Protecal Ladies, pasti kamu sudah pernah mengalami dan mendengar suara “klik” atau gemeretak pada jari tangan, kaki, ataupun persendian tubuh yang lain! Hal ini merupakan hal umum yang biasanya dilakukan setiap orang hamper setiap hari. nah sekarang kira-kira apa yang membuat sendimu berbunyi?

Yuk pelajari lebih lanjut!

 

Tahukah kamu bahwa persendian di tubuhmu terdiri dari beberapa jenis? Salah satu diantaranya adalah sendi engsel. Bagian yang memiliki sendi engsel diantaranya adalah lutut, siku. nah ada pula bagian lainnya yang dapat kamu gerakan secara bebas, hingga berputar. Beberapa diantaranya adalah sendi di bagian leher, yaitu sendi putar. Ada  juga sendi peluru yang berada pada tulang bahumu. Masing-masing mempunyai fungsi dan gerakan tersendiri.

 

Sebagaimana mesin membutuhkan pelumas maka tubuh kita juga butuh “oli” alami. Tulang persendian yang kamu miliki mempunyai selaput sendi atau membran sinovial yang menghasilkan minyak sinovial. Cairan ini berfungsi sebagai pelumas sehingga gesekan berjalan lancar dan halus dan tidak menimbulkan rasa nyeri atau sakit . Minyak sinovial juga mengandung berbagai jenis nutrisi dan campuran gas oksigen, nitrogen, dan karbon dioksida.

 

Nah saat kamu merenggangkan tangan, atau bagian sendi lainnya, ruangan berisi cairan di sekitar sendi akan meregang. Karena regangan itulah, gas di dalam cairan akan dilepaskan. Letusan gas-gas itulah yang menghasilkan bunyi di persendian. Menurut para ilmuwan, cairan sendi harus menyerap gas kembali beberapa saat sebelum kamu dapat membuat bunyi yang sama.

Bukan hanya itu saja namun, tendon dan ligamen juga penyebab timbulnya suara. Jaringan lunak di persendian ini mirip dengan karet yang mengikat otot dengan ujung-ujung tulang agar tidak lepas. Begitu pula dengan ligamen yang menghubungkan tulang dengan tulang lainnya.

Saat persendian digerakkan, kadang-kadang tendon dan ligamen lepas dari tempatnya, namun segera kembali. Misalnya, saat lutut kamu berbunyi karena berdiri dari posisi duduk.

fact
05/06/2017

Protecal Ladies, yuk kenali fakta unik dari tulang yang kamu miliki di tubuhmu! Menurutmu apa tulang terpanjang yang dimiliki oleh manusia? Pasti jawabannya tulang belakang terdiri atas beberapa tulang alias bukan tulang tunggal! Untuk kali ini kamu kurang tepat Protecal Ladies.

Paha. Tulang paha (femur) merupakan tulang terpanjang dalam tubuh kita, tahukah bahwa itu juga terberat? Femur lebih kuat dari beton. panjang femur pada orang dewasa rata2 adalah 48 cm, dan diameternya 2.34 cm. femur mampu menahan beban hingga 30 kali berat orang dewasa.

 

Nah Protecal Ladies, kamu juga harus tau bahwa jari-jari yang kamu miliki tidak memiliki sama sekali otot di dalamnya, namun tangan kamu memiliki 27 tulang, 29 sendi, dan 123 ligamen untuk membuat mereka bergerak dan berkerja sama!

 

Sementara untuk ulang terpendek pada tubuh manusia adalah tulang sanggurdi, yang berada di bagian dalam telinga. Disebut sanggurdi, karena tulang itu berbentuk seperti sanggurdi yang digunakan di pelana kuda.

 

Unik sekali bukan Protecal Ladies!

Walaupun tulang paha adalah tulang yang terpanjang dan terkuat namun kamu juga harus tetap memperhatikan kesehatan tulangmu untuk investasi masa depanmu!

fact
05/06/2017

Protecal Ladies, kamu pasti sering mendengar bahwa stress itu dapat mempengaruhi kesehatan tubuhmu. Nah Protecal Ladies, kira-kira apa yang sebenarnya terjadi di tubuh kamu saat berada di kondisi tersebut?

Di saat stress, tubuh menghasilkan lebih banyak hormon kortisol sebagai bentuk kompensasi. Kortisol adalah hormon steroid yang umumnya diproduksi oleh kelenjar adrenal. Hormon ini mempengaruhi berbagai organ tubuh seperti jantung, sistem saraf pusat, kehamilan, dan tulang.

 

Pada jaringan tulang, kortisol menghambat dan menurunkan pembentukan tulang baru karena sifatnya yang menghambat penyerapan kalsium pada saluran pencernaan. Nah Protecal Ladies ini lah alasan jika kamu mengalami stress dalam  jangka panjang dapat menyebabkan kadar kortisol ditubuhmu meningkat sehingga dari faktor tersebut menyebabkan penyakit osteoporosis.

Bukan hanya itu saja Protecal Ladies, namun ternyata kurangnya dukungan dan hubungan social berkaitan dengan semakin tingginya resiko dari penyakit Osteoporosis dan patah tulang yang disebabkan oleh stress.

Bagaimana cara agar kita tidak stress?

 

1. Melakukan hobi

Dalam keadaan stress dan penat yang berkepanjangan hobi adalah salah satu penawar stress yang paling tepat!

Karena ketika kamu melakukan apa yang kamu sukai maka kamu akan mendapatkan kesenangan sehingga menjadi hiburan tersendiri bagi pikiran dan jiwamu. Salah satu hobi yang mudah untuk kamu lakukan adalah berlari. Berlari adalah salah satu hobi olahraga yang baik untuk kekuatan tulangmu Protecal Ladies! Karena saat kamu berlari lutut akan tertekuk lebih banyak dan ini dapat meningkatkan kekuatan yang dibebankan ke tanah selama berlari.

2. Meditasi

Protecal Ladies, meditasi merupakan hal yang dapat mengatasi stress karena meditasi mampu membuat pernapasan lebih teratur, detak jantung, dan tekanan darah menjadi normal, hingga mampu menurunkan kadar hormone stress yang sebelumnya di pompa oleh kelenjar adrenalin.

 

Nah buat kamu yang memiliki hari yang dipenuhi dengan kegiatan yang padat, jangan lupa untuk tetap memberikan waktu luang untuk dirimu dan mengkonsumsi Protecal Bone untuk tulang sehatmu di masa ini dan masa depan!

tips
05/06/2017

Protecal Ladies, kesibukan kerja di kantor membuat kamu sering tidak menyadari kondisi kesehatan tubuh sendiri. Mungkin banyaknya tuntutan dan target dari kantor ditambah kebutuhan ekonomi rumah tangga yang kadang membuat kita agak sedikit cuek dengan kondisi tubuh, terutama saat berada di kantor.

Contoh paling sederhananya nih Protecal Ladies,  adalah cara duduk. Meskipun sepele ternyata banyak dari pekerja kantoran belum menyadari cara duduk yang ideal. Duduk di bangku dengan posisi yang salah selama berjam-jam ternyata dapat menimbulkan penyakit di masa tua atau dalam jangka waktu yang panjang lho!

Yuk mulai untuk perbaiki cara dudukmu,

  1. Supaya lengan dan otot bahu tidak cepat lelah, aturlah sandaran tangan agar tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Ketika mengetik, pastikan posisi lengan atas membentuk sudut 90 derajat dengan lengan bawah.
  2. Atur ketinggian kursi kita agar telapak kaki bisa menempel pada lantai dan membentuk sudut 90 derajat dengan paha. Supaya badan bagian atas tidak membungkuk, hindari melakukan penyilangan kaki ketika duduk. Kalau sudah menjadi kebiasaan, siasati dengan mengganti kaki sesering mungkin.
  3. Letakkan layar komputer sejajar dengan pandangan mata kita. Bagi pengguna laptop, ganjal laptop kita dengan menggunakan beberapa buku. Lalu, gerakkan tubuh kita mengikuti gerakan mata.
  4. Ambil waktu peregangan setiap 20-30 menit sekali. Hindari memilih bangku yang terlampau empuk, sebab kursi jenis ini akan membuat kita tubuh kita secara tidak sadar akan membungkuk.

Nah Protecal Ladies, jangan lupa untuk memperhatikan kesehatanmu mulai dari hal yang kecil ya! Posisi duduk yang benar itu penting lho, dan jangan lupa untuk melakukan perenggangan untuk tulangmu yang lebih sehat!

tips
05/06/2017
The Latest Article

Protecal Ladies, bersepeda merupakan suatu kegiatan yang baik untuk kesehatan kardio. Karena olahraga ini dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung sehingga mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Bukan hanya itu saja namun bersepeda juga dapat mengatasi sakit punggung, karena dengan bersepeda dapat  mengembalikan kemampuan piringan-piringan pada tulang punggung dan mengoptimalkan kembali suplai makanan. Otot besar pada punggung menjadi lebih kuat sehingga membantu kerja tulang belakang. Jadi, bersepeda membantu menstabilkan kinerja tulang punggung.

Namun, sudah taukah kamu dengan posisi bersepeda yang benar dan nyaman?

Untuk posisi kepalamu, usahakan memposisikan kepalamu mengikuti alur tulang belakang yang terbentuk dari lengkungan pinggung. Jangan lupa untuk arahkan pandangan ke lintasan di depanmu. Usahakan juga tulang leher berada dalam keadaan rileks.

 

Nah Protecal Ladies, saat kamu mengendarai sepeda, usahakan posisi punggung menyesuaikan dengan kecepatan dan rute yang dilalui. Maksudnya adalah posisikan punggung membungkung untuk memacu sepeda dalam kecepatan tinggi ataupun saat tanjakan. Sedangkan saat rute menurun, punggung lebih baik dalam posisi tegak.

Bukan hanya itu saja, posisikan bahu mengikuti alur yang dibentuk oleh tangan dan punggung. Untuk mengurangi tekanan pada punggung, sebaiknya usahakan bahu kalian dalam kondisi rileks.

Yang terakhir, perhatikan posisi kaki saat bersepeda. Apabila satu pedal berada di bawah maka kaki sedikit ditekuk. Ketika kamu merasakan sedikit tegang pada bagian otot pinggul saat mengayuh sepeda. Sebaiknya lebih diperhatikan lagi pengaturan posisi sadel sepeda terlalu tinggi atau tidak.

tips
2017-06-07

Protecal Ladies, tulang adalah penopang tubuh  yang berperan penting agar manusia dapat berjalan tegak, melindungi organ dalam, dan menopang tubuh. Tulang tersusun dari matriks yang berbahan padat. Tulang bersifat keras karena di dalam tulang terdapat kalsium yang memberikan tekstur keras pada tulang. Beberapa faktor lainnya salah satunya adalah karena orang yang berusia muda, misalnya anak- anak, tulangnya masih memiliki banyak zat perekat dan masih dapat mengalami pertumbuhan.

Berdasarkan bahan penyusunnya, tulang dibagi menjadi dua, yaitu tulang keras dan tulang rawan.

 

TULANG RAWAN

Nah Protecal Ladies, kamu harus tau bahwa tulang rawan tersusun dari sel yang disebut kondroblas. Kondroblas ini akan terkurung bersama matriks di dalam lakuna dan membentuk tulang rawan. Matriks penyusun tulang rawan bersifat elastis dan padat, beberapa matriks pembentuk tulang rawan antara lain serabut hialin dan fibrosa.

Pada anak-anak, tulang dalam tubuhnya lebih banyak tersusun oleh tulang rawan. Sementara pada orang dewasa tulang rawan terdapat pada beberapa bagian tubuh saja seperti hidung dan daun telinga.

 

TULANG KERAS

Bedanya dengan tulang rawan, tulang keras tersusun dari zat kapur dan fosfat yang menyebabkan tulang menjadi sangat keras. Tulang keras tersusun dari sel osteoblas yang tidak aktif yang disebut osteosit. Tulang keras memiliki matriks tulang yang rapat dan padat.

Contoh bentuk tulang keras adalah tulang pendek, tulang pipih, tulang pipa, dan tulang tak beraturan.

Pada orang dewasa, sebagian besar rangkanya tersusun dari tulang keras. Zat-zat yang menyusun tulang keras berbeda dengan penyusun tulang rawan. Tulang keras tersusun dari bahan yang padat dan tidak renggang besar, sehingga teksturnya lebih kuat dan keras ketimbang tulang rawan.

fact
2017-06-07

Protecal Ladies, pengapuran sendi timbul akibat gerakan pada sendi yang berlebihan serta tekanan dari berat badan tubuh seseorang. Penyakit ini tidak dapat dihindari karena bagian dari proses penuaan tubuh. Namun, terlalu lama jongkok, berdiri, dan duduk juga dapat membuat tubuhmu terkena osteoarthritis. Osteoarthritis juga dikatakan sebagai penyakit sendi yang sebagian besar mempengaruhi tulang rawan. Tulang rawan adalah jaringan licin yang menutupi ujung tulang pada sendi.

Tulang rawan yang sehat memungkinkan tulang untuk bergerak di atas satu sama lain. Gejala utama dari pengapuran sendi atau Osteoarthritis adalah nyeri dan kekakuan yang terjadi pada sendimu. Nah Protecal Ladies, pengapuran sendi banyak terjadi pada perempuan di bagian lutut, kaki, dan tangan.

 

Berikut beberapa faktor penyebab pengapuran sendi,

 

  • Terjadinya kerusakan pada bagian tulang maka akan mengakibatkan tulang rawanmu menjadi sangat menipis dan permukaannya akan menjadi tidak rata maka hal ini yang dapat mengakibatkan antara tulang dengan tulang menimbulkan rasa nyeri pada penderitanya.

 

  • Pada orang tua, usia sangat mempengaruhi kerusakan pada tulang rawan sendi.

 

  • Infeksi pada tulang yang menyebabkan terjadinya pengapuran

 

  • Trauma ataupun terjadinya kecelakaan yang merusak tulang sendi

 

  • Aktivitas yang berlebihan

 

  • Berat badan yang berlebih

 

Nah Protecal Ladies, hindari pengapuran sendi dengan olahraga yang ringan yang rutin contohnya seperti berlari, dan berjalan. Dan jangan lupa untuk menghindari makanan berlemak, biasakan untuk terkena sinar matahari di pagi hari karena sinar matahari di pagi hari mengandung vitamin D!

tips
2017-06-07