Bersepeda merupakan salah satu olahraga kardio yang baik untuk menjaga kinerja jantung, melatih otot, dan menguatkan tulang. Namun, di Indonesia belum banyak lokasi yang memang didesain untuk bersepeda. Terutama jika kamu berada di kota besar yang lebih padat bangunan daripada ruang untuk bersepeda. Namun, bukan berarti hal tersebut mustahil dilakukan. Protecal Ladies dapat mulai bersepeda di kota besar dengan cara-cara ini.

 

Kendarailah Sepeda yang Tepat

Hal pertama yang harus Protecal Ladies lakukan untuk bisa bersepeda di kota besar di Indonesia adalah memiliki sepeda yang tepat untuk bersepeda di perkotaan. Tanpa adanya kendaraan yang tepat, Anda tidak akan dapat bersepeda di perkotaan dengan aman dan nyaman.

Sepeda dengan penghubung roda gigi internal telah dikenal sebagai salah satu jenis sepeda yang cocok bagi daerah perkotaan. Bagi Protecal Ladies yang sering mengalami rantai sepeda yang terlepas, jenis sepeda ini cocok untuk Anda. Selain itu, sepeda jenis ini juga lebih mudah dirawat karena tidak harus dibersihkan secara berkala.

 

Gunakan Pengaman

Berkendara di kota besar membutuhkan keamanan tinggi. Hal ini dikarenakan jalanan di kota besar akan selalu dipenuhi berbagai macam kendaraan, mulai dari yang kecil hingga besar seperti truk. Begitu pula saat Protecal Ladies mengendarai sepeda, harus disertai dengan keamanan yang memadai.

Protecal Ladies bisa menggunakan helm, pelindung lutut, dan pelindung siku. Pasangkanlah dengan benar supaya bisa benar-benar melindungi Anda. Anda harus memilih pelindung yang tepat dan terbuat dari bahan yang benar-benar aman. Tanpa bahan dengan kualitas yang baik, pelindung tersebut tidak akan berfungsi maksimal.

 

Beri Tanda

Kekurangan sepeda kayuh jika dibandingkan dengan moda transportasi lainnya adalah tiadanya lampu penanda. Lampu penanda biasanya digunakan saat kendaraan akan berbelok atau lebih umumnya digunakan untuk memperjelas keberadaan suatu kendaraan. Dengan adanya lampu ini, kecelakaan dapat diminimalisir.

Untuk itu, saat Protecal Ladies bersepeda di kota besar, Anda perlu memberikan tanda sesaat sebelum berbelok atau berganti posisi. Tanda ini bisa berupa gerakan tangan atau menoleh. Saat berbelok ke kanan, Anda bisa mengayunkan tangan kanan Anda, begitu pula sebaliknya.

Tidak hanya itu, Protecal Ladies juga perlu memberikan tanda supaya keberadaan Anda dapat dikenali pengguna jalan lainnya. Protecal Ladies bisa menggunakan pakaian berwarna cerah atau helm yang mencolok.

 

Jangan Takut

Keadaan jalanan yang ramai seringkali menyebabkan pengguna jalan merasa panik, terutama dengan adanya kendaraan yang lebih besar atau pengendara yang berlaku tidak sesuai aturan. Untuk itu, kunci utama saat bersepeda di jalanan kota besar di Indonesia adalah dengan menghilangkan rasa takut.

 

Protecal Ladies tidak akan bisa bergerak jika belum bisa mengalahkan rasa takut tersebut. Oleh karena itu, jangan takut dan mulailah bersepeda. Tetap berhati-hati, ya!

tips
26/07/2018

Protecal Ladies, menurut penelitian terbaru dari Perancis, wanita yang kurus cenderung akan memiliki kualitas kepadatan tulang yang rendah sehingga potensi untuk terserang osteoporosis akan semakin meningkat. Apakah benar seperti itu? Simak bagaimana kesehatan tulang dipengaruhi oleh massa tubuh melalui ulasan di bawah ini.

 

Anoreksia

Kurus identik dengan pola makan yang salah. Salah karena asupan gizi seseorang tidak dapat diserap secara sempurna, mengakibatkan massa tubuh tidak bertambah. Gangguan pola makan juga dapat menyebabkan seseorang menjadi kurus. Nah, salah satu contoh gangguan pola makan adalah anoreksia.

Saat seseorang didiagnosa mengidap anoreksia, ciri-ciri fisik yang dapat terlihat adalah bentuk tulang yang menonjol. Hal ini dikarenakan penderita anoreksia kekurangan massa lemak tubuh sehingga bagian tulangnya terlihat menonjol. Kondisi ini berbahaya bagi tulang Anda, Protecal Ladies.

Dari penelitian yang dilakukan oleh Centre Hospitalier Universitaire de Saint-Etienne (CHU) ditemukan bahwa hampir separuh wanita yang didiagnosis anoreksia memiliki kecenderungan penurunan kepadatan tulang. Penyebabnya adalah mereka defisit kalsium dan mineral yang merupakan zat utama penyusun tulang.

 

Kekurangan Kalsium

Saat melakukan diet, kebanyakan orang akan memperbanyak konsumsi protein dan serat sekaligus membatasi konsumsi lemak dan karbohidrat. Padahal, jika ditilik lebih jauh, sering kali produk-produk yang mengandung lemak dan karbohidrat juga kaya akan kalsium dan mineral yang dibutuhkan tulang Anda.

Oleh karena itu, saat tubuh menjadi kurus karena diet atau gangguan pola makan, kepadatan tulang juga akan berkurang karena asupan nutrisinya tidak terpenuhi. Kekurangan lemak juga mempengaruhi kepadatan tulang karena lemak merupakan bahan bakar penghasil hormon estrogen yang baik untuk tulang.

 

Kerusakan Tulang

Selain mengancam kepadatan tulang, menurut Archives of Internal Medicine, wanita yang memiliki tubuh kurus juga tinggi risikonya akan kerusakan tulang, terutama pada bagian pinggul. Ini didasarkan oleh penelitian yang telah dilakukan terhadap 3,683 responden. Ini akan berbahaya terutama bagi wanita karena pinggul merupakan penyangga utama organ rahim yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan wanita.

 

Cara Mengatasinya

Ahli diet asal Amerika Serikat, Sian Porter mengatakan bahwa satu-satunya jalan untuk mengatasi ini adalah dengan menambahkan bobot dan massa tubuh seseorang yang memiliki berat badan di bawah rata-rata. Dengan meningkatkan massa tubuh, maka tulang akan lebih terlindungi.

Lalu, bagaimana caranya meningkatkan massa tubuh?

Untuk meningkatkan massa tubuh, Protecal Ladies bisa memulai dengan menambahkan snack di antara waktu makan, meminum susu sebelum tidur (karena susu kaya akan kalsium dan lemak), dan menambahkan sereal atau roti yang kaya mineral di waktu sarapan. Hal-hal ini tidak akan memakan banyak waktu. Jika Protecal Ladies ingin yang lebih praktis untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan mineral dapat dilakukan dengan mengkonsumsi Protecal Solid yang segar atau Protecal Bone yang praktis

fact
19/07/2018

Bekerja seharian di kantor dalam kondisi duduk terlalu lama dan menatap layar komputer berjam- jam ternyata dapat menimbulkan berbagai risiko penyakit. Metabolisme tubuh akan melambat dan memicu berbagai gangguan kesehatan. Mungkin efeknya tidak sekarang, namun risiko ini bisa menghampiri para pegawai kantoran dalam 5-10 tahun mendatang. Bagaimana cara mengantisipasinya? Berikut tips gerakan sederhana agar Protecal Ladies bisa sedikit berolahraga di kantor

 

Peregangan badan dan leher
Gerakan ini mudah dilakukan dalam kondisi duduk tegap di kursi Anda. Angkat kedua tangan ke atas kepala, kemudian luruskan. Lalu, miringkan tubuh ke kiri sampai kemiringan sekitar 450. Tahan posisi selama 10-30 detik lalu ulangi untuk sisi lainnya secara bergantian. Selanjutnya, Protecal Ladies juga bisa melakukan peregangan leher. Posisi awal tetap duduk di kursi, kemudian tarik kepala secara perlahan ke arah bahu kanan dengan tangan kanan hingga Anda merasakan sedikit peregangan pada otot leher. Tahan posisi ini selama 10–15 detik kemudian bergantian sisi kiri.

 

Desk squat
Pertama-tama, tepikan dulu kursi Anda, lalu berdirilah dengan kedua kaki. Tekuk lutut dengan perlahan sampai paha hampir sejajar dengan lantai. Saat menekuk lutut, angkat lengan lurus ke atas atau ke arah layar komputer. Usahakan lutut Anda tetap sejajar, ya. Tahan posisi ini selama 15 detik, lalu lepaskan. Ulangi latihan ini sebanyak 4-6 kali ya, Protecal Ladies.

 

The wall (street) sit
Berdirilah tegap dengan posisi punggung menempel di dinding. Kemudian, tekuk lutut dan geser punggung hingga paha sejajar dengan lantai. Duduk dan tahan posisi ini selama 30-60 detik. Untuk membakar kalori lebih banyak lagi, Protecal Ladies bisa menyilangkan pergelangan kaki kanan di atas lutut kiri, kemudian tahan selama 15 detik. Protecal Ladies juga dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk membaca majalah atau buku.

 

Peregangan punggung dan kaki
Duduklah tegap di kursi dan selonjorkan kedua kaki ke depan. Turunkan badan untuk meraih jari kaki kiri dan tahan posisi selama 10-30 detik, lalu secara perlahan kembalilah ke atas untuk turun lagi meraih jari kaki kanan. Lakukan bergantian di tiap sisi. Sementara untuk peregangan kaki, peluk dan tarik salah satu kaki ke atas hingga menyentuh dada. Tahan posisi tersebut selama 10-30 detik dan ulangi secara bergantian untuk sisi satunya.

 

The office genie
Pertama, duduklah di kursi kemudian angkat kaki ke posisi silang. Lalu, letakkan tangan pada lengan kursi dan dorong ke atas untuk mengangkat tubuh Anda dari kursi. Tahan posisi tersebut selama 10-20 detik, lalu duduklah kembali ke kursi. Istirahatlah selama satu menit dan ulangi gerakan tersebut.

 

Nah, caranya cukup mudah kan, Protecal Ladies? Sekarang tak ada alasan lagi untuk tidak berolahraga dan menerapkan gaya hidup sehat. Gerakan-gerakan tadi cukup efektif untuk mengatasi pegal. Anda bisa mencobanya kapan saja di sela-sela mengerjakan aktivitas kantor. Selamat berolahraga!

tips
18/07/2018

Protecal Ladies, bersepeda merupakan suatu kegiatan yang baik untuk kesehatan kardio. Karena olahraga ini dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung sehingga mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Bukan hanya itu saja namun bersepeda juga dapat mengatasi sakit punggung, karena dengan bersepeda dapat  mengembalikan kemampuan piringan-piringan pada tulang punggung dan mengoptimalkan kembali suplai makanan. Otot besar pada punggung menjadi lebih kuat sehingga membantu kerja tulang belakang. Jadi, bersepeda membantu menstabilkan kinerja tulang punggung.

Namun, sudah taukah kamu dengan posisi bersepeda yang benar dan nyaman?

Untuk posisi kepalamu, usahakan memposisikan kepalamu mengikuti alur tulang belakang yang terbentuk dari lengkungan pinggung. Jangan lupa untuk arahkan pandangan ke lintasan di depanmu. Usahakan juga tulang leher berada dalam keadaan rileks.

 

Nah Protecal Ladies, saat kamu mengendarai sepeda, usahakan posisi punggung menyesuaikan dengan kecepatan dan rute yang dilalui. Maksudnya adalah posisikan punggung membungkung untuk memacu sepeda dalam kecepatan tinggi ataupun saat tanjakan. Sedangkan saat rute menurun, punggung lebih baik dalam posisi tegak.

Bukan hanya itu saja, posisikan bahu mengikuti alur yang dibentuk oleh tangan dan punggung. Untuk mengurangi tekanan pada punggung, sebaiknya usahakan bahu kalian dalam kondisi rileks.

Yang terakhir, perhatikan posisi kaki saat bersepeda. Apabila satu pedal berada di bawah maka kaki sedikit ditekuk. Ketika kamu merasakan sedikit tegang pada bagian otot pinggul saat mengayuh sepeda. Sebaiknya lebih diperhatikan lagi pengaturan posisi sadel sepeda terlalu tinggi atau tidak.

tips
07/06/2017
The Latest Article

Saat hamil, tubuh akan mengalami perubahan dan memberikan reaksi-reaksi tertentu untuk menyesuaikan diri. Salah satunya adalah rasa sakit di area punggung. Kondisi ini terjadi di daerah sendi sakroiliaka, yaitu area tulang panggul yang bertemu dengan tulang belakang. Biasanya rasa nyeri ini kerap muncul ketika Protecal Ladies membungkukkan badan ketika hamil.

Meski wajar terjadi, kondisi tersebut sebaiknya tak dibiarkan begitu saja, apalagi jika sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Kabar baiknya, ada beberapa cara yang bisa Protecal Ladies lakukan untuk menghindari sakit pada tulang belakang saat hamil.

 

Massage

Karena merasa sakit di bagian tulang belakang, biasanya Protecal Ladies akan kesulitan berjalan hingga bangun dari duduk. Jangan memaksakan diri, ya. Jika hal tersebut sampai terjadi, Protecal Ladies bisa meminta pasangan untuk segera melakukan massage atau pijatan ringan pada bagian punggung bawah.

Selain itu, usahakan untuk tidak mengenakan high heels selama hamil agar risiko nyeri tulang belakang bisa diminimalisir. Lalu, ketika ingin mengambil sesuatu di bawah, jangan langsung membungkukkan tubuh. Tekuklah lutut terlebih dulu.

 

Kompres punggung

Anda bisa menghindari sakit pada tulang belakang saat hamil dengan mengompres punggung selama 20 menit setiap hari. Kompres punggung Anda dengan handuk yang telah diisi es batu. Kompres hangat juga bisa Anda lakukan dengan menempelkan botol yang berisi air hangat ke punggung. Hal ini dapat membantu meringankan rasa sakit. Pastikan waktu istirahat Anda cukup.

 

Perbaiki postur tubuh

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki postur tubuh demi menghindari sakit pada tulang belakang saat hamil. Salah satunya adalah menghindari posisi membungkuk saat Anda duduk. Lalu, usahakan untuk tidak berlama-lama bertahan pada satu posisi saja. Ketika berdiri dari duduk, Protecal Ladies bisa menegakkan punggung senyaman mungkin.

Selain itu, memperbaiki postur tubuh juga bisa dilakukan ketika tidur. Saat tidur, cobalah untuk melakukannya dalam posisi menyamping. Hal ini dapat membantu meringankan nyeri punggung ketika hamil.

 

Rutin berolahraga

Sudah menjadi rahasia umum bahwa olahraga dapat membuat tubuh jadi lebih sehat. Namun, lebih dari itu, olahraga juga bisa membantu melenturkan otot sehingga membantu mengurangi tekanan yang ada pada tulang belakang.

Protecal Ladies tidak harus melakukan olahraga yang berat, kok. Beberapa jenis olahraga yang ringan dan cukup aman dilakukan saat hamil adalah berjalan kaki dan sepeda statis. Sebagai bonus, rutin berolahraga juga dapat membantu memperkuat otot perut, lho.

 

Gunakan bantal untuk menyangga perut dan punggung

Untuk menghindari sakit tulang belakang dan bisa tidur dengan nyenyak, Anda dapat menggunakan bantal untuk penyangga. Misalnya, saat berbaring, coba lakukan dengan posisi tubuh menyamping dan sisipkan bantal di bagian perut dan punggung untuk menyangga. Lalu, tekuk lutut dan selipkan bantal di antara paha agar pinggul dapat seimbang.

 

Berenang

Protecal Ladies, berenang ternyata sangat baik dilakukan selama kehamilan, lho. Gerakan mengayuh maupun sekadar berjalan dalam kolam akan membantu mengurangi tekanan yang ada pada tulang belakang. Alhasil, rasa sakit pada tulang belakang pun bisa berkurang. Berenang juga dapat memperkuat punggung, otot lengan dan kaki, serta membuat rasa nyaman di seluruh tubuh.

 

Sakit pada tulang belakang saat hamil memang wajar terjadi, tetapi Protecal Ladies bisa mencegahnya dengan melakukan beberapa hal di atas. Agar kekuatan tulang terus terjaga, Anda juga bisa rutin mengkonsumsi Protecal yang aman untuk ibu hamil. Namun, bila rasa sakit pada tulang belakang terus berlanjut, sebaiknya segera berkonsultasilah pada dokter.

tips
2018-09-17

Bayi yang lahir sehat dan normal merupakan dambaan setiap orang tua. Namun, ada kalanya bayi dapat mengalami kelainan pada tulang bawaan sejak dia lahir. Hal ini salah satunya disebabkan oleh gangguan metabolisme ketika proses pembentukan tulang sejak dalam kandungan. Apa saja kelainan tulang pada bayi baru lahir? Simak ulasannya di bawah ini!

 

Osteomalacia

Pada bayi yang mengalami osteomalacia, struktur tulang berubah menjadi lunak. Kelainan ini akan menyebabkan tulang bayi menjadi sangat rapuh sehingga lebih mudah terjadi patah tulang. Karena tulang yang terlalu rapuh, patah tulang bahkan bisa terjadi akibat benturan ringan.

 

Spina Bifida

Spina bifida membuat bayi memiliki tulang punggung yang tidak terbentuk dengan normal. Kelainan tulang belakang pada bayi baru lahir ini dapat menimbulkan berbagai komplikasi. Beberapa di antaranya seperti hydrocephalus, saraf lemah dan terjadi kelumpuhan. Spina bifida akan membuat saraf tulang belakang keluar sehingga harus dioperasi.

 

Kaki bengkok

Kelainan tulang bawaan pada bayi baru lahir ini dapat mempengaruhi bentuk pada telapak kaki menjadi tidak normal. Bayi yang mengalami kelainan kaki bengkok, telapak kakinya akan membengkok ke dalam, lebih pendek, dan melebar. Hal ini juga dapat terjadi ketika bayi mengalami polio.

 

Osteogenesis imperfecta

Penyakit kelainan tulang bawaan ini juga disebut dengan rapuh tulang. Bayi yang baru lahir dengan kondisi osteogenesis imperfecta (OI) akan mengalami risiko patah tulang. Biasanya, bayi juga akan mengalami masalah gigi dan kelemahan otot. Namun, penyakit ini terbilang jarang terjadi karena perbandingannya hanya satu dari 20.000 kelahiran. 

 

Craniosynostosis

Pada kondisi craniosynostosis, tengkorak kepala bayi tidak terbentuk secara sempurna. Kelainan tulang ini bisa terjadi ketika jaringan sutura (jaringan yang menghubungkan lempeng tulang tengkorak) menutup lebih cepat dari semestinya. Inilah yang membuat otak bayi tidak mampu berkembang sempurna.

 

Skoliosis

Kemungkinan besar Anda pasti sudah tidak asing dengan kelainan tulang satu ini. Skoliosis menyebabkan tulang belakang berbentuk huruf “S” sehingga posisi tubuh antara kanan dan kiri jadi tidak seimbang. Pada banyak kasus, penyakit skoliosis ini disebabkan oleh faktor keturunan.

 

Spondilitis

Sama seperti skoliosis, spondilitas juga kebanyakan disebabkan oleh faktor keturunan. Bedanya, spondilitis merupakan kelainan dalam bentuk infeksi tulang belakang yang menyebabkan pertumbuhannya terganggu. Alhasil, bentuk tulang belakang pun jadi tidak sempurna. Selain faktor keturunan, kurangnya konsumsi kalsium pada ibu hamil juga dapat mengganggu perkembangan tulang pada janin.

 

Agar bayi bisa terhindar dari berbagai kelainan tulang di atas, Protecal Ladies bisa mengkonsumsi Protecal secara rutin. Suplemen kalsium ini aman dikonsumsi selama kehamilan dan dapat membantu mencegah ibu hamil kekurangan kalsium. Yuk, penuhi kecukupan kalsium untuk pembentukan tulang pada janin dengan mengkonsumsi Protecal!

fact
2018-09-14

Protecal Ladies, perlu diketahui bahwa tidak semua penyakit disebabkan oleh faktor keturunan, termasuk penyakit tulang. Pada beberapa kasus seperti kecelakaan, trauma, infeksi, virus, atau bahkan pengeroposan akibat kurangnya kalsium juga dapat memicu penyakit tulang. Untuk menghindari kesalahpahaman tentang beberapa penyakit tulang ini, Protecal sudah merangkum penjelasan ringkasnya untuk Anda.

 

Gout

Gejala awal penyakit tulang yang satu ini masih sering dianggap sebagai rematik. Padahal, gout merupakan penyakit tulang yang disebabkan oleh peningkatan konsentrasi asam dalam pertumbuhan tulang. Umumnya, penyakit tulang ini menyerang orang-orang yang kelebihan berat badan. Gout ditandai dengan kondisi sulit bergerak, bengkak, dan kemerahan. Pengobatannya berupa suntikan zat urikosorik guna menurunkan kadar asam urat dalam darah.

 

Kifosis, Lordosis, dan Skoliosis

Anda mungkin pernah mendengar tiga istilah kelainan tulang ini saat duduk di bangku sekolah. Kifosis yaitu kelainan tulang belakang yang melengkung ke depan sehingga penderita akan mengalami bungkuk. Umumnya, penyakit tulang ini disebabkan oleh kelemahan otot di punggung atas. Sebaliknya, lordosis adalah kelainan tulang belakang yang membuat punggung penderita melengkung masuk menuju area pinggang. Penyebabnya cukup beragam, mulai dari postur tubuh yang keliru saat duduk hingga sering mengangkat benda berat.

Sedangkan, skoliosis merupakan kondisi tulang belakang yang bengkok ke kanan atau kiri akibat kebiasaan postur duduk yang keliru atau terjadinya kegagalan fungsi sistem saraf dan otot. Dengan demikian, baik kifosis, lordosis, dan skoliosis bukanlah penyakit tulang yang dipicu oleh faktor keturunan.

 

Osteogenesis Imperfecta

Berbeda dari penyakit tulang sebelumnya, osteogenesis imperfecta merupakan gangguan tulang yang disebabkan oleh faktor keturunan. Umumnya, penyakit ini ditandai dengan keretakan tulang pada sebagian besar patologis dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda. Tentu saja, penyakit ini sulit dideteksi sejak dini. Pemeriksaannya bahkan cukup panjang, baik secara medis hingga riwayat kesehatan keluarga penderita. Osteogenesis imperfecta tidak dapat disembuhkan, tetapi bisa dicegah melalui terapi farmokologi serta penggunaan kursi roda.

 

Fibrous Dysplasia

Tidak jauh berbeda dari osteogenesis imperfecta, fibrous dysplasia juga merupakan penyakit tulang yang dipicu oleh kelainan genetik. Kondisi penderita fibrous dysplasia umumnya mengalami gangguan pertumbuhan pada jaringan fibrosa sehingga tulang menjadi rusak dan mudah patah. Umumnya, bagian tubuh yang diserang adalah tulang pinggul, tulang lengan atas, dan tulang wajah. Ditandai dengan kelainan bentuk pada tulang, penderita harus mengonsumsi obat-obatan seperti pamidronate atau dianjurkan untuk melakukan operasi.

 

Kanker tulang

Protecal Ladies, kanker tulang sering menyerang bagian kaki dan lengan. Hal inilah yang membuat pembengkakan pada bagian tulang dan persendian sehingga penderita akan sulit bergerak. Belum diketahui penyebab pasti kanker tulang, namun beberapa dokter tulang menduga bahwa penyakit ini disebabkan oleh mutasi struktur DNA sehingga sel-sel kanker terus bertumbuh. Penanganannya melalui operasi pengangkatan tulang atau amputasi jika sel kanker sudah menyebar ke luar tulang.

 

Setelah memahami dengan baik beberapa macam penyakit tulang tadi, semoga Anda tidak lagi salah kaprah tentang penyebab gangguan tulang tersebut. Penyakit tulang akibat faktor keturunan atau kebiasaan pola hidup yang salah dapat dicegah dengan menjaga asupan kalsium untuk tubuh. Dengan rutin mengonsumsi Protecal Solid, kesehatan tulang Anda bisa lebih terlindungi. Semoga bermanfaat!

fact
2018-08-23