai produk olahannya, buah-buahan seperti pisang dan pepaya, maupun berbagai jenis sayuran hijau. Jangan lupa minum Protecal dengan kandungan kalsium dan Vitamin D untuk cukupi kebutuhan kalsium harian Anda, ya!

 

https://www.klikdokter.com/rubrikspesialis/tulang-sehat/serbaserbi-osteoporosis/panduan-kebutuhan-kalsium-harian